Masa kanak-kanak memang identik dengan keaktifan dan kelincahan sang buah hati yang penuh tawa! Apalagi kalau dia sudah mulai berlari dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Nggak heran deh kalau masa itu identik dengan yang namanya kotor. Katanya sih, berani kotor itu baik. Namun, bukan berarti moms lepas tangan begitu saja melihat hal ini!

Agar tetap bisa menjaga tumbuh kembang si kecil tetap sempurna meski kotor-kotoran, moms perlu memberikan 7 perlengkapan wajib untuk perlindungan si kecil! Apa saja? Yuk, langsung simak!

1. Sentuh kulit lembutnya dengan baby wipes

perlindungan si kecil
Via – littletreeid

Tisu basah tentunya merupakan barang penting dalam rangkaian perawatan si kecil. Mulai dari mengganti popok hingga membersihkan segala jenis kotoran yang menempel pada kulit sang buah hati, tisu basah selalu jadi penolong nomor satu!

Akan tetapi, meski semua tisu basah memiliki tekstur yang lembut, bukan berarti moms bisa sembarang memilih tisu basah! Untuk perlindungan si kecil, pastikan moms memilih tisu basah khusus bayi yang dibuat tanpa bahan pengawet dan bahan pewangi sehingga aman bagi si kecil meski ia mengemut tangannya.

Lebih baik lagi jika moms memilih tisu basah dengan tekstur dan desain yang tebal, kuat, dan lembut. Pastikan juga bebas alkohol, klorin, paraben, dan asam sulfat, ya!

2. Cleaning foam untuk peralatan makan si kecil yang sehat

perlindungan si kecil
Via – littletree-naturally

Bila selama ini moms mengira bahwa sabun cuci piring biasa itu aman untuk mencuci peralatan makan dan minum si kecil, moms salah besar! Antibodi si kecil belum cukup kuat untuk melawan sisa sabun cuci piring biasa yang mengandung berbagai macam bahan kimia.

Karena itu, seluruh perlengkapan si kecil seperti botol susu, dot, peralatan makan hingga mainannya harus dibersihkan dengan sabun pembersih khusus yang memiliki kandungan bahan alami dan tentunya aman bila nggak sengaja tertelan si kecil.

Untuk menjaga kebersihannya, pastikan sabun pembersih yang moms pilih berupa foam lembut ya! Selain efektif menghilangkan bau amis dan sisa lemak susu, busa pembersih dapat lebih mudah dibilas. Lebih hemat air deh!

3. Rawat kesehatan gigi sejak dini dengan pasta dan sikat gigi yang tepat

perlindungan si kecil
Via – littletreeid

Sebenarnya makanan manis seperti permen, coklat atau cake itu nggak berbahaya bagi gigi si kecil. Hanya saja, banyak orang tua membiarkan kebiasaan tersebut berlanjut tanpa diimbangi perawatan gigi.

Alhasil, gigi si kecil pun mudah keropos, berlubang hingga berubah warna. Nah, sebelum hal tersebut terjadi, moms bisa menyiasatinya dengan membiasakan si kecil menyikat giginya sehari dua kali! Terutama sehabis makan dan sebelum tidur.

Supaya kebiasaan ini semakin seru, moms bisa membelikannya sikat gigi dengan bentuk lucu dan pasta gigi rasa buah yang disukai si kecil. Dengan ini, si kecil pasti senang sikat gigi!

4. Hand sanitizer, higienis dalam sekejap

perlindungan si kecil
Via – littletreeid

Si kecil memang penuh dengan rasa ingin tahu dan keberanian untuk coba-coba! Jangan heran jika si kecil menyentuh debu dan memasukkan semua hal yang ditemuinya ke dalam mulut.

Tentunya kebiasaan seperti ini nggak sehat bagi si kecil! Selain nggak higienis, kebiasaan ini bisa menjadi gerbang utama masuknya penyakit ke dalam tubuh si kecil.

Untuk menyiasatinya, moms perlu mengusapkan hand sanitizer sesekali ke tangan si kecil agar bakteri dan kuman hilang. Karena si kecil akan sering memasukkan tangannya ke dalam mulut, pastikan moms memilih hand sanitizer yang terbuat dari bahan alami dan tanpa alkohol!

5. Sabun dan shampo untuk perlindungan menyeluruh

perlindungan si kecil
Via – littletreeid

Cara paling mudah namun efektif untuk membersihkan tubuh si kecil sekaligus membantu daya tahan tubuhnya terbebas dari kuman adalah dengan memandikannya. Untuk itu, sebaiknya, jangan dilakukan dengan asal-asalan ya, moms!

Supaya tubuh si kecil bersih secara menyeluruh saat dimandikan, moms perlu sabun dan shampo yang nggak hanya wangi, namun juga bebas dari kandungan silicone!

Pastikan juga sabun dan shampo si kecil memiliki tekstur lembut serta mengandung hypoallergenic untuk kulit si kecil yang sensitif.

6. Buat si kecil rileks dengan massage oil

perlindungan si kecil
Via – littletreeid

Nggak cuma orang dewasa saja lho, moms yang bisa merasakan pegal-pegal. Si kecil juga perlu melemaskan otot-ototnya setelah seharian bermain. Untuk itu, sesekali moms perlu memberikan pijatan lembut di tubuh dan kaki si kecil.

Selain bisa membuat tubuhnya lebih rileks, ternyata pijatan juga dapat membantu mencegah masuknya serangan penyakit yang siap menyerang, lho!

Agar pijatan moms terasa nyaman di kulit si kecil, moms perlu massage oil khusus untuk anak. Pastikan minyak pijat tersebut mengandung minyak mineral dan tanpa bahan pengawet ya, moms!

7. Terlindungi dari gigitan serangga dengan lotion anti nyamuk

perlindungan si kecil
Via – littletreeid

Si kecil yang belum bisa melawan serangan para nyamuk merupakan sasaran paling empuk bagi mereka untuk menularkan berbagai penyakit! Untuk mencegahnya, moms perlu lotion anti nyamuk yang ampuh mengusir kawanan nyamuk.

Namun jangan sembarang salah pilih ya moms, karena si kecil memiliki kulit yang lebih sensitif dibanding orang dewasa!

Supaya aman, pilihlah lotion anti nyamuk yang mengandung minyak essential berupa Eucalyptus, lemongrass dan peppermint. Selain lembut, bahan-bahan tersebut juga nggak akan terasa panas di kulit!

Sampai sejauh mana perlindungan yang sudah moms berikan untuk si kecil hingga saat ini? Ingat moms, perlindungan dari serangan bakteri dan kuman itu butuh totalitas. Berani kotor itu memang baik, namun menjaganya tetap higienis itu di atas segalanya!

Jika dirasa sulit, kali ini Blibli.com siap membantu moms untuk melindungi si kecil dengan produk-produk unggulan dari Little Tree Baby Care. Nggak hanya ketujuh produk diatas saja, moms juga bisa menemukan deterjen dan pelembut pakaian, krim pelembab, liquid baby powder dan segala hal yang moms butuhkan untuk perlindungan si kecil!

Jangan khawatir moms, semua produk Little Tree Baby Care terbuat dari bahan alami yang aman untuk kulit di kecil yang sensitif dan nggak membuatnya alergi karena bebas bahan pengawet!

Tunggu apa lagi, yuk moms, langsung order semua kebutuhan perlindungan si kecil sekarang mumpung Blibli sedang ada promo! Ayo manfaatkan ongkir gratis dari Blibli serta kemudahan sistem multi transaksinya!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY