me

Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS, Sudah Tahu?

Dec 01, 2020.By Rio
Bagikan

image source: blog.elevenia.co.id

Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS – Nmax adalah salah satu skuter dengan transmisi otomatis keluaran Yamaha. Sepeda motor ini pertama kali dirilis di tahun 2015 dan masih diproduksi sampai sekarang. Skuter ini diproduksi dan dipasarkan utamanya untuk pengendara sepeda motor di Indonesia. Karena itu peluncuran resminya pun diselenggarakan di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, pada bulan Februari 2015.

Yamaha Nmax dirakit di PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sedangkan pemasarannya dilakukan secara global. Saat ini konsumen bisa memilih 2 varian yaitu Yamaha Nmax ABS dan Non ABS. Lalu apa perbedaan Nmax ABS dan Non ABS dan manakah yang lebih bagus? Sebelum menjatuhkan pilihan, yuk simak dulu info lengkap tentang kedua skuter ini.

BACA JUGA : Daftar Motor Matic Terbaru Beserta Spesifikasi Harganya


Yamaha Nmax ABS

Generasi pertama Yamaha Nmax diproduksi sejak tahun 2015 – 2020. Sedangkan generasi keduanya diproduksi sejak tahun 2020 hingga sekarang. Generasi yang terbaru dinamakan All New Yamaha Nmax 2021. Desain versi terbarunya ini terlihat lebih sporty dan agresif, tapi kesan elegannya tetap dipertahankan. Secara keseluruhan, desain Nmax generasi pertama tetap bisa kita lihat.

Mengenai fitur Anti Lock Braking System (ABS) sebenarnya sudah diperkenalkan pada Yamaha Nmax keluaran 2019. Dengan ABS, pengemudi bisa mengendalikan motor dengan lebih baik. Roda nggak akan terkunci meski kita mengerem secara mendadak. Untuk jalanan yang licin dan yang medannya lebih berat, sistem ini jelas lebih memberikan rasa aman bagi pengendara dan pembonceng.

Saat ini kamu bisa mendapatkan Yamaha Nmax dengan sistem pengereman ABS seharga Rp 32.26 jutaan untuk harga On The Road DKI Jakarta. Dilihat dari dimensinya, Yamaha Nmax termasuk skutik yang bongsor. Panjangnya 1935 mm, lebarnya 740 mm, dan tingginya 1160 mm. Jarak sumbu rodanya 1340 mm dengan jarak terendah ke tanah 124 mm. Sedangkan bobotnya 130 – 132 kg.

Yamaha Nmax generasi paling baru ini paling cocok untuk pengendara yang tinggi badannya 170 cm ke atas. Pasalnya, permukaan tempat duduknya lebar. Jadi meskipun tinggi joknya masih sama dengan generasi sebelumnya, 765 cm, tapi untuk pengendara yang tingginya kurang dari itu bakal terasa kurang nyaman. Posisi kakinya pas banget untuk postur 170 cm ke atas.

Yamaha Nmax Non ABS

Memahami kebutuhan pasar, Yamaha tetap menghadirkan Yamaha Nmax Connected Non ABS. Posisinya berada di tengah antara versi Standard Nmax Non ABS dan ABS. Jadi pada intinya varian Non ABS dari Nmax kini ada 2 yaitu Nmax Standard dan Nmax Connected. Selisih harga antara keduanya nggak begitu jauh. Yang jelas, keduanya sama-sama nggak dilengkapi sistem pengereman ABS.

Yamaha Nmax Non ABS saat ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 29. 75 jutaan hingga Rp 30.7 jutaan untuk OTR DKI Jakarta. Perbedaan antara versi Standar dan Connected Non ABS ada;ah yang standar nggak dilengkapi dengan fitur Y-Connect yang bisa mengendalikan motor lewat aplikasi mobile. Selain itu, varian standar juga belum menggunakan model kunci smart key atau keyless.

Yamaha Nmax Non ABS menggunakan mesin silinder tunggal yang berkapasitas 155 cc, 4 stroke, SOHC, dengan katup dan berpendingin cairan. Menggunakan bahan bakar bensin, mesinnya mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 15.1 hp pada 8000 rpm. Sedangkan torsinya mampu mencapai angka maksimal 13.9 Nm pada 6500 rpm.

Dimensi Yamaha Nmax Non ABS sama persis dengan varian yang menggunakan ABS. Untuk pilihan warnanya saat ini ditawarkan 5 pilihan. Kelimanya adalah Matte Black, Matte Blue, Prestige, Glossy, dan Matte Red. Varian Prestige yang baru hadir di tahun 2021 menarik perhatian karena kesannya yang lebih elegan dan mewah.

Perbedaan Eksterior Nmax ABS dan Non ABS

Yamaha Nmax ABS dan Non ABS dibangun dengan sasis dan kaki-kaki yang sama. Sehingga saat dilihat secara sekilas saja, maka kita nggak akan melihat adanya perbedaan dari sisi eksteriornya. Apalagi varian warna yang dilepas ke pasaran pun sama persis, yaitu kelima warna yang sudah disebutkan sebelumnya. Tapi kalau diperhatikan dengan lebih teliti, pasti kita akan melihat perbedaannya.

Perbedaannya memang kecil banget. Yaitu pada stiker dan detail yang ada di speedometer. Varian Nmax ABS terdapat stiker ABS khusus, sementara varian Non ABS pastinya nggak ada. Selain itu, di speedometer ada indikasi khusus sistem ABS, sedangkan di varian Standard dan Connected Non ABS tentu saja nggak ada indikator ini.

Perbedaan Interior Nmax ABS dan Non ABS

Dari sisi interior, sebenarnya nggak ditemukan adanya perbedaan antara Yamaha Nmax Standar, Nmax Connected Non ABS, dan Nmax ABS. Kapasitas bagasi Yamaha Nmax terbilang luas, yaitu mencapai 23 liter. Di dalam bagasi kita bisa menyimpan helm model half face hingga full face sekalipun. Kita juga bisa memasukkan jaket yang bahannya nggak terlalu tebal. Jas hujan juga tentunya bisa disimpan di sini.

Selain itu, melihat ke jeroannya masih ada satu lagi persamaan, yaitu pada kapasitas tangki bensinnya yang sama-sama berkapasitas 7.1 liter. Kapasitas ini sudah dirancang lebih besar dari generasi sebelumnya yang hanya 6.6 liter saja. Dengan sistem bahan bakar fuel injection, Yamaha Nmax termasuk irit konsumsi bahan bakarnya. Jarak tempuh skuter ini bisa mencapai 262 km hingga 284 km.

Perbedaan Fitur Nmax ABS dan Non ABS

Perbedaan fitur antara kedua varian ini jelas dari sistem pengeremannya. Varian ABS bisa dikatakan lebih premium dan membuat pengendara lebih aman di berbagai medan. Saat harus mengerem di tengah melaju kencang atau dalam kondisi hujan pun, roda nggak akan terkunci. Pengemudi jadi lebih mudah mengendalikan skuter. Varian Non ABS nggak memiliki fitur ini.

Karena nggak menggunakan sistem ABS, maka Yamaha Nmax Non ABS pun nggak memiliki beberapa elemen yang mendukung sistem pengereman ini. Beberapa elemen yang nggak dimiliki adalah hidrolik ABS dan ECU ke ABS.

Perbedaan Spesifikasi Nmax ABS dan Non ABS

Sedangkan dari segi spesifikasi, sebenarnya nggak ada perbedaan antara Yamaha Nmax ABS dan Non ABS. Dimensinya sama, mesin yang digunakan pun sama. Jadi tenaga, kapasitas bahan bakar, hingga daya yang mampu dikeluarkan pun sama persis. Rem, suspensi, dan berbagai detail lainnya pun sama persis. Bahkan warna yang dihadirkan pun nggak dibuat berbeda.


BACA JUGA : Oli Motor Matic yang Bagus Untuk Jarak Jauh

Jadi mau pilih mana antara Yamaha Nmax ABS dan Non ABS? Apa pun pilihanmu, pastikan sesuai dengan kebutuhanmu sehari-hari. Jangan lupa dapatkan Yamaha Nmax dalam berbagai varian di Blibli karena di sini kamu akan menemukan dealer yang terpercaya. Metode pembayarannya beragam dan ada promo menarik yang bikin belanjamu jadi lebih murah! Jadi, yuk cek Yamaha Nmax incaranmu sekarang juga!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya