me

Perkara Inflasi Harga Tahu sama Tempe Ikutan Naik

Mar 08, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Setelah ada kenaikan harga minyak goreng yang sempat bikin publik heboh, sekarang tahu dan tempe juga ikut jadi bahan omongan. Hal ini dikarenakan sejumlah pedagang yang mogok jualan. Alasannya, karena naiknya harga kedelai sebagai bahan baku pembuatan tahu dan tempe. Yap, dua makanan favorit sebagian besar orang Indonesia ini bakal mengalami kenaikan harga.

Seperti yang diumumkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag), harga kedelai global terus naik sehingga harga tahu dan tempe kena imbasnya. Terlebih, sekitar 80% pasokan kedelai di Indonesia berasal dari impor.

Direktur Jenderal Perdagangan Kemendag, Oke Nurwan, memperkirakan jika harga kedelai naik hingga Rp12.000/kg, maka harga tempe  akan menembus harga Rp10.600 per kilogram, sedangkan harga tahu akan naik jadi Rp700/potong.

Diperkirakan, harga kedelai akan naik sampai bulan Juli 2022. Tapi dengan catatan, jika harga Rp12.000/kg tidak terlampaui. Untuk sekarang, harga kedelai masih Rp11.500/kg jadi harga tempe sekarang masih Rp10.300/kg dan harga tahu Rp650/potong. 

Di pasaran, harga tahu dan tempe mengalami kenaikan sebesar Rp1.000 dari yang biasanya dijual seharga Rp5.000 naik menjadi Rp6.000. Ukurannya sama seperti biasanya, tidak ditipiskan atau dikecilkan, hanya harganya saja yang dinaikkan. Walaupun kelihatannya kenaikan harganya sangat kecil, tapi kalau dihitung lagi kenaikan harga ini sampai 20%.

Faktor penyebab harga kedelai naik ini gara-gara adanya kenaikan biaya sewa lahan, cuaca yang tidak menentu di negara produsen, kekurangan tenaga kerja, serta adanya kenaikan inflasi di negara produsen, seperti kenaikan inflasi di Amerika yang mencapai 7% sehingga berdampak pada kenaikan harga produksi. 

Namun, jangan khawatir akan kehabisan stok tahu dan tempe ya! Asosiasi Kedelai Indonesia (Akindo) akan tetap memenuhi pasokan kedelai. Stok kedelai dalam negeri yang tercatat diperkirakan akan cukup hingga dua bulan ke depan. Yuk, sama-sama berdoa semoga tahu dan tempe nggak langka seperti minyak goreng ya! Kalau iya, bingung deh nanti mau makan apa huhu… 

Tag: