Perbedaan Margarin dan Mentega, Serupa tapi Tak Sama

Perbedaan Margarin dan Mentega

Perbedaan Margarin dan Mentega ー Margarin dan mentega, merupakan bahan makanan yang sangat akrab dengan hari-hari kita. Selain dijadikan sebagai campuran bahan bikin roti, kue kering hingga olesan, keduanya juga sering dipakai dalam aneka resep masakan.

Namun sayangnya, nggak sedikit yang masih kerap keliru dan salah kaprah membedakan keduanya, lho. Cukup banyak yang sering asal-asalan dalam menyebut, siapa sangka ternyata margarin dan mentega memiliki perbedaan yang sangat besar. Yuk, intip apa saja perbedaan keduanya dalam ulasan di bawah ini:

BACA JUGA: 4 Resep Dari Produk Olahan Susu Ini Bisa Kamu Coba!

____________________

1. Sama-Sama Kuning, Tapi Warna Margarin dan Mentega…

Nggak sulit kok, untuk membedakan mana si margarin dan mana yang mentega. Kamu cukup melihat warnanya saja. Keduanya memang sama-sama berwarna kuning, tapi margarin warnanya lebih ke kuning pekat, sedangkan mentega memiliki warna kuning pucat.

2. Bahan Pembuat Margarin dan Mentega

Perbedaan antara margarin dan mentega selanjutnya adalah bahan pembuatnya. Margarin dibuat dari lemak nabati, kalau mentega dibuat dari lemak hewani sebagai bahannya. Karena itulah, margarin lebih aman dikonsumsi oleh mereka yang vegetarian.

3. Aroma yang Dihasilkan Margarin dan Mentega

Karena dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang berbeda, margarin dan mentega menghasilkan aroma khas berbeda pula. Nggak seperti margarin yang aromanya tak terlalu kuat, mentega punya wangi khas susu yang dipanggang. Pantas kalau mentega banyak digunakan dalam resep cake dan kue.

4. Tekstur Margarin dan Mentega

Cara mudah membedakan margarin dan mentega adalah melalui tekstur. Margarin lebih lembek dibanding mentega yang bertekstur padat. Meski begitu titik leleh mentega lebih rendah dibanding margarin, yakni 33 – 35 derajat Celcius. Sedang margarin memiliki titik leleh tinggi, yakni 37 – 42 derajat.

5. Teknik Penyimpanan Margarin dan Mentega

Untuk menyimpan margarin nggak ribet. Kamu tak perlu memasukkannya ke dalam lemari pendingin karena margarin nggak mudah leleh. Berbeda dengan mentega yang gampang banget meleleh, sehingga kamu perlu menyimpannya di lemari pendingin kalau mau menteganya lebih awet.

6. Kandungan Air Margarin dan Mentega

Kandungan air menjadi hal selanjutnya yang membedakan margarin dan mentega. Margarin memiliki kandungan air sebanyak 16 %, sementara mentega sebesar 20 % meski ia memiliki tekstur yang lebih padat. Karena kandungan airnya yang lebih banyak membuat mentega lebih mudah meleleh.

7. Kandungan Lemak Margarin dan Mentega

Lantaran bahan dasar pembuatannya berbeda, maka kandungan lemak di dalam margarin dan mentega pun nggak sama. Martarin punya kandungan lemak tak jenuh. Sementara itu dalam mentega terkandung lemak jenuh hingga sebanyak 80 %. Mentega juga punya kandungan kolesterolnya yang tinggi.

8. Proses Pengolahan Margarin dan Mentega

Teknik pengolahan margarin dan mentega juga sama sekali berbeda. Kalau margarin hanya bisa diolah di pabrik, mentega bisa melalui proses pengolahan di rumah karena tekniknya melalui proses pasteurisasi. Karena itu mentega juga dapat dijadikan sebagai produk home industry.

9. Fungsi dan Kegunaan Margarin dan Mentega

Well, sebenarnya kalau dilihat dari kegunaannya, baik margarin maupun mentega nggak jauh berbeda. Meski begitu margarin lebih banyak digunakan untuk kebutuhan menggoreng hingga mengolesi roti, pancake atau camilan lain. Sedang mentega seringnya diolah sebagai bahan kue.

10. Harga Margarin dan Mentega

Terakhir, dilihat dari harganya di pasaran, margarin dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan mentega. Faktor harga ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan proses pembuatannya dan juga bahan baku margarin dan mentega.

____________________

BACA JUGA: Perbedaan Keju Mozarella, Cheddar, dan Parmesan

Mau bikin kue dengan mentega atau goreng-goreng pakai margarin? Yuk, temukan dua bahan makanan berkualitas pilihan dari merk favorit di Blibli aja, ya. Selain margarin dan mentega, Blibli juga jual aneka produk kebutuhan dapur lainnya, lho. Dengan Blibli, kamu jadi lebih mudah untuk mendapatkan segala bahan makanan terbaik tanpa perlu keluar rumah, deh.

BELI MENTEGA BERKUALITAS DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY