me

Perlengkapan Kamera untuk Festival, Catat Ya!

Aug 18, 2023.By Jarvis
Bagikan

premiumstaff.co.uk

Pastikan kamu bawa perlengkapan kamera untuk festival lengkap, buat mengabadikan momen bersenang-senang di sana, berikut perlengkapannya.

Cicilan 0% Gadget

Perlengkapan kamera untuk festival perlu kamu persiapkan, karena penting buat dokumentasi acara kamu. Kalau Blibli Friends suka datang ke festival, seperti acara musik atau kebudayaan, keseruannya berlangsung di tempat, dan yang bisa kamu bawa pulang hanya memori kesenanganmu di sana.

Nah, berikut ada rekomendasi lensa kamera biar jepretan foto dan rekaman videomu semakin bagus.

Baca juga: Hobi Fotografi, Begini Penampakan Koleksi Kamera Tay Tawan!


Rekomendasi Lensa Kamera untuk Acara Festival

Berikut rekomendasi kamera dengan lensa terbaik untuk merekam video.

Panasonic Lumix DC-GF10K

Panasonic Lumix DC-GF10K
blibli.com

Kamera ini menghadirkan fitur untuk foto selfie 4K pakai Night Mode buat menciptakan gambar yang sempurna. Lensa kamera kecil ini bisa menangkap semua detail dengan kejernihan dan warna yang apik banget. Begitu pula dengan rekaman videonya.

Kamu dapat merekam video 4K dengan gambar yang sangat, sangat tajam. Ada resolusi internal 3840 x 2160 piksel yang berarti 4 kali lebih besar dari Full HD. Terus, ada mode Soft Skin yang bikin kulit halus, serta Slimming untuk penampilan lebih langsing.

Canon EOS C500 Mark II 5.9K

Canon EOS C500 Mark II 5.9K
blibli.com

Kalau kamera ini cocok buat kamu yang datang ke festival buat merekam acaranya secara profesional. Kamera video dari Canon ini pun berukuran gede. Berbeda dari kamera saku yang minimalis, kalau yang ini berfungsi buat keperluan profesional dengan kualitas tinggi.

Kamera ini punya fitur Full-Frame CMOS Sensor dan DIG!C DV 7 Chip. Selain itu, ada fitur Full Frame, SUper 35, dan Super 16 Modes. Ada juga mode resolusi DCI 4K/2K, UHD 4K, dan HD. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur User-Changeable Lens Mounts pada kamera ini.

Fujifilm Instax Mini 90 Neo Classic

Fujifilm Instax Mini 90 Neo Classic
blibli.com

Nah, kalau yang ini adalah kamera saku yang mudah dibawa ke mana saja. Desainnya klasik seperti namanya. Pada kamera ini terdapat LCD film counter dan shoot mode display.

Di samping itu, kamera ini punya fitur flash elektronik otomatis yang bikin kamu mudah mengambil foto dalam kondisi cahaya rendah. Terus, di kameranya juga ada cermin yang pas banget buat berfoto selfie. Nggak lupa, ada garansi resmi 1 tahun dari Fujifilm Indonesia buat pelayanan customer.

Canon EOS 200D 4k

Canon EOS 200D 4k
blibli.com

Ini adalah kamera DSLR Canon yang paling ringan. Pada kamera terdapat layar LCD Touch Screen Vari-angle. Bodi kamera mungil dan pakai sensor CMOS APS-C 24,1 megapiksel, serta dibekali prosesor DIGIC 8, dan nggak cuma itu saja.

Ada segudang fitur lainnya seperti Creative Assist dan Smooth Skin buat dapatkan efek sesuai keinginan kamu dan bikin foto selfie dengan sempurna. Kamera ini juga bisa terhubung ke smartphone melalui Bluetooth dan WiFi, dan kamu bisa mengirim foto seketika dari kamera ke HP.

Olympus VG 180

Olympus VG 180
blibli.com

Kamera Olympus ini pas banget buat dimasukkan saku berkat ukurannya yang mungil. Selain itu, kamera ini juga memiliki fitur sensor CCD dan pakai prosesor TruPic III buat memberi kualitas foto yang terbaik. Oh iya, TruPic adalah prosesor buatan Olympus sendiri.

Selain itu, kamera ini juga pakai lensa yang bisa untuk Optical Zoom untuk pembesaran gambar 5x. Bahkan, kalau kamu ingin mengoptimalkan zoom maka bisa kamu maksimalkan sampai 20x. Hasilnya pun tetap tajam dan jernih dengan resolusi 16 MP.

Fujifilm Instax Mini 12

Fujifilm Instax Mini 12
blibli.com

Buat penggemar kamera dengan desain aesthetic, kamu bisa pilih produk yang ini. Kamera ini dilengkapi fitur FUJINON 60mm Lens with Selfie Mirror. Fitur lainnya adalah Automatic Exposure dan Automatic Flash.

Selain itu, ada mode Dedicated Selfie atau Close-Up Shooting. Jadi, kamera yang ini memang ideal buat selfie, karena memang merupakan polaroid, sehingga hasil foto kamu bisa langsung tercetak.

Nikon D5600 Kamera DSLR

Nikon D5600 Kamera DSLR
blibli.com

Kamera DSLR ini menciptakan hasil jernih dengan sensor CMOS 24.2 MP dan Prosesor EXPEED 4, fokusnya cepat dan akurat. Jadi, hasil foto dan video berkualitas jernih dan detail. ISO luas 100 sampai 25600 juga memperkecil noise, sehingga hasilnya nggak akan blur di cahaya redup sekalipun.

Kamera ini juga dibekali dengan baterai bertipe EN-EL14a yang awet tahan lama, juga bisa diisi ulang. Terus, ada layar monitor touchscreen 3,2 inci yang sekaligus bisa diputar, objek terlihat jelas banget dari layar LCD saat kamu lagi merekam video.

Aksesori Kamera Wajib Dibawa ke Acara Festival

Buat hasil jepretan dan rekaman profesional, lengkapi kameramu dengan aksesori kamera berikut.

Drone Kamera

Drone Kamera
blibli.com

Buat mengambil view secara menyeluruh serta terlihat aesthetic, kamu bisa mengandalkan drone buat kameramu. Jadi, kamu dapat merekam objek dari seluruh sudut pandang, termasuk jauh dari atas dan dari dekat.

LED Spotlight

LED Spotlight
blibli.com

Kalau LED Spotlight ini pas untuk kamu bawa ke festival yang bertempat di dalam ruangan gelap, memang lebih cocok untuk kamu yang bertugas mendokumentasikan acara, jadi hasil rekamannya terang dan jernih di video.

Gimbal Stabilizer

Gimbal Stabilizer
blibli.com

Semua orang ingin hasil video yang direkam terlihat sempurna, termasuk kamu. Jadi, gimbal hadir buat solusi tepat yang fungsinya menjaga posisi lensa kamu biar nggak goyang, saat kamu sedang memakainya buat merekam video.

Tips Videografi Pakai Kamera HP di Acara Festival

Cuma bawa HP buat merekam video? Tenang. Bisa kok hasilnya terlihat pro, berikut tipsnya.

Memahami Posisi Mic di HP

Memahami Posisi Mic di HP
baconaustin.com

Pastikan dahulu posisi mikrofon yang ada di smartphone sebelum kamu merekam video. Tujuannya biar mikrofon tersebut nggak tertutupi tangan, sehingga bisa menangkap suara dengan baik.

Merekam Pakai Dua Tangan

Pakai Dua Tangan
global.techradar.com

Kamu bisa merekam video pakai HP dengan memeganginya pakai kedua tangan. Cara ini untuk membuat HP lebih stabil sehingga nggak goyang saat dipakai buat merekam.

Menghindari Zoom Digital

mobilesyrup.com

Bakal lebih baik jika kamu nggak menggunakan zoom digital di HP buat merekam video, karena bisa bikin kualitas gambarnya jadi nggak tajam. Alih-alih pakai zoom, lebih baik kamu dekati objek yang mau direkam.

Menghindari Kontras Tinggi

Menghindari Kontras Tinggi
cnn.com

Coba kamu perhatikan pencahayaan di tempat kamu berada. Kalau terlalu terang ataupun gelap, smartphone biasanya sulit buat menyeimbangkan pencahayaan di kondisi tersebut, jadi hasil rekamannya kurang jelas. Jadi, posisikan diri kamu di tempat yang nggak terlalu tinggi kontrasnya.

Berlatih Mengambil Gambar

Berlatih Mengambil Gambar
afuncan.com

Nah, kamu bisa terus berlatih merekam video. Temukan ritme kamu sendiri saat merekam, pastikan tepat dan sempurna, juga bikin kamu bisa mempertahankan kecepatan secara konstan. Coba juga hindari mengambil gambar secara putus-putus, dari arah mana pun, baik atas maupun bawah.


Baca juga: Kamera yang Dipakai My Trip My Adventure, Apa Saja Sih?

Nah, itu tadi semua hal terkait perlengkapan kamera yang perlu kamu persiapkan, khususnya untuk merekam video di event atau festival yang kamu kunjungi. Pastikan menggunakan perlengkapan kamera untuk festival terbaik. Semua produk kamera dan aksesorinya tersedia di Blibli dan lagi ada promo! Beli sekarang juga dan nikmati diskonnya.