me

Kenali Perbedaan Scabies dan Jamur pada Kucing, Apa Saja?

Nov 06, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

lovetoknowpets.com

Perbedaan Scabies dan Jamur pada Kucing — Bagi para pecinta kucing, mungkin sudah mengetahui kalau dalam memelihara kucing memerlukan beberapa perawatan agar hewan peliharaan kita terhindar dari berbagai penyakit. Seperti penyakit scabies atau penyakit jamur, yang sering menyerang kesehatan kulit kucing. Mungkin bagi orang awam atau beberapa pemilik kucing, menganggap kedua penyakit tersebut sama.

Namun ternyata, penyakit scabies dan penyakit jamur memiliki perbedaan yang sangat besar. Meskipun keduanya sama-sama menyerang kesehatan kulit dan efek yang didapatkan kucing berupa gatal, iritasi, sampai kulit yang berkerak. Nah, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan scabies dan penyakit jamur pada kucing. Apa saja berbedaannya? Yuk, simak penjelasan berikut ini:

Baca juga: Cara Membuat Vitamin Kucing Sendiri 


Penyebab Scabies dan Jamur pada Kucing

petpintar.com

Mungkin sampai saat ini, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan dari penyakit scabies dan jamur yang sama-sama menyerang kulit kucing. Meskipun keduanya memiliki efek berupa gatal yang berlebih di kulit kucing, tetapi penyebab penyakit scabies dan jamur ternyata sangat berbeda. Lalu apa penyebab penyakit scabies dan jamur yang bisa menyerang kucing?

Scabies merupakan penyakit kulit kucing yang disebabkan adanya parasit berupa kutu atau tungau, yang kemudian bersarang di bulu kucing. Tak hanya itu, kutu tersebut juga bertelur di bawah bulu kucing, hal inilah yang kemudian menyebabkan efek gatal pada kucing. Rasa gatal inilah yang kemudian menimbulkan infeksi ketika digaruk oleh kucing.

Infeksi yang terjadi pada kulit inilah yang kemudian menyebabkan kulit kucing berkerak, dan jika dibiarkan atau tidak diobati maka kerak ini akan menjalar sampai ke seluruh tubuh. Sementara untuk penyakit jamur pada kucing, disebabkan adanya jamur yang ada di kulit kucing. Jamur tersebut biasanya disebut sebagai ringworm.

Sama seperti penyakit scabies, penyakit jamur pada kucing memberikan efek gatal di bagian tubuh yang terdapat jamur. Sementara yang membedakan kedua penyakit ini yaitu, penularannya. Jika penyakit scabies bisa ditularkan atau menular ke hewan berbulu lainnya atau manusia. Sedangkan, untuk penyakit jamur bisa tertular ke hewan berbulu lain tetapi tidak menular ke manusia.

Gejala Scabies dan Jamur pada Kucing

Selain penyebab, penyakit scabies dan jamur juga memiliki perbedaan lainnya yaitu, gejala yang ditimbulkan. Meskipun keduanya sama-sama penyakit yang menyerang kucing, namun penyebab penyakit ini sangat berbeda. Perbedaan gejala dari kedua penyakit ini juga diakibatkan adanya penyebab yang berbeda dari penyakit scabies dan jamur pada kucing.

Gejala yang bisa dikenali jika kucing kamu terkena scabies adalah kucing terlihat sering menggaruk, menjilat, hingga menggigit bagian tubuhnya. Bahkan gejala yang paling parah dari penyakit scabies yaitu, bulu kucing akan sering rontok atau bahkan mengalami kebotakan. Bukan hanya itu saja, kulit kucing yang terkena scabies akan terlihat kemerahan, dan juga terlihat beberapa luka koreng.

Selain itu, gejala penyakit scabies yang paling parah adalah kucing sampai bisa mengalami penurunan berat badan. Hal ini diakibatkan karena kutu yang ada di kulit kucing telah menghisap darah sekaligus nutrisi yang ada di kulit. Sementara itu, untuk gejala penyakit jamur biasanya kulit kucing terlihat berwarna kemerahan.

Penyakit jamur juga memiliki gejala berupa kulit kucing juga terlihat berketombe. Gejala lain yang bisa kamu jadikan tanda penyakit jamur pada kucing adalah kulit yang terlihat bersisik sampai mengalami kebotakan pada kulit. Dari sini dapat diketahui kalau gejala penyakit scabies dan jamur pada kucing sangat lah berbeda.

Cara Mengobati Scabies dan Jamur pada Kucing

Kalau kamu sudah mengetahui bahwa kucing kamu mengalami scabies atau jamur, maka langkah selanjutnya adalah segera mengobati kucing kamu. Karena jika kamu terlambat atau mengulur waktu maka, bisa berdampak membahayakan kesehatan kucing kamu. Jika tidak diobati segera maka scabies atau jamur itu akan menjalar sampai ke seluruh tubuh.

Ada beberapa cara untuk mengobati scabies dan jamur pada kucing, kamu bisa langsung membawanya ke dokter agar bisa diberikan resep obat yang mengatasi scabies dan jamur. Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara lain untuk mencegah scabies dan jamur tidak menjalar ke seluruh tubuh kucing kamu yaitu, dengan menggunakan sampo anti tungau sampai menggunakan cairan lime sulfur.

Kamu juga bisa menggunakan sampo parasite untuk mencegah adanya scabies dan jamur yang bisa menyerang kesehatan kulit kucing kamu.

Obat Scabies dan Jamur pada Kucing Paling Ampuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas kalau penyakit scabies dan jamur pada kucing sangat berbeda. Meskipun keduanya sama-sama merupakan penyakit kulit pada kucing namun gejala sekaligus penyebab scabies dan jamur sangat berbeda. Hal inilah yang kemudian mempengaruhi cara pengobatan yang berbeda pada kedua penyakit ini.

Jika biasanya untuk cara mengobati kucing yang mengalami scabies, kamu bisa langsung membawanya ke dokter, untuk bisa mendapatkan penanganan yang lebih serius. Biasanya dokter akan meresepkan obat untuk menyembuhkan scabies yaitu ivermectin, yang bisa berupa obat konsumsi, obat oles, atau bahkan obat suntik.

Pemilihan obat berdasarkan tingkat keparahan sampai area tubuh yang terkena scabies. Tak hanya itu, dokter juga memberikan obat pereda gatal, untuk mencegah agar kucing kamu tidak menggaruk bagian yang terkena scabies. Kemudian jika kulit sampai terinfeksi, maka dokter akan memberikan obat antibiotic seperti scabies dan jamur seperti Scadix Cat Spray dan Kepromec Obat Kucing

Sementara untuk jamur pada kucing bisa disembuhkan dengan cairan dari lime sulfur, dengan cairan tersebut dapat mensterilkan bulu kucing, sekaligus mencegah adanya pertumbuhan jamur. Selain itu, pengobatan jamur pada kucing juga bisa diberikan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Biasanya obat jamur pada kucing berupa obat oles atau obat salep seperti Saleb Scabies Kucing hingga CIGO Oil.

Cara Mencegah Scabies dan Jamur pada Kucing

Biasanya kucing yang terkena scabies dan jamur, akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penyembuhan bahkan bisa memakan waktu sampai berbulan-bulan. Maka dari itu, untuk kucing yang tengah mengalami scabies, pemilik bisa memisahkannya dari peliharaan berbulu lainnya. Hal ini dilakukan agar hewan lain tidak tertular scabies, sekaligus agar penyembuhannya lebih cepat.

Cara lain untuk mencegah scabies terjadi di kucingmu adalah dengan membersihkan rumah kamu atau lokasi-lokasi yang sering dikunjungi oleh kucing kamu. Karena bisa saja lingkungan yang kotor bisa menyebabkan adanya tungau yang kemudian hinggap di kulit kucing kamu. Maka dengan ini kamu bisa mencegah agar scabies tidak lagi terjadi ke kucing kamu.

Sementara itu, untuk pencegahan jamur pada kucing juga hampir sama dengan cara pencegahan pada penyakit scabies yaitu, dengan memisahkannya dari kucing atau hewan berbulu lainnya, sekaligus memastikan lingkungan tempat tinggal kucing bersih. Lingkungan yang dimaksud disini adalah rumah atau lokasi-lokasi tertentu yang sering dikunjungi kucing kamu.

Selain itu, ada satu cara yang harus dilakukan oleh para pemilik kucing untuk mencegah agar scabies dan jamur tidak menjangkit hewan peliharaan mereka yaitu, menggunakan sampo parasite. Penggunaan sampo parasite ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali dan saat sedang mandi. Jika menggunakan sampo parasite ini bisa mencegah kucing kamu dari penyakit scabies atau jamur.

Scabies cream salep kulit kucing anjing 15 gr Raid all 15gr


Baca juga: Jangan Sepelekan Kucing! Ini Manfaat Pelihara Kucing

Nah, itu dia perbedaan scabies dan jamur pada kucing, yang bisa kamu jadikan panduan untuk menyembuhkan kucing kamu dari penyakit scabies dan jamur. Sehingga, penyakit scabies dan jamur yang bisa menjangkit kucing kamu tidak akan menular ke hewan yang lain. Kamu juga bisa membeli obat penyembuh scabies dan jamur pada kucing melalui Blibli.

Semua obat tersebut bisa kamu beli di Blibli dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi tunggu apa lagi? Segera download dan beli obat scabies dan jamur pada kucing yang kamu inginkan di Blibli sekarang juga!

Tag: