Well Friends, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang beberapa alasan kenapa kamu harus travelling sepanjang tahun. Kamu bisa mengembalikan tingkat fokus dan motivasi kamu untuk tahun kedepannya. Selain itu kamu juga bisa membuka peluang untuk menemukan koneksi (dengan siapa pun, di mana pun) baru.

Sekarang, yang perlu kita bahas lebih lanjut adalah apa yang perlu dibawa ketika kamu sudah siap liburan. Mari kita bahas tentang 12 perlengkapan yang wajib kamu bawa selagi liburan.

1. Uang dan dokumen untuk keperluan tak terduga

uang-dan-dokumen

Via ipsosasiapacific.com

Berlibur kemana pun, kamu nggak boleh lupa membawa uang serta dokumen kelengkapan travel seperti itinerary dan paspor. Seperti yang kamu ketahui, kalau kamu lupa membawa paspor, jangankan berlibur, masuk ke pesawat pun kamu nggak akan bisa.

Paspor juga bisa digunakan untuk “tiket” masuk ke beberapa tempat seperti club atau bar. Selain itu, kamu juga harus membawa uang tunai lebih karena pada bulan Desember, nggak hanya toko besar yang akan memberikan diskon tapi toko kecil juga sama.

Oh ya, jangan terlalu mengandalkan kartu kredit karena nggak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit. Lebih baik menghindari daripada mengobati kan?

2. Tas travel untuk semua perlengkapan

tas-travel-blibli

Via thewanderingwanderluster.com

Memang semua orang yang berlibur sudah pasti akan membawa koper atau tas untuk menyimpan baju dan perlengkapan lainnya. Tapi, pastikan kamu memilih jenis tas atau koper yang sesuai dengan acara dan tujuan kamu berlibur.

Kalau liburan kamu melibatkan lebih dari satu area, lebih baik kamu menggunakan backpack. Jika kamu akan membawa banyak peralatan besar seperti kamera, tas duffel adalah pilihanmu. Tapi, kalau kamu mau liburan cantik yang memerlukan banyak pakaian dan sebagainya, lebih baik kamu gunakan koper beroda.

Apapun tasnya, ada baiknya kamu memilih tas dengan warna terang supaya tas gampang untuk dikenali di pengambilan bagasi. Kamu juga bisa melihat-lihat beberapa jenis tas liburan di Blibli.com, lho!

3. Kamera untuk menangkap momen indah

kamera-blibli

Via flixelpix.com

Kamera nggak hanya dibutuhkan oleh seorang fotografer saja, ketika sedang berlibur semua orang perlu membawa kamera. Apalagi kalau tempat tujuannya sangat bagus. Masa sih kamu nggak mau mengabadikan kenangan kamu?

Kabarnya, dengan kamera yang siap foto, kamu akan menjadi lebih teliti dan melihat sekitar kamu dengan pandangan yang berbeda. Kamu akan terbiasa menemukan titik keindahan dari segala sesuatunya karena kamu memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan foto indah yang bisa kamu abadikan.

4. Perlengkapan sanitasi, tampil bersih ke manapun kamu pergi

perlengkapan-kebersihan-blibli

Via minimalstudent.com

Alat-alat sanitasi seperti sabun anti-kuman, sikat gigi, sabun pencuci muka, hand gel, atau sisir sudah pasti harus menjadi prioritas kamu ketika kamu sedang packing. Mengapa? Karena turis yang sedang berlibur sering sekali terjangkit diare karena kurang cocok dengan kebersihan lokal..

Yang ruginya, kalau kamu terkena penyakit ketika berlibur, kamu terpaksa harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli obat. Hal itu masih lebih baik ketimbang kalau kamu harus diopname di tempat asing karena kamu kurang bersih-bersih.

Daripada kamu membuang waktu dan uang untuk obat, lebih baik kamu hindari dengan membawa perlengkapan sanitasi.


BACA JUGA 5 Alasan Valid Kamu Harus Liburan Sepanjang Tahun


5. Kacamata hitam, biar tetap cool di tengah cuaca yang hot

kacamata-hitam-blibli

Via etsy.com

Nah, ini dia perlengkapan yang perlu kamu bawa kemana saja tanpa membedakan apapun cuacanya. Memang kacamata hitam mampu melindungi kamu dari silaunya sinar matahari, tapi apakah kamu tahu kalau salju pun memantulkan 80% dari cahaya ultraviolet yang bisa merusak matamu?

Bagi kamu yang ingin berlibur ke tempat bersalju seperti pegunungan di Papua, pastikan kamu juga membawa kacamata hitam.

Nggak hanya itu saja, kacamata hitam bisa kamu gunakan untuk melindungi kamu dari debu ketika kamu sedang berkendara. Kamu juga bisa mencegah sakit kepala dan migrain dengan kacamata hitam jika cuaca sedang terik-teriknya.

6. Headset, karena kamu butuh musik untuk menemanimu

headset-belibli

Via wired.com

Ini adalah salah satu perlengkapan wajib bawa ketika kamu sedang naik pesawat, apalagi kalau kamu melakukan penerbangan panjang. Daripada bosan merenung selama berjam-jam, lebih baik kamu isi waktumu dengan mendengarkan lagu di pesawat.

Kegunaan headset nggak hanya terbatas di pesawat saja, kamu bisa menggunakan headset ketika kamu sedan melihat-lihat tempat sekitar. Mungkin kalau nggak ada perlengkapan ini kamu bisa merasa sangat bosan selama perjalanan kamu berganti area.

7. Sandal atau sepatu nyaman

sandal-sepatu-blibli

Via wearintheworld.com

Kemana pun liburannya, pastikan kamu nggak lupa untuk membawa sandal atau sepatu nyaman cadangan. Bayangkan jika kamu ingin melihat-lihat kota sekitar dan harus berjalan jauh dengan menggunakan sepatu stylish yang sama sekali nggak nyaman?

Kamu hanya akan membebani diri kamu sendiri dan jalan-jalan pun nggak akan terasa asik ketika kamu terganggu seperti ini. Di pikiranmu pasti hanya ingin kembali ke hotel atau mampir ke supermarket untuk membeli sandal baru.

Nah, daripada membuang uang seperti ini lebih baik kamu bawa sandal cadangan dari awal. Apalagi kalau tempat yang kamu kunjungi melibatkan banyak pasir, bebatuan, atau hutan lindung. Berinvestasi pada sepatu yang bagus merupakan pilihan bijak.


BACA JUGA Apa Wish Kamu? 5 Organisasi Ini Bisa Mewujudkannya!


8. Travel charger, karena colokan nggak selalu universal

travel-charger-blibli

Via thegadgetflow.com

Ketika sedang packing, ini mungkin adalah perlengkapan pertama yang kamu ingat. Bagaimana nggak? Kalau nggak ada travel charger, kamu nggak akan bisa memainkan HP kamu dengan leluasa.

Apalagi terkadang hotel mempunyai jenis colokan yang nggak universal. Maka dari itu, kamu harus selalu membawa alat ini ketika kamu sedang berlibur, dimana pun itu.

Walaupun sudah pasti ingat untuk membawa travel charger, biasanya kamu lupa untuk membawa travel charger yang ada colokan USB-nya. Alhasil, travel charger yang sudah kamu bawa pun jadi nggak ada gunanya, dan kamu harus membeli charger baru yang mempunyai ujung USB.

9. Selotip buat keadaan darurat

selotip

Via tombihn.com

Mungkin kamu akan sedikit bingung dengan perlengkapan yang satu ini? Untuk apa sih membawa selotip ketika kamu berlibur? Tapi, perlu kamu ketahui kalau selotip bisa menolong kamu di saat darurat.

Contohnya, ketika tas kamu sobek kamu bisa menggunakan selotip untuk menambal tas atau sepatu secara sementara. Nggak hanya itu, tekstur kuat selotip juga berguna untuk menempelkan perlengkapan lebih ke tas kamu.

Memang kecelakaan nggak selalu terjadi, tapi alangkah baiknya kalau kamu bisa mengatasi kecelakaan tersebut dengan mudah (dan praktis).

10. Obat darurat, di kala sakit melanda

obat-darurat-blibli

Via nursing.columbia.edu

Perlengkapan darurat mungkin bisa digunakan untuk mengobati penyakit akibat kurangnya kebersihan (baca perlengkapan no.4), tapi sebenarnya perlengkapan darurat lebih ditujukan kepada P3K.

P3K harus selalu kamu bawa karena kamu nggak tahu kapan kecelakaan akan terjadi, dan ketika ada kecelakaan terjadi, kamu nggak perlu terlalu panik karena kamu sudah dilengkapi dengan obat-obatan.

Kamu juga bisa dengan gampang mengatasi luka kaki akibat sepatu dengan plester yang sudah kamu siapkan. Nggak ada salahnya kalau terlalu berhati-hati.

11. Lotion untuk segala cuaca

lotion-blibli

Via vybeautyscrapbook.blogspot.co.id

Lotion wajib kamu bawa supaya kesehatan kulitmu juga terjaga selama masa liburan. Produk yang paling dibutuhkan jika kamu berlibur ke tempat yang lumayan panas adalah sunscreen. Nggak hanya kamu melindungi kulit kamu dari kanker kulit, tapi kamu juga mencegah sunburn pada kulit kamu.

Kalau untuk tempat yang dingin pada akhir tahun, kamu perlu membawa moisturizer, karena cuaca yang terlalu dingin bisa membuat kulit kamu kering. Bayangkan ketika kamu menghabiskan lebih dari 2 minggu di negara bersalju tanpa moisturizer. Pulang-pulang kulit kamu mungkin sudah seperti sisik ikan ya.

12. Earplugs

earplugs-blibli

Via earplugstore.com

Banyak orang yang sering kelupaan membawa alat ini, mungkin karena terlalu dianggap remeh kegunaannya. Tapi, jangan salah, earplug sangat membantu kamu menangkal kebisingan dan kesakitan telinga ketika sedang naik pesawat.

Earplugs juga membantu kamu ketika sedang berenang supaya telinga kamu nggak masuk air dan menjadi “tuli” sementara. Dengan fungsi yang sama yaitu untuk menangkal air, earplug juga bisa digunakan ketika kamu sedang bersenang-senang di dataran tinggi

Berlibur sepanjang adalah hal yang paling mengasyikkan karena nggak hanya kamu bisa memborong belanjaan dan refreshing. Kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan bumi yang bisa kamu jadikan teman atau koneksi kerja baru.

Lakukan persiapan liburan dengan baik dimulai dengan memilih dan memiliki barang yang tepat ya Friends!

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends :)
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY