Seberapa familiarkah kamu dengan nama Huawei? Mungkin asosiasi anda adalah handphone murah China yang masih kalah tenar dengan merek lain seperti Oppo atau Xiaomi.

Huawei sebenarnya lebih dari sekedar produsen handphone. Di balik nama Huawei, ternyata ada salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang menyimpan berbagai fakta-fakta yang mind-blowing.

Selain bergerak dari handphone fitur ke smartphone yang premium, berikut 9 hal yang perlu kamu ketahui tentang Huawei Inc., perusahaan manufaktur Huawei!

1. Didirikan oleh mantan orang militer 1 huawei

Via Brand-intl,cn

Siapa sangka sebuah perusahaan yang begitu besar didirikan seorang mantan militer? Ren Zhengfei, pendiri Huawei, ternyata seorang ahli teknologi militer di China.

Ia bahkan nggak memiliki pangkat yang signifikan, namun pencapaiannya memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap militer China. Ketika ia berusia 42 tahun, ia keluar dari militer dan memutuskan untuk memula bisnis teknologinya sendiri.

Bahkan, Ren Zhengfei yang kini telah berusia 71 tahun pada tahun 2015 menduduki peringkat ke-556 sebagai orang terkaya di China (walau hanya memiliki saham 1,4% di Huawei).

2. Arti nama “Huawei”2 huawei

Via Technomag.co.zw

Memiliki lambang berupa bunga, kata Hua (华) mengandung beberapa arti tergantung cara bacanya. Bisa berarti bunga (kelopak) jika dibaca dengan nada pertama (huā). Namun, sebenarnya perlu dibaca (huá) yang berarti gelora atau mewah.

Sedangkan suku kata kedua Wei (为) memiliki arti pencapaian, prestasi, atau aksi dalam bahasa mandarin. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kombinasi kedua kata ini memiliki terjemahan kasar “pencapaian yang membanggakan/bergelora”.

3. Merupakan 3 besar produsen smartphone di dunia bersama Samsung dan Appleimage-486448474

Via Ibtimes.com

Jika Apple produsen smartphone terbesar di dunia, dan Samsung menduduki peringkat kedua, maka peringkat ketiga sudah pasti diduduki Huawei.

Hal tersebut dikarenakan Huawei memiliki kenekatan untuk berinvestasi berat pada tim risetnya (R&D) yang berjumlah 75.000 di seluruh dunia. Sulit untuk nggak menjadi salah satu yang terbaik dengan tenaga kerja semasif itu.

Melihat kondisi pasar Samsung yang flat, serta Apple yang kian menurun, banyak yang memprediksi bahwa Huawei bisa mengalahkan dua raksasa itu dalam beberapa tahun ke depan.

4. Produsen smartphone paling cepat dan seimbang di semua aspekhuawei produksi

Via bbc.com

Melihat kondisi pasar Samsung yang flat, serta Apple yang kian menurun, banyak yang memprediksi bahwa Huawei bisa mengalahkan dua raksasa itu dalam beberapa tahun ke depan.

Bagaimana nggak? Huawei dikenal memiliki desain yang ramah seperti Apple, fleksibilitas kustomisasi yang menyamai Samsung, serta harga yang sebanding dengan Xiaomi! Bukankah 3 hal tersebut yang membuat sebuah smartphone semakin dicari-cari?

5. Sempat dikira mata-matasempat dikira hacker

Via Hacking.pl

Berasal dari China, Huawei sempat mengalami kesulitan ketika hendak memasuki pasar Amerika Serikat karena sempat dianggap sebagai mata-mata dari pemerintah China.

Namun Huawei nggak menyerah begitu saja bahkan menantang pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan investigasi guna membuktikan bahwa dugaan mereka salah.

Meski hasil investigasi nggak bisa membuktikan apapun, badan intelijen Amerika Serikat tetap menyatakan bahwa Huawei sebagai “ancaman keamanaan Negara” pada tahun 2012.

Pada tahun 2014, berdasarkan dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden terungkap bahwa NSA melaksanakan program rahasia terhadap Huawei, termasuk membobol jaringan perusahaan, bahkan menyadap komunikasi sang pendiri perusahaan, Ren Zhengfei.

Namun kini Huawei telah berhasil memasuki pasar Amerika Serikat, memiliki headquarter di sana, dan bahkan ikut berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial di negeri Paman Sam

6. Memiliki lebih dari 170.000 pegawai dan “Employee-Owned Company” terbesar di duniaf04da2db112211eaef3040

Via usa.chinadaily.com.cn

Sebesar 40% dari populasi karyawan Huawei yang berjumlah 170.000 di seluruh dunia merupakan tim riset dan pengembangannya.

Enam puluh persen lainnya tersebar di berbagai divisi produksi, marketing, sumberdaya, dan distribusi di seluruh dunia.

Selain itu, Huawei juga merupakan “employee-owned company”, yang artinya para pegawai memiliki bagian dari hak kepemilikian perusahaan (saham).

Sekitar 64% dari jumlah keseluruhan pegawai masuk dalam skema kepemilikian perusahaan membuat Huawei menjadi perusahaan milik karyawan terbesar di dunia saat ini!

7. HP-nya si Batman!dan-batman-pun-memakai-handphone-huawei-160323u-rev2

Via Storibriti.com

Ditengah booming-nya film superhero, Huawei bekerja sama pada awal tahun ini pada pembuatan film “Batman VS Superman: Dawn of Justice”. Hal ini menyebabkan ksatria malam Batman atau si milyuner Bruce Wayne juga menggunakan smartphone Huawei untuk berkomunikasi.

Salah satu adegan ketika kita bisa melihat produk Huawei adalah ketika adegan ajang adu jotos ilegal seperti di film Fight Club yang sedang ditonton si Bruce. Usai menonton orang adu jotos, Wayne terlihat mengeluarkan handphone merek Huawei jenis P8lite warna hitam.

Jangan-jangan banyak gadgetnya si Batman juga produksi Huawei?!

8. Indonesia = Huawei Nationteknopreneur-Indonesia

Via Maxmanroe.com

Dominasi Huawei di pasar telekomunikasi Indonesia nggak main-main. Faktanya seluruh operator telekomunikasi besar di Indonesia seperti XL, Indosat, dan Telkomsel mengandalkan jaringan yang dipasok oleh vendor asal China tersebut.

Berdasarkan seorang pengamat telekomunikasi dari Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), hampir 80 persen pangsa pasar seluler di Indonesia dikuasai oleh ketiga operator seluler tersebut.

Artinya, jaringan seluler Indonesia didominasi oleh Huawei. Belum lagi smartphonenya yang semakin nge-booming di Indonesia. Nggak heran kemudian muncul julukan Indonesia sebagai Huawei Nation.

9. Sedang menghubungkan Indonesia-Singapura-Malaysia melalui jaringan kabel bawah lautc_article_full

Via cio.co.ke

Salah satu peran Huawei mengembangkan jaringan telekomunikasi adalah melalui jaringan kabel bawah laut melalui Huawei Marine. Nggak tanggung-taggung, jaringan kabel bawah laut ini menghubungkan tiga Negara sekaligus seperti Indonesia-Singapura-Malaysia.

Jika berhasil diimplementasikan, kebutuhan akan kecepatan jaringan dan bandwidth di negara-negara Asia Tenggara akan semakin terpenuhi. Sistem ini diperkirakan akan selesai dibangun pada akhir tahun 2017.

Bagaimana? Apakah kamu terkesima dengan fakta-fakta tersebut? Mungkin sekarang kamu penasaran seberapa asiknya punya produk Huawei bukan? Kamu bisa mulai dengan mencoba salah satu smartphone flagship Huawei terbaru, Huawei P9. Nggak perlu khawatir soal harga, karena di Blibli.com, kamu bisa mendapatkan Huawei P9 dengan cicilan 0%!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY