me

Perbedaan Tripod dan Monopod, Mana yang Lebih Pas Buatmu?

Jan 06, 2022.By Jarvis
Bagikan

Image Source: capturearena.com

Perbedaan Tripod dan Monopod – Pasti bete banget kan kalau di berbagai momen spesial ternyata hasil fotonya kabur, atau hasil videonya banyak goyangnya? Padahal kita kepingin banget bisa mengingat momen tersebut lewat foto dan video bersama orang-orang tersayang. Untungnya sekarang kita bisa pakai bantuan tripod atau monopod.

Keduanya adalah alat yang bisa jadi tempat kamera dan HP. Dengan pakai tripod atau monopod, hasil foto dan rekamanmu bisa jadi lebih baik dan berkualitas. Entah itu buat konsumsi pribadi atau kebutuhan profesional, keduanya bakal membantu banget!

Baca Juga: Beda Kebutuhan Beda Pula Tripod yang Digunakan, Berikut Tips Membelinya!


Perbedaan Tripod dan Monopod

Perbedaan Tripod dan Monopod
Image Source: mrfdn.com

Jadi sebenarnya apa beda antara tripod dan monopod? Sebaiknya kita pilih yang mana kalau ingin dapat hasil yang lebih bagus? Ini dia beberapa perbedaan keduanya yang perlu kamu tahu sebelum membeli:

Jumlah Kakinya

Seperti namanya, tripod punya 3 kaki-kaki. Bahkan sekarang ada juga yang punya 4 sampai 4 kaki. Tujuannya adalah kalau diletakkan dalam posisi berdiri, tripod jadi lebih stabil. Sementara monopod gagangnya hanya 1 saja, nggak bisa dijadikan kaki-kaki.

Cara Pakainya

Karena tripod punya kaki-kaki yang bisa direntangkan dan dikunci, jadi tripod bisa dibuat berdiri. Jadi saat dipakai kamu nggak perlu terus memegangi tripod. Tinggal letakkan saja di posisi yang paling bagus sudutnya untuk memotret atau merekam. Sekarang ada tripod yang dilengkapi dengan remote control, jadi bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Sementara itu, monopod bentuk dan fungsinya mirip dengan selfie stick atau tongkat selfie. Hanya saja, monopod lebih stabil karena bisa menyangga bobot yang lebih berat. Sementara selfie stick lebih ditujukan untuk menyangga HP saja.

Perbedaan Tripod dan Monopod
Image Source: manfrotto.com

Tingkat Kestabilannya

Kalau mau ambil gambar dan video yang sempurna banget kestabilannya, pastinya tripod lebih bisa jadi andalan. Soalnya tripod nggak perlu dipegang. Cukup diletakkan di dataran saja, lalu tinggal operasikan kamera secara manual atau pakai remote control. Kita nggak perlu kuatir tangan yang memegang kamera bakal bergetar dan bikin hasil jepretan bergoyang.

Sementara monopod harus dipegang dengan tangan. Jadi kemungkinan hasil gambar atau video bergoyang pasti ada. Tergantung kualitas kamera yang kita pakai juga. Kalau ada fitur untuk tingkat stabilitasnya, maka getaran nggak akan begitu mengganggu.

Monopod memang bisa mengambil gambar dari berbagai sudut karena lebih mudah digerakkan dari satu sudut ke sudut lainnya. Sementara untuk memindahkan tripod butuh usaha lebih. Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Ukuran dan Kepraktisannya

Tripod ukurannya jelas lebih besar. Apalagi kalau yang digunakan oleh fotografer profesional. Ada juga tripod mini yang bisa dilipat dan ukurannya kecil banget, cuma belasan sentimeter dalam keadaan terlipat. Kalau dipanjangkan, ukurannya bisa sampai ratusan sentimeter.

Sementara ukuran dan bobot minipod cenderung lebih kecil dan ringan. Untuk dibawa travelling, jelas monopod jadi pilihan yang lebih praktis. Tripod lebih cocok untuk kepentingan profesional, sementara monopod lebih pas untuk penggunaan amatir sampai semi profesional.

Rekomendasi Tripod dan Monopod yang Tersedia di Blibli

Sudah siap berburu tripod atau monopod? Ini dia rekomendasi terbaiknya yang bisa kamu dapatkan di Blibli:

Xiaomi Selfie Stick

Xiaomi Selfie Stick / Tongsis Bluetooth Shutter Tripod Holder

Xiaomi menawarkan selfie stick yang praktis banget dibawa travelling. Entah itu jalan-jalan bareng keluarga, pasangan, atau teman-teman terdekat, berbagai momen spesialmu bisa mudah diabadikan dengan bantuan tongsis ini. Xiaomi Selfie Stick saat dilipat panjangnya 19 cm, sementara kalau dipanjangkan 42 cm.

Kamu bisa mendapatkan Xiaomi Selfie Stick dengan harga Rp 165 ribuan. Terbuat dari alumunium alloy, bahannya ini kuat dan tahan lama, tapi tetap cukup ringan buat dibawa ke mana saja. Bobotnya cuma 152 gram saja.

Tongkat selfie ini dilengkapi dengan remote control yang bisa diisi dayanya dengan konektor microUSB. Kamu bisa mengatur tombol shutter dengan Bluetooth versi 3.0. Nyaman banget dan gampang dioperasikan oleh siapa saja, bahkan oleh amatir sekalipun.

VIVAN B01 Bluetooth Selfie Stick Mini Tripod

VIVAN B01 Bluetooth Selfie Stick Mini Tripod

Kalau lebih butuh tripod yang bisa menghasilkan foto dan video lebih stabil tapi mau ukuran yang kecil dan ringan, ada VIVAN B01. Selfie stick ini multifungsi karena bisa dijadikan tongsis sekaligus tripod. Jadi efisien banget untuk dibawa ke mana saja.

Didesain mini dan praktis, VIVAN B01 Bluetooth Selfie Stick Mini Tripod dipasarkan dengan harga Rp 180 ribuan. Ukurannya saat dilipat adalah 18.95 cm, sementara saat dipanjangkan adalah 55 cm. Bobotnya ringan hanya 160 gram saja karena terbuat dari alumunium alloy.

Tersedia remote kontrol dengan tombol shutter Bluetooth yang bisa dikendalikan dari Android dan iOS. Baterainya menggunakan Lithium CR1632 yang bisa diganti. Dengan pakai tripod mini dari VIVAN ini, kamu bisa dengan mudah memutar platformnya jadi vertikal atau horizontal.

Victory 3080 Tripod

Victory 3080 Tripod

Victory hadir dengan tripod yang bisa menahan beban hingga 4 kg. Jadi pas banget nih kalau kamu pakai kamera DSLR. Victory 3080 dilengkapi dengan 3 seksi kaki-kaki yang gampang direntangkan dan dikunci posisinya. Saat dibuat berdiri pun bisa stabil dan kokoh.

Terbuat dari alumunium, Victory 3080 Tripod dibanderol dengan harga Rp 949 ribuan. Panjang tripod ini dalam keadaan terlipat adalah 16 cm saja. Sementara kalau dipanjangkan bisa mencapai 154 cm. Ukurannya nyaman banget buat dibawa ke mana saja.

Fotopro Tripod Python Firekit Black Blue

Fotopro Tripod Python Firekit Black Blue

Bagi yang suka membuat konten untuk media sosial, tripod dari Fotopro ini bisa diandalkan. Bahannya terbuat dari karet dengan tingkat densitas tinggi yang dilapisi dengan robust dan plastik. Bobot tripod ini ringan, hanya 282 gram saja.

Dimensi Fotopro Tripod Python Firekit Black Blue adalah 300 x 50 x 70 mm. Kamu bisa mendapatkan tripod ini dengan harga Rp 319 ribuan. Kamu bisa menggunakan tripod Fotopro ini untuk merekam video sampai siaran langsung di media sosialmu.

Sirui W – 1004 Waterproof Tripod

Sirui W-1004 Waterproof Tripod

Kalau lagi butuh tripod yang bisa dipakai untuk berbagai aktivitas air, ada Sirui W – 1004. Tripod ini terbuat dari alumunium alloy yang kuat dan tahan air. Tinggi minimalnya hanya 5.7 inci saja, sementara tinggi maksimalnya adalah 65 inci.  Sirui W – 1004 Waterproof Tripod yang dibanderol dengan harga Rp 1.75 jutaan ini punya 4 kaki-kaki yang stabil.

Bagian kaki-kaki tripod Sirui W – 1004 ini terbuat dari karet, jadi aman banget dipakai untuk berbagai aktivitas air. Kaki karetnya ini bisa dilepas dan diganti dengan kaki-kaki yang terbuat dari stainless steel. Kuncinya juga mudah dioperasikan.


Baca Juga: Kamera Canon Terbaik Ini Cocok Untuk Hobi Fotografimu!

Sudah siap beli tripod supaya aktivitas fotografimu jadi lebih berkualitas? Kamu bisa mendapatkan pilihan tripod yang lengkap di Blibli. Nggak cuma itu, di Blibli kamu bisa dapat berbagai promo seru seperti voucher potongan harga, gratis ongkir, sampai cashback yang bisa dibelanjakan lagi. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, cek tripod atau monopod incaranmu di Blibli sekarang juga!

BELI TRIPOD KAMERA HARGA TERMURAH HANYA DI BLIBLI!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya