me

7 Perbedaan Velg Ring 17 dan 18 Mobil yang Wajib Kamu Ketahui!

Mar 26, 2024.By Rio
Bagikan

freepik.com/author/pereslavtseva
Tentukan velg mobil sesuai jenis mobil dan kebutuhanmu!

Perbedaan Velg Ring 17 dan 18 Mobil – Ukuran velg yang tepat dapat memengaruhi kinerja kendaraan, termasuk penanganan, stabilitas, dan respons saat berkendara. Velg yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat memengaruhi cara mobil menanggapi kemudi dan berbelok, serta mempengaruhi kenyamanan berkendara. Ukuran velg yang salah dapat memengaruhi keamanan kendaraan. 

Pada mobil, ukuran velg yang familiar adalah velg ring 17 dan velg ring 18. Apa sih perbedaan dari dua velg ring ini? apa efeknya juga pada performa kendaraan saat di jalanan? Yuk cari tau sama-sama di sini! 

Baca Juga:


Perbedaan Velg Ring 17 dan 18 pada Mobil

Perbedaan antara velg ring 17 dan 18 pada mobil dapat berdampak pada kinerja, penampilan, dan keamanan kendaraan. Berikut adalah tujuh perbedaan utama antara keduanya:

1. Ukuran Ban

Ukuran Ban
freepik.com/author/peoplecreations

Velg ring 17 berarti velg dengan diameter 17 inci, sedangkan velg ring 18 memiliki diameter 18 inci. Perbedaan satu inci dalam diameter velg dapat memengaruhi ukuran ban yang dipasang pada mobil. Velg ring 18 biasanya membutuhkan ukuran ban yang lebih besar dan lebih lebar daripada velg ring 17.

Selain itu, velg ring 18 biasanya memungkinkan pemasangan ban yang lebih lebar daripada velg ring 17. Ban yang lebih lebar dapat meningkatkan kinerja kendaraan dalam hal traksi, penanganan, dan stabilitas saat berkendara.

Perubahan dalam ukuran dan lebar ban juga dapat memengaruhi profil ban yang dipilih. Velg ring 18 biasanya lebih cocok dengan ban berprofil rendah, yang memiliki aspek rasio yang lebih rendah antara lebar dan tinggi. Ban dengan profil rendah cenderung memberikan respons yang lebih baik dalam penanganan dan respons.

2. Penampilan

Penampilan
freepik.com/author/freepik

Velg ring 18 umumnya memberikan tampilan yang lebih mencolok dan agresif dibandingkan dengan velg ring 17. Velg yang lebih besar cenderung membuat mobil terlihat lebih sporty dan elegan, sementara velg yang lebih kecil mungkin memberikan penampilan yang lebih sederhana dan klasik.

Meskipun velg ring 18 sering dikaitkan dengan penampilan yang sporty, mereka juga dapat memberikan kesan elegan dan berkualitas tinggi. Velg yang lebih besar cenderung memberikan tampilan yang lebih mewah dan eksklusif, terutama ketika dipasangkan dengan desain yang tepat dan bahan yang berkualitas. Ini bisa meningkatkan kesan prestise dan kemewahan kendaraan secara keseluruhan.

3. Kinerja

freepik.com/author/natanaelginting

Velg ring 18 memiliki keunggulan dalam meningkatkan kinerja kendaraan, terutama dalam hal penanganan dan respons. Dengan diameter yang lebih besar, velg ini memberikan lebih banyak stabilitas dan presisi saat berkendara. 

Ketika mobil melalui tikungan atau perubahan jalur, velg yang lebih besar memberikan pondasi yang lebih solid, memungkinkan kendaraan untuk menanggapi perubahan arah dengan lebih akurat dan responsif. Ini membantu meningkatkan kontrol pengemudi atas kendaraan dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan, terutama saat mengemudi pada kecepatan tinggi atau di jalur yang berliku.

4. Kenyamanan

Kenyamanan
freepik.com/author/freepik

Di sisi lain, velg ring 17 cenderung memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik daripada velg ring 18. Hal ini karena velg yang lebih kecil memiliki profil ban yang lebih besar, yang memiliki kemampuan lebih baik dalam menyerap goncangan dan getaran jalan. 

Dengan ban yang lebih tebal, velg ring 17 membantu mengurangi transfer getaran dari permukaan jalan ke kabin kendaraan, sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih halus dan nyaman bagi penumpang. Ini dapat menjadi pertimbangan penting bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan dan kehalusan perjalanan dalam penggunaan sehari-hari.

5. Bobot

Bobot
freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Velg ring 18 umumnya lebih berat daripada velg ring 17 karena ukuran yang lebih besar. Bobot tambahan ini dapat memiliki dampak signifikan pada efisiensi bahan bakar dan akselerasi kendaraan. Velg yang lebih berat memerlukan lebih banyak energi untuk berputar, yang dapat mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan. 

Selain itu, bobot tambahan dapat mempengaruhi akselerasi mobil, membuatnya lebih lambat dalam merespons akselerasi atau perubahan kecepatan. Oleh karena itu, pengemudi mungkin perlu mempertimbangkan trade-off antara kinerja dan efisiensi bahan bakar saat memilih antara velg ring 17 dan 18, tergantung pada kebutuhan dan preferensi mereka.

6. Harga

Harga
freepik.com/author/philipimage

Velg ring 18 umumnya lebih mahal daripada velg ring 17 karena ukuran yang lebih besar dan penampilan yang lebih mewah. Penggantian atau upgrade ke velg ring 18 mungkin memerlukan biaya tambahan untuk pembelian dan pemasangan.

7. Keamanan

perbedaan velg ring 17 dan 18 mobil
freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Penggunaan velg yang tepat untuk mobil sangat penting untuk menjaga keamanan berkendara. Velg ring 17 atau 18 harus dipilih sesuai dengan spesifikasi mobil dan disertai dengan ban yang sesuai untuk memastikan kinerja dan keamanan yang optimal.

Tips Merawat Velg Mobil agar Awet

Merawat velg mobil dengan baik sangat penting untuk mempertahankan penampilan dan kinerja mereka selama mungkin. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat velg mobil agar tetap awet:

1. Membersihkan secara Teratur

Membersihkan secara Teratur
freepik.com/author/bonandbon

Membersihkan velg secara teratur untuk menghilangkan kotoran, debu, dan residu rem yang dapat menempel pada permukaannya. Gunakan sabun ringan, air hangat, dan sikat yang lembut untuk membersihkan velg dengan lembut. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau sikat yang kasar yang dapat merusak lapisan pelindung pada velg.

2. Hindari Bahan Pembersih yang Berbahaya

perbedaan velg ring 17 dan 18 mobil
freepik.com/author/jcomp

Hindari penggunaan bahan pembersih yang mengandung asam atau bahan kimia keras lainnya, karena dapat merusak finishing dan menimbulkan karat pada velg. Pilihlah produk pembersih khusus untuk velg mobil yang dirancang untuk membersihkan dengan aman tanpa merusak permukaan.

3. Lindungi dari Kerusakan

Lindungi dari Kerusakan
freepik.com/author/senivpetro

Hindari kontak langsung dengan permukaan jalan yang kasar atau benda-benda tajam yang dapat menyebabkan goresan atau kerusakan pada velg. Hindari memarkir kendaraan di tempat-tempat yang memiliki permukaan nggak rata atau berbatu yang dapat merusak velg.

4. Gunakan Perlindungan

perbedaan velg ring 17 dan 18 mobil
freepik.com/author/senivpetro

Pasang perlindungan seperti pelekat pelindung atau pelapisan pelindung pada velg untuk melindungi mereka dari goresan, kerikil, atau kerusakan saat berkendara. Perlindungan semacam itu dapat membantu mempertahankan penampilan velg dalam kondisi yang lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Perhatikan Tekanan Ban

freepik.com/author/jcomp

Pastikan memeriksa tekanan udara pada ban secara teratur dan menjaganya sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan udara yang nggak tepat dapat menyebabkan keausan yang nggak merata pada ban dan dapat memengaruhi kinerja serta penampilan velg.

6. Lakukan Penyegelan atau Pelapisan

Lakukan Penyegelan atau Pelapisan
freepik.com/author/romanzaiets

Pertimbangkan untuk menerapkan lapisan pelindung seperti penyegelan atau pelapisan keramik pada velg untuk melindungi mereka dari elemen dan memudahkan proses pembersihan di masa depan. Lapisan ini juga dapat membantu menjaga penampilan velg tetap bersih dan berkilau lebih lama.

7. Periksa secara Berkala

perbedaan velg ring 17 dan 18 mobil
freepik.com/author/user18526052

Lakukan pemeriksaan rutin pada velg untuk memastikan nggak ada kerusakan atau keausan yang terjadi. Periksa juga untuk memastikan bahwa velg terpasang dengan baik dan nggak ada kebocoran pada ban yang dapat merusak velg.


Baca Juga:

Dengan merawat velg mobil secara teratur dan dengan hati-hati, kamu dapat memperpanjang umur pakai dan menjaga penampilan mereka tetap baik selama mungkin. Kalau mungkin kamu ingin ganti velg mobil ke velg mobil ring 17 celong atau ke ring 18, beli saja di Blibli karena kualitasnya terjamin dan pengiriman juga praktis!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya