me

Perbedaan Nabi dan Rasul Beserta Daftar Namanya

Aug 31, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source: archive.boston.com

Perbedaan Nabi dan Rasul – Blibli Friends, sudah tau apa belum perbedaan antara Nabi dan Rasul? Nabi dan Rasul merupakan  manusia pilihan yang diutus oleh Allah SWT, dimana setiap Rasul juga merupakan seorang Nabi, tetapi setiap Nabi belum tentu mendapatkan wahyu yang didapat oleh Rasul. Lalu, apa saja sih perbedaan Nabi dan Rasul dan apa saja sifat-sifatnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 


5 Perbedaan Nabi dan Rasul

Image Source: www.pexels.com/Michael Burrows
Nabi dan Rasul adalah manusia pilihan yang diutus oleh Allah untuk berdakwah pada setiap kaumnya. Apakah kamu tahu bahwa Nabi dan Rasul itu ternyata memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya? Yuk cari tahu disini.

  1. Peruntukan Wahyu Nabi dan Rasul

Nabi menerima wahyu yang khusus diberikan oleh Allah SWT untuk diamalkan dalam kehidupan kesehariannya, Sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri dan untuk disampaikan ke kaumnya.

  1. Cara Turunnya Wahyu yang diterima Nabi dan Rasul

Selain peruntukan yang berbeda, cara turun wahyu pun berbeda yaitu Nabi hanya menerima wahyu lewat mimpi. Sedangkan seorang Rasul bisa menerima wahyu melalui mimpi dan melalui malaikat, bahkan bisa melihat dan berkomunikasi dengan malaikat.

  1. Pengutusan Nabi dan Rasul

Nabi diutus untuk meluruskan kaum yang telah beriman, sedangkan Rasul diutus oleh Allah SWT untuk berdakwah pada kaum kafir/ belum beriman.

  1. Jumlah Nabi dan Rasul

Salah satu yang membedakan Nabi dan Rasul adalah jumlah itu sendiri, jumlah Nabi sangat banyak kurang lebih sampai 124 ribu. Untuk jumlah Rasul hanya sebanyak 312. Selain itu semua Rasul adalah Nabi, tetapi Nabi belum tentu adalah Rasul.

  1. Ada Nabi yang dibunuh kaumnya

Ada beberapa Nabi yang terbunuh oleh kaumnya, sedangkan seluruh Rasul yang diutus oleh Allah SWT mendapatkan mukjizat untuk selalu diselamatkan dari percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh siapapun termasuk kaumnya.

Sifat – sifat Nabi dan Rasul

Ada beberapa sifat yang wajib Nabi dan Rasul dan bisa kita teladani. Sifat-sifat tersebut antara lain:

  1. Shiddiq

Sifat Shiddiq juka diartikan yaitu Benar. Dapat diartikan bahwa semua perkataan Nabi dan Rasul merupakan kebenaran, sehingga mustahil bagi nabi dan Rasul jika sampai berbohong karena Nabi dan Rasul selalu dijaga oleh Allah SWT baik dalam ucapan maupun perbuatan.

  1. Amanah

Arti dari Amanah adalah dapat dipercaya atau terpercaya. Hal ini menunjukkan bahwa mustahil jika Nabi dan Rasul sampai berkhianat, karena Nabi dan Rasul selalu dipercaya untuk menerima wahyu dari Allah dan memelihara keutuhan dan kebenarannya sampai dengan menyampaikan wahyu pada umatnya.

  1. Tabligh

Arti dari Tabligh adalah menyampaikan. Hal ini jelAs bahwa Nabi dan Rasul mempunyai sifat tabligh karena dapat menyampaikan wahyu yang diterima dari Allah SWT kepada umatnya. Jadi mustahil jika Nabi dan Rasul  menyembunyikan wahyu dari Allah SWT untuk umatnya.

  1. Fathanah

Fathanah artinya adalah cerdAs. Hal ini menunjukkan bahwa Nabi dan Rasul dianugerahi kecerdasan oleh Allah SWT sehingga mampu menerima wahyu dan mengajak manusia untuk selalu beriman dan berada di jalan yang lurus dan diridhoi oleh Allah SWT. Mustahil jika Nabi dan Rasul tidak mengerti apa-apa atau bodoh.

Daftar Nama Nabi dan Rasul

00

Ada 25 Nabi dan Rasul yang wajib untuk kita Imani. Berikut adalah daftar nama Nabi dan Rasul yang wajib diimani oleh umat islam:

  • Nabi Adam AS : merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT dan menjadi khalifah pertama di bumi.
  • Nabi Idris AS : adalah keturunan keenam Nabi Adam AS, dan merupakan Nabi yang mula-mula mengetahui ilmu astronomi dan ilmu kalam (menulis).
  • Nabi Nuh AS: diberikan mukjizat oleh Allah SWT yaitu membuat bahtera yang besar untuk menyelamatkan kaumnya dan berpasang-pasang binatang dari banjir bandang besar.
  • Nabi Hud AS : diutus untuk mengajak kaum Aad agar berhenti menyembah berhala dan menyembah kepada Allah.
  • Nabi Saleh AS : diberi mukjizat oleh Allah SWT berupa seekor unta betina yang bisa berbicara dan lahir dari celah-celah batu.
  • Nabi Ibrahim AS : diutus oleh Allah SWT pada kaum Tsamud, diberi mukjizad nggak bisa terbakar oleh api. Beliau juga dijuluki bapak para Nabi dan berhasil membangun Ka’bah bersama anaknya, Ismail As.
  • Nabi Luth AS : diutus oleh Allah SWT pada kaum Sodom dan Gomora (Yordania) yang memiliki perilaku seks menyimpang.
  • Nabi Ismail AS : merupakan putra dari Nabi Ibrahim As dan Siti Hajar. Beliau bersama Nabi Ibrahim membangun Ka’bah yang sekarang menjadi pusat kiblat umat Islam.
  • Nabi Ishaq AS : merupakan putra kedua Nabi Ibrahim As yang melanjutkan dakwah ayahnya di Jabrun.
  • Nabi Ya’qub AS: putra dari Nabi Ishaq As yang memiliki karakter yang kuat dan iman yang luar biasa
  • Nabi Yusuf AS : putra ke-12 Nabi Yaqub yang dianugerahi oleh Allah SWT mukjizat berupa kelebihan bisa menafsirkan mimpi.
  • Nabi Ayyub AS : merupakan salah satu Nabi tersabar dan diutus untuk penduduk romawi.
  • Nabi Syu’aib AS : diutus untuk kaum Madyan.
  • Nabi Musa AS : diutus untuk bani Israil dan dianugerahi mukjizat melalui tongkatnya untuk mengalahkan Fir’aun.
  • Nabi Harun AS: saudara Nabi Musa yang mendampingi Nabi Musa ketika berdakwah.
  • Nabi Zulkifli AS: dikenal dengan sifat dermawannya dan satu-satunya anak Nabi Ayyub yang selamat dari reruntuhan.
  • Nabi Daud AS: dianugerahi mukjizat berupa kitab Zabur dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan burung juga melunakkan besi.
  • Nabi Sulaiman AS: merupakan seorang raja dari kerajaan yang sangat besar dengan mukjizat bisa berbicara dengan binatang.
  • Nabi Ilyas AS: diutus pada Bani Israil yang menyembah berhala bernama Ba’al.
  • Nabi Ilyasa AS: diutus berdakwah pada Bani Israil dan Arami agar kembali ke jalan Allah SWT.
  • Nabi Yunus AS: diutus untuk penduduk Syam. Beliau juga pernah selamat setelah ditelan oleh ikan.
  • Nabi Zakaria AS: merupakan keturunan dari Nabi Sulaiman As dan paman dari Siti Maryam yang diutus untuk bani Israil.
  • Nabi Yahya AS: merupakan putra dari  Nabi Zakaria As yang memiliki integritas tinggi.
  • Nabi Isa AS: terlahir dari perempuan suci Siti Maryam, dan memiliki mukjizat sudah bisa berbicara dari bayi. Selain itu beliau juga dianugerahi mukjizat berupa kitab Injil yang menjadi kitab dari umat Nasrani.
  • Nabi Muhammad AS: Nabi dan Rasul terakhir dan utusan untuk seluruh umat manusia. Mukjizat yang dianugerahkan Allah pada Nabi Muhammad sangat banyak, yang terbesar adalah Al-Qur’an yang menjadi kitab terakhir penyempurna kitab-kitab sebelumnya.

_______________________________________________

Baca juga: Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban saat Idul Adha

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan Nabi dan Rasul beserta sifat-sifatnya. Tentunya sebagai umat Islam, harus mengimani Nabi dan Rasul terutama 25 Nabi dan Rasul yang wajib di Imani, pengetahuan ini juga harus ditanamkan kepada anak sedari kecil. Nah kamu bisa mendampingi si kecil belajar Al-Qur’an dengan mudah bersama Al Qolam yang bisa didapatkan hanya di Blibli.

DAPATKAN KOLEKSI AL QOLAM TERLENGKAP HANYA DI SINI!

Tag: