Jangan lupa, Perhatikan kondisi ban cadangan sebulan sekali!

Hai Otofriends, Pernah nggak merasakan, lagi happy mengendarai mobil, plus dengan mood yang bahagia, namun tiba-tiba ban mobil kalian bocor, zonk dong ya? Mau nggak mau, kita harus mengganti ban tersebut dengan ban cadangan yang kita bawa di bawah mobil atau ke bengkel ban mobil terdekat.

Nah, bercerita tentang ban cadangan, seberapa sering otofriends mengamati atau mengecek kondisi ban cadangan mobil? Pernah tidak atau tidak pernah sama sekali?

Via Nemesis UK

Meskipun hanya disimpan sebagai cadangan ketika kondisi ban utama mengalami gangguan, namun ban serep wajib mendapatkan perawatan berkala. Karena jika tidak dilakukan perawatan, kondisi ban cadangan dapat mengalami penurunan kualitas dan bisa tidak dapat digunakan saat dibutuhkan. Tentu kondisi tersebut akan sangat merepotkan saat membutuhkan ban serep di perjalanan.

Seperti yang dilansir dari Mitsubishi, perawatan ban serep cukup mudah. Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah cek tekanan angin. Meskipun tidak digunakan tekanan angin dapat berkurang akibat penguapan di ruang penyimpanan. otofriends disarankan mengecek tekanan angin pada ban cadangan sekurangnya sebulan sekali, disarankan juga untuk mengisi tekanan ban cadangan dengan tekanan 5-8 Psi di atas ban utama.

Jangan lupa kebersihan, pastikan juga ban dan velg cadangan dalam kondisi bersih bebas dari kotoran atau cipratan lumpur, hal tersebut guna menghindari karat pada velg. Selain itu ada baiknya ban serep digunakan meskipun ban utama tidak bermasalah, hal ini dilakukan agar karet ban serep tidak pecah atau kaku karena lama tidak digunakan.

BERBAGAI PILIHAN BAN MOBIL BARU ADA DISINI!

sumber: berbagai sumber

Fransiskus Prakoso

internet, camera & automotive enthusiast, sometimes sunday morning ride. 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY