me

5 Perbedaan TV LED dan LCD

Aug 18, 2023.By Jarvis
Bagikan

digitaltrends.com
Cari tahu perbedaan TV LED dan LCD di sini, yuk!

Cicilan 0% KAM

Blibli Friends pernah mendengar istilah TV LED dan LCD? Dalam memilih televisi yang tepat tentu melibatkan pemahaman mendalam mengenai perbedaan antara TV LED dan LCD. Meskipun sekilas sama, namun keduanya berbeda, lho. Pada keduanya terdapat perbedaan mendasar dalam cara kerja dan kualitas gambar yang ditawarkan. Agar kamu semakin tahu mengenai perbedaanya, yuk, simak artikel ini!

Baca juga: Review TV LED Polytron 32 Inch: Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan, & Waktu Rilis


Apa Itu TV LED?

TV LED
ceklist.id

Pada dasarnya, TV LED dan LCD menggunakan teknologi yang sama. LED adalah kependekan dari Light Emitting Diodes. Layar LED menggunakan backlight di belakang layar utama dari diode, lampu yang amat sangat kecil. Dengan ukurannya yang kecil ini, mampu menghemat tempat di belakang layar. Diode bisa ditempatkan tepat di belakang layar atau justru di pinggirnya. 

Apa Itu TV LCD?

TV LCD
lifewire.com

LCD adalah kependekan dari Liquid Crystal Display. Panel LCD menggunakan properti yang solid dan likuid. Monitor LCD memiliki backlight di belakang layar utamanya. Ini membuat LCD mampu mengeluarkan cahaya putih. Layar LCD memiliki 2 lapisan kaca yang terpolarisasi yang bisa memblok atau melewati cahaya. 

Perbandingan TV LED dan LCD

Perbedaan TV LED dan LCD
YouTube.com/TingaWinga5

Teknologi kedua jenis panel layar ini sama, lalu apa yang membedakan TV LED dan LCD? Supaya tahu harus beli yang mana, ini dia 5 perbedaan antara TV LED dan LCD yang perlu kamu tahu sebelum membeli.

1. Tipe Cahaya yang Digunakan

Ini adalah perbedaan utama antara TV LED dan LCD. LED menggunakan jenis cahaya diode yang ukurannya sangat kecil, sedangkan TV LCD menggunakan lampu fluorescent atau Cold Cathode Fluorescent Lighting (CCFL). Selain untuk layar LCD, CCFL juga digunakan pada neon sign dan komputer. Ukuran lampu keduanya berbeda, diode lebih kecil dibandingkan CCFL. 

Salah satu TV LED yang berkualitas adalah LED TV SHARP 24″ 2T-C24DC1I 24DC1I 24 INCH. TV kecil ini berukuran 24 inci, dengan resolusi High Definition 1366 x 768, yang sangat nyaman buat streaming film maupun main game. Fiturnya adalah HD-Ready, X2 Master Engine, Digital Broadcast Ready (DVB-T2) dan mendukung USB Music & Picture. 

Konsumsi daya TV ini hemat banget, hanya 32 Watt saja. Dimensinya hanya 549 x 325 x 83 mm. Audionya didukung dengan Decoder Dolby Audio. Port TV LED ini sudah lengkap juga, ada HDMI 2x, video in 1x, headphone 1x dan USB. Bobotnya 4 kg, jadi mudah dipindahkan ke ruangan lain.

2. Daya Tahan

Dari segi daya tahan, TV LED dan LCD punya daya tahan yang berbeda. Layar LED daya tahannya rata-rata mencapai 100.000 jam, sedangkan layar LCD menawarkan daya tahan yang lebih pendek, yaitu 75.000 jam. Jadi daya tahan layar LED rata-rata lebih panjang dibandingkan dengan layar LCD. 

Suka pakai TV yang layarnya mampu bertahan lebih lama? Kamu bisa pilih TV LED 32INCH CHANGHONG L32H7 ANDROID SMART TV FRAMELESS TECHNOLOGY. Desain layarnya modern banget karena sudah menggunakan Frameless Technology, bezel layar sangat tipis! Resolusi layarnya HD 1366 x 768 dengan sistem operasi Android 11. Layarnya juga sudah dibekali fitur HDR10+ sehingga gambarnya lebih tajam.

Dimensi TV berukuran 32 inci ini adalah 724,3 x 178 x 480,4 mm. Audionya menggunakan Dolby+++ yang membuat lebih nyaman didengar. TV ini sudah menyediakan port untuk RF, Digital audio out, USB, AV, earphone, HDMI1.4 2x dan LAN. Hadir dengan kapasitas RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. TV ini sudah siap menggunakan Google Assistant, YouTube, Chromecast dan Netflix. 

3. Kualitas Gambar

Selanjutnya perbedaan dari segi kualitas gambar. TV LED memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan LCD, karena di dalamnya sudah terpasang RGB colour wheels, yang mampu memproduksi gambar lebih tajam dan realistis. Selain itu, diode pemancar cahaya yang digunakan di layar LED memiliki sifat redup. Ini membuat hasil warnanya lebih akurat dengan menghalangi cahaya yang berlebihan. 

Pilihan TV LED lainnya yang berkualitas adalah TV LED COOCAA 32 inch Digital Smart TV 32S3U / 32 S3U. TV pintar ini menggunakan sistem operasi COOLITA yang dikembangkan sendiri oleh COOCAA. Panel layarnya adalah Direct View LED atau DLED dengan resolusi HD 1366 x 768. 

TV COOCAA berukuran 32 inci ini dilengkapi dengan refresh rate 60 Hz. Tingkat kecerahannya 200 nits. Penggunaan listriknya sebesar 60 W, jadi termasuk hemat energi. Audionya dilengkapi dengan 2 speaker yang sudah didukung Dolby Digital plus COOCAA Sound Audio Enhanced Surround. 

4. Konsumsi Daya

Salah satu pertimbangan saat beli alat elektronik adalah konsumsi dayanya. Pastinya konsumen bakal memilih alat yang lebih rendah konsumsi dayanya dengan kualitas yang tetap baik. Nah, TV LED dan LCD juga berbeda dari segi ini. TV LED ternyata konsumsi dayanya lebih sedikit dan lebih efisien. 

TV LED mampu menggunakan sumber daya yang lebih rendah pula. Perbedaannya sekitar 20 – 30% dibanding TV LCD. Misalnya seperti Hisense 43 inch FHD VIDAA Smart TV-Bezel Less Design-Dolby Audio-USB-HDMI- Clean View-Master Pro (Model 43E4H) dengan bezel super tipis ini. Konsumsi dayanya sekitar 75 W saja.

5. Ukuran TV

Perbedaan yang terakhir ini berhubungan dengan penggunaan cahayanya. LED menggunakan diode, sedangkan LCD menggunakan cahaya fluorescent. Ukurannya jenis kedua cahaya ini berbeda. Lampu fluorescent ukurannya lebih besar dari diode yang sangat kecil. Diode bisa menghemat ruang, jadi pada umumnya ukuran TV LED lebih kecil. 

Kecilnya ukuran TV LED bukan dari besaran incinya, tapi dari tingkat ketebalannya. Layar LED biasanya lebih tipis dari LCD, karena itu TV keluaran terkini yang menggunakan panel LED cenderung lebih tipis, bahkan sangat tipis. Misalnya LG 32LM550 Digital LED TV [32 Inch]. Dimensinya 729 x 436 x 75.8 mm dengan bobot 3,8 kg. 

TV LG ini dilengkapi dengan fitur Dynamic Color Enhancer atau prosesor yang mampu mengeluarkan warna lebih kaya dan alami. Fitur dan teknologinya sudah terkini, salah satunya resolusi yang sudah Full HD. Ada pula inovasi terkini, yaitu mesin LG Triple XD Engine yang mampu menghasilkan warna, kontras dan kejernihan yang sempurna dan berkualitas. 

Fitur lain yang nggak kalah keren adalah Clear Voice II yang mampu mengenali dan meningkatkan volume suara pada film, jadi hasilnya lebih jelas. Sudah dilengkapi dengan port HDMI dan USB, pengalaman nonton atau main game pun lebih oke!


Baca juga: Cara Mudah untuk Memasang TV LED di Dinding dengan Tepat dan Aman

Nah, Blibli Friends, itu dia perbedaan TV LED dan LCD, sekarang sudah lebih paham, kan? Keduanya tentu memiliki ciri khas masing-masing yang menjadi daya tarik tersendiri. Kalau kamu mau beli TV LED atau LCD, yuk segera ke Blibli saja! Di Blibli, kamu juga bisa mendapatkan peralatan elektronik lainnya dengan berbagai promo dan voucher yang menarik, lho!