Bagi seorang wanita kehamilan pertama memang bukanlah hal yang paling mudah. Nggak hanya terkejut, tapi pasti juga bingung banget. Belum lagi hormon yang bermunculan menyebabkan gejolak emosi yang nggak bisa diprediksi.

Jangan bingung, calon moms! Semuanya pasti akan baik-baik saja! Berikut ini, Blibli Friends sudah menyiapkan tips panduan sederhana bagi kehamilan pertama kamu! Yuk, simak!

1. Jaga kondisi badan moms dengan menghindari aktivitas yang berat, tapi jangan mager

bila ini kehamilan pertama-ini-hal-yang harus moms perhatikan
Via – arogyamasthu

Kehamilan pertama bisa membuat kondisi tubuh melemah, mulai dari pusing, mual, dan tekanan darah yang rendah. Untuk itu, moms harus istirahat cukup supaya janin tetap sehat.

Pada masa-masa ini, moms harus lebih aware dengan kondisi tubuh. Jangan memaksakan diri melakukan aktivitas berat! Kecerobohan moms bisa menyebabkan keguguran, loh!

Tapi, moms jangan mager juga ya! Bila terlalu lama berdiam diri pada kehamilan pertama, tubuh akan lebih mudah pegal. Otot juga mudah nyeri.

2. Perhatikan asupan nutrisi moms agar moms dan janin setiap saat

bila ini kehamilan pertama-ini-hal-yang harus moms perhatikan2
Via-meetdoctor.com

Di usia awal kehamilan (terutama di kehamilan pertama), moms bisa merasa mual dan nggak enak badan sehingga nafsu makan menurun. Namun, perasaan itu nggak boleh dituruti loh!

Kalau moms nggak makan, janin juga akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkannya. Banyak-banyaklah makan makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral tinggi.

Dads juga harus mengingatkan dan mengawasi moms supaya makan lebih teratur, ya! Lengkapi juga nutrisi moms dengan minum susu khusus Ibu hamil dan juga suplemen supaya produksi ASI moms banyak!

3. Hindari gaya hidup yang membahayakan

bila ini kehamilan pertama-ini-hal-yang harus moms perhatikan3
Via – Jetajone>

Buat moms yang mengkonsumsi alkohol dan dekat dengan rokok, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang! Saat kehamilan, sistem peredaran darah, pernafasan, dan pencernaan dengan janin adalah satu. Masa belum lahir sudah mencium bau rokok?

Zat-zat berbahaya itu bisa menyebabkan kelahiran prematur, berat badan bayi yang rendah, dan keguguran loh moms! Dads juga harus mengingatkan ya!

Memang kehamilan pertama moms bisa sulit menyesuaikan dan menanggalkan kebiasaan lama. Tapi, demi kesehatan janin, rela dong?

4. Rutin memeriksakan kandungan ke dokter

bila ini kehamilan pertama-ini-hal-yang harus moms perhatikan4
Via-rockingmama.id

Untuk memastikan si kecil selalu sehat dalam kandungan, moms dan dads perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Apalagi kalau ini kehamilan pertama!

Pemeriksaan dianjurkan dilakukan selama empat minggu sekali. Mendekati waktu melahirkan, moms bisa memeriksakannya dua minggu sekali.

Dengan memeriksa kandungan secara rutin, moms dan dads bisa mendeteksi kondisi janin lebih dini. Jadi, bila ada hal yang bisa membahayakan bayi saat lahir, moms and dads bisa mencegah dan menanganinya dengan cepat!

5. Moms harus senantiasa bahagia! Ini kehamilan pertama loh!

bila ini kehamilan pertama-ini-hal-yang harus moms perhatikan5
Via – Kadinvari

Situasi baru dan hormon pada kehamilan pertama mungkin bisa membuat moms mengalami stres dan emosi nggak stabil. Moms harus melawannya! Bila nggak, bisa-bisa bayi dalam kandungan ikut stres loh!

Agar si kecil senantiasa sehat, ia harus merasakan bahwa moms selalu bahagia. Apapun yang terjadi, pastikanlah untuk selalu berpikir positif ya moms.

Cobalah mulai berolahraga ringan agar stres dan kecemasan yang moms alami mereda. Moms juga bisa mencoba sharing mengenai hal yang dialami dengan orang yang sudah berpengalaman.

Tugas dads di sini adalah memastikan kalau moms bahagia setiap saat! Mindsetnya harus whatever it takes! Kehamilan pertama harus maksimal usahanya, biar kehamilan selanjutnya nggak lengah!

Kehamilan pertama memang bisa bikin stress dan melelahkan. Tapi bukan alasan bagi calon moms dan dads untuk nggak berjuang sekuat tenaga. Apapun pengorbanannya, pasti worth it kok di akhirnya!

Sebaiknya, moms dan dads sudah menyiapkan kebutuhan kehamilan semenjak awal. Lebih baik lagi bila moms bisa menyiapkan semua kebutuhan ketika bayi lahir nanti!

Apapun yang moms butuhkan, Blibli.com bisa menyediakannya. Kebetulan banget, sekarang Blibli.com sedang banyak diskon nih untuk perlengkapan ibu dan anak yang cocok banget buat kehamilan pertama. Yuk moms, daripada stres, mending pilih dan belanja semua kebutuhannya!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY