Sudah Tahu? Ini Perbedaan Oven dan Microwave

Perbedaan Oven dan Microwave

Perbedaan Oven dan Microwave ー Buat kamu yang biasa berkutat di dapur, pastilah familiar dengan oven dan microwave. Kedua perangkat elektronik ini memang lazim banget ditemukan di dapur-dapur modern. Bentuknya yang compact juga bisa memberikan kesan mewah di dapurmu.

Bicara soal penampilan, oven dan microwave memang mirip banget. Sehingga, nggak heran jika banyak orang yang salah kaprah dalam membedakan keduanya. Padahal, kalau kamu lihat baik-baik, kamu bisa temukan perbedaan oven dan microwave, lho. Yuk, baca ulasan lebih lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: MICROWAVE HEMAT LISTRIK UNTUK MELENGKAPI DAPURMU

________________

  1. Perbedaan dari Fungsi dan Hasil Masakan

Salah satu perbedaan oven dan microwave yang paling kelihatan adalah dari segi fungsinya. Oven pada dasarnya digunakan buat baking. Jadi, kalau kamu ingin memanggang kue, roti, atau produk baking lainnya, peralatan yang kamu butuhkan adalah oven. Hasil masakan dari oven juga bakal terlihat lebih renyah di luar tapi lembut di dalam. Sedangkan, kalau kamu pakai microwave buat memanggang, hasilnya bakal kurang maksimal. Soalnya, fungsi microwave memang cuma buat menghangatkan makanan. Bukan buat mematangkan makanan. Jadi, untuk aktivitas memasak, lebih baik kamu pakai oven.

  1. Perbedaan Kecepatan Proses Pemanasan

Perbedaan oven dan microwave lainnya bisa kamu lihat dari kecepatan proses pemasakan. Proses pemanasan pada microwave memang lebih relatif cepat dibandingkan oven model manapun. Sedangkan, oven punya proses pemanasan yang lebih lambat kalau dibandingkan dengan microwave. Masing-masing oven punya proses pemanasan yang berbeda-beda. Kalau kamu cari oven dengan tingkat pemanasan yang lebih cepat, sebaiknya pilih oven model gas. Kalau buat aktivitas baking yang santai, oven listrik lebih tepat buat kamu.

  1. Perbedaan dari Segi Cara Penggunaan

Penggunaan oven dan microwave sebenarnya lumayan mirip. Kamu harus menggunakan perangkat masak yang tahan panas sebelum menggunakan peralatan memasak tersebut. Tapi, untuk menggunakan oven memang sedikit lebih ribet dibandingkan menggunakan microwave. Kalau kamu menggunakan microwave, kamu hanya perlu mengatur lamanya waktu pemanasan makanan. Masukkan makanan yang ingin kamu hangatkan, dan biarkan perangkat elektronik tersebut bekerja. Pastikan wadah yang kamu gunakan memang didesain khusus buat food processing.

Lain soal kalau kamu memakai oven. Kamu perlu buat menentukan suhu oven dan durasi memanggang yang tepat. Model oven tradisional biasanya harus kamu pantau dari waktu ke waktu. Kalau nggak gitu, bisa-bisa kue atau makanan panggangan jadi gosong. Tapi, pekerjaanmu jadi terasa lebih enteng kalau kamu pakai oven model modern. Oven modern biasanya sudah dibekali dengan timer. Jadi, kamu bisa menggunakan fitur itu setelah memasukkan masakan ke dalam oven.

  1. Konsumsi Listrik Energi yang Dibutuhkan

Nah, informasi ini wajib banget buat kamu ketahui sebelum membeli perangkat oven atau microwave. Perbedaan oven dan microwave juga bisa kamu lihat dari konsumsi listrik yang dibutuhkan. Kebanyakan orang terkecoh dengan deskripsi konsumsi daya listrik yang lebih rendah pada oven. Tapi, kamu harus lebih teliti! Karena sistem pemanasan oven yang lebih lama, otomatis konsumsi daya listrik yang dimiliki perangkat oven ini jadi lebih besar dibandingkan microwave.

Sebaliknya, microwave memang memiliki konsumsi daya listrik yang “terlihat” lebih besar dibandingkan oven. Tapi, proses pemanasan perangkat microwave memang lebih cepat dibandingkan oven. Soal lebih hemat yang mana, sebenarnya itu lebih bergantung pada penggunanya saja, Blibli Friends. Kalau kamu sering banget pakai oven dan microwave, jangan kaget kalau biaya tagihan listrikmu jadi melonjak.

BACA JUGA: TIPS BAKING UNTUK PEMULA

________________

Itulah perbedaan oven dan microwave. Butuh beli oven atau microwave? Kamu bisa cari di Blibli, lho. Selain oven dan microwave, perangkat elektronik lainnya untuk memasak juga bisa kamu temukan dengan harga murah di Blibli. Pokoknya jika peralatan dapurmu lengkap, apa pun aktivitas memasakmu bakal jadi terasa lebih menyenangkan!

DAPATKAN OVEN DAN MICROWAVE TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY