Sering Salah Kaprah, Ini Lho, Bedanya Vegan dan Vegetarian! Kamu yang Mana?

vegan dan vegetarian

Melakukan gaya hidup sehat akhir-akhir ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan serta kesadaran tiap orang akan kesehatan menjadi pemicu mengapa hal ini terjadi. Bicara tentang hidup sehat, yang namanya vegan dan vegetarian pasti nggak jauh-jauh dari pembahasan yang ada

Apa sih vegan itu? Adakah perbedannya dengan vegetarian? Nah, sambil menyambut World Vegan Day yang jatuh pada hari ini, 1 November 2017, yuk cari tahu lebih lanjut tentang jenis gaya hidup sehat yang satu ini!

TEMUKAN PRODUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

1. Serupa tapi tak sama

vegan dan vegetarian
Via – Family Doctor

Karena namanya yang mirip, masih banyak orang salah kaprah mengenai vegan dan vegetarian. Kebanyakan orang berpikir bahwa dua istilah tersebut merujuk pada hal sama. Padahal, sederhananya, vegan sudah pasti tergolong vegetarian, namun nggak selalu seorang vegetarian adalah vegan.

Mengingat apa yang dikatakan Chef Max ‘Burgreens’, seorang vegetarian masih menikmati produk hewani, seperti dairy products dan barang pakai yang terbuat dari kulit hewan. Sementara seorang vegan adalah orang yang murni mengonsumsi segala sesuatu yang plant-based serta menghindari segala jenis produk yang hasil hewan, seperti jaket kulit, baju wool, kain sutera, hingga kosmetik dengan campuran mineral hewani.

VEGAN ATAU VEGETARIAN? BELI PRODUKNYA DI SINI AJA!

2. Berawal dari aksi protes yang kini menjadi gaya hidup

vegan dan vegetarian
Via – Peta

Jika dahulu alasan seseorang memutuskan untuk hidup sebagai vegan lebih banyak didasari karena keinginan untuk hidup sehat dan spiritual, pada masyarakat modern, vegan justru berawal dari aksi protes terhadap eksploitasi hewan yang terjadi di kehidupan sekitar kita.

Memang nggak banyak yang bisa kamu temui di sini, tapi di luar negeri sana, berbagai protes mengenai perlakuan manusia terhadap hewan sering kali terjadi, sebut saja organisasi People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) yang sering aktif dalam menyerukan kesejahteraan hidup hewan.

Mereka berpendapat bahwa apa yang kita pakai atau konsumsi akan memberikan dampak buruk secara langsung terhadap lingkungan. Karena hal ini, nggak heran jika vegan terlihat lebih konsisten dibandingkan vegetarian dalam segala hal yang menyangkut hewani.

KLIK DI SINI UNTUK MENCOBA GAYA HIDUP VEGAN

3. Bukan hanya sekedar diet

vegan dan vegetarian
Via – Peggy Timmermans

Dari penjelasan sebelumnya, kamu bisa memahami bahwa vegan dan vegetarian memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Kaum vegan amat sangat ketat dalam filosofi gaya hidup dan nggak melulu soal diet dan makanan, dibanding vegetarian.

Karena kepedulian terhadap kelangsungan hidup hewan tersebut, kaum vegan amat antipati pula terhadap tes percobaan yang mengorbankan hewan. Sebagai contoh, selain memilih kosmetik yang plant-based, kaum vegan nggak akan memakai kosmetik jika perusahaan kosmetik tersebut menguji produk mereka pada hewan sebagai ‘kelinci percobaan’-nya.

PILIH PERAWATAN TANPA ANIMAL TESTING DI SINI


Nah, sekarang udah nggak bingung lagi kan membedakan vegan dan vegetarian? Jika kamu harus memilih, mana yang sekiranya cocok dan bisa kamu lakukan? Di Hari Vegan Sedunia kali ini, yuk, kita sama-sama untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan memilih produk-produk yang ramah terhadap kelestarian alam.

Bingung menemukannya? Blibli.com tentu saja punya beragam pilihan produk vegan yang bisa kamu cari. Mulai dari makanan dan cemilan, pakaian, hingga kosmetik pun ada. Mudah banget, kan? Yuk, segera ke #BlibliSekarang!

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY