Di Tahun Pertama Bayi, Ini Perlengkapan Penunjang Perkembangan Si Kecil yang Wajib Moms Siapkan

tahun pertama bayi

Kehadiran si kecil sangatlah membuat hidup para moms semakin bahagia. Meski ada banyak tantangan yang harus dihadapi, momen menyaksikan bayi mungil bertumbuh setiap harinya adalah sebuah anugerah. Akan lebih menyenangkan lagi bila moms bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil dengan perlengkapan tahun pertama bayi yang komplit.

Untuk mengoptimalkan tahun pertama bayi kesayangan, berikut beberapa perlengkapan yang moms harus miliki!

TEMUKAN KEBUTUHAN MOMS DAN SI KECIL SEKARANG DI SINI!

1. Keamanan adalah yang utama

tahun pertama bayi
Via – Walmart

Keamanan si kecil tentunya merupakan prioritas moms yang utama di setiap waktu. Bahkan, was-was selalu menghampiri ketika moms harus mengerjakan hal lain tanpa menggendong si kecil. Namun, nggak mungkin, kan moms menggendong si kecil setiap saat? Oleh sebab itu, moms perlu menyiapkan tempat yang aman untuk si kecil.

Pertama, moms bisa menyiapkan baby bouncer, perlengkapan bayi yang telah menjadi favorit para orang tua muda. Moms pun bisa menyelesaikan pekerjaan moms tanpa perlu merasa khawatir sementara si kecil “ditimang” oleh baby bouncer yang terjamin keamanannya.

Lalu, alasi lantai yang dingin dan keras dengan matras yang empuk untuk si kecil yang belajar merangkak. Jangan lupa juga batasi dapur, tangga, atau ruang berbahaya bagi si kecil dengan pagar pengaman bayi.

SEGERA LENGKAPI RUMAH DENGAN PERLENGKAPAN KEAMANAN BAGI SI KECIL

2. Bantu si kecil mendapatkan nutrisi sempurna

tahun pertama bayi
Via – Sleeping Should Be Easy

Si kecil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhannya. Oleh sebab itu, moms wajib memperhatikan kebutuhan tahun pertama bayi yang awalnya hanya mengonsumsi susu hingga belajar makan.

Moms pasti butuh botol susu yang memiliki dot lembut supaya nggak melukai gusi si kecil yang rentan luka. Agar kebersihannya selalu terjaga, jangan lupa masukkan botol ke sterilizer sesudah dan sebelum digunakan.

Saat si kecil mencapai usia yang cukup untuk makan, moms bisa mulai perkenalkan makanan-makanan lembut kepada si kecil guna melatih kemampuan sensoriknya. Pada masa ini, siapkanlah celemek makan supaya baju si kecil selalu bersih. Lalu, gunakanlah meja makan bayi yang aman dan nyaman seperti BabyDoes High Chair Ultimo yang juga dilengkapi dengan mainan seru!

BUTUH BREAST PUMP YANG EFEKTIF DAN NGGAK SAKIT? ADA DI SINI!

3. Merawat kulitnya yang sensitif

tahun pertama bayi
Via – Cool Mom Picks

Kulit bayi, apalagi pada tahun pertama bayi, sangatlah sensitif. Kulit halus mereka perlu dijaga secara ekstra. Karena itu, pilihlah alat mandi, seperti sabun, shampoo, hingga bath tub yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Pastikan nggak ada bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kulit, ya. Moms bisa coba gunakan Baby Bath Milk & Honey dari Zwitsal yang juga dilengkapi dengan minyak telon atau shampoo organik beraroma lavender dari Buds.

Selain alat mandi, produk skin care seperti lotion pun sangat dibutuhkan sejak tahun pertama bayi lahir. Kulit si kecil pun bereaksi terhadap kelembapan ruangan layaknya orang dewasa, lho Moms. Jadi, pasanglah humidifier di ruang bermain dan kamar tidurnya, ya supaya kulitnya nggak kering dan perih. Ada banyak humidifier berbentuk lucu yang bisa moms pilih, seperti bentuk panda atau anjing, sehingga dekorasi kamar si kecil makin ceria.

ANAK MENANGIS KARENA RUAM POPOK? ECZEMA CARE SKIN CREAM SOLUSINYA!

4. Bertumbuh dan belajar bersama si kecil pada tahun pertamanya

tahun pertama bayi
Via – unexpectedfaces.org

Meskipun terasa lelah karena pada tahun pertama bayi masih sering terbangun tiap malam, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati udara segar pada pagi dan sore hari! Bawa si kecil menggunakan stroller berjemur tiap pagi untuk mendapatkan vitamin dari matahari.

Tambahkanlah alas stroller yang empuk supaya si kecil makin menikmati waktu bersama. Moms juga bisa ajak si kecil jalan-jalan lebih jauh lagi menggunakan mobil, tapi jangan lupa gunakan baby car seat yang terjamin aman, ya!

UNTUK MENSTIMULUS OTOTNYA, AJAK SI KECIL BERMAIN DENGAN BABY WALKER, YUK!

5. Teman tidur yang lembut dan lucu

tahun pertama bayi
Via – Pix 11

Pada tahun pertama bayi, tidur bukan menjadi hal yang mudah. Padahal tidur adalah hal yang dibutuhkan pada masa ini. Supaya moms dan si kecil bisa tidur dengan tenang, lengkapi set alat tidur bayi yang nyaman, yuk. Gunakan selimut yang lembut dan hangat, bantal yang empuk untuk menjaga si kecil dari sekitarnya, dan pakaian tidur yang nyaman.

Lebih baik, sediakanlah ranjang bayi untuk si kecil supaya moms dan si kecil bisa istirahat tanpa saling mengganggu. Kalau moms khawatir, letakkan baby monitor di samping ranjang moms dan si kecil aja!

BED COVER SET LUCU UNTUK MENEMANI TIDUR SI KECIL


Wah, banyak juga, ya produk penunjang kebutuhan tahun pertama bayi! Namun, yang paling utama adalah si kecil dapat bertumbuh dan berkembang secara baik, kan, moms?

Nggak perlu khawatir melihat banyaknya produk yang sebaiknya moms miliki pada tahun pertama bayi lahir. #BlibliSekarang punya semua produk perlengkapan ibu dan anak dengan kualitas baik dan harga yang pantas.

Jadi, udah siap menyaksikan keajaiban-keajaiban pada tahun pertama bayi moms?

LENGKAPI KEBUTUHAN MOMS DAN SI KECIL PADA TAHUN PERTAMANYA SEKARANG!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY