Perbedaan Lensa Blueray dan Bluecromic

Perbedaan Lensa Blueray dan Bluecromic
Image Source: standard.co.uk

Perbedaan Lensa Blueray dan Bluecromic – Kesehatan sangat penting dijaga agar bisa tetap memiliki fungsi normalnya hingga usia tua. Tapi dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini, penggunaan gadget sangat sulit dihindari. Karena itu, dibuatlah kacamata dengan berbagai fitur yang mampu melindungi indera penglihatan kita.

Di antaranya ada kacamata yang berlensa blueray dan bluecromic. Apa sebenarnya lensa Blueray dan bluecromic? Apakah keduanya sama saja atau berbeda? Jangan bingung lagi, yuk simak ulasannya di bawah ini sebelum memilih kacamata yang tepat untukmu.

Apa Itu Lensa Blueray dan Bluecromic?

Image Source: tckpublishing.com

Lensa blueray adalah lensa yang dapat menangkal bahaya dari radiasi sinar biru atau blue ray. Sinar biru ini biasanya dipancarkan dari gawai seperti PC, laptop, tablet, dan ponsel. Aktivitas sehari-hari kita saat ini susah lepas dari gawai. Karena itu kita bisa melindungi mata dengan kacamata berlensa blueray.

Lensa blueray nggak hanya melindungi mata kita dari sinar biru saja, lho. Kacamata yang meggunakan lensa blue ray juga akan melindungi mata dari pancaran radiasi sinar UV dari matahari. jadi kacamata berlensa blueray bermanfaat melindungi mata dari 2 jenis radiasi sekaligus.

Lalu apa itu lensa bluecromic? Ini adalah lensa turunan dari photocromic, yaitu lensa yang memadukan blueray dan photocromic. Lensa bluecromic bisa berwarna bening seperti kacamata pada umumnya. Tapi saat terkena sinar matahari, lensanya akan berubah warna jadi gelap secara otomatis.

Lensa bluecromic juga memiliki 2 fungsi, yaitu melindungi mata kita dari pancaran sinar UV yang berasal dari matahari dan menahan sinar biru yang dipancarkan dari berbagai jenis gawai. Baik lensa blueray maupun bluecromic bisa digunakan untuk jenis kacamata minus, silinder, dan plus.

Kelebihan Lensa Blueray dan Bluecromic

Perbedaan Lensa Blueray dan Bluecromic
Image Source: tomsguide.com

Dengan teknologi yang semakin maju, kini lensa kacamata pun sudah bisa diandalkan untuk melindungi indera penglihatan kita dari berbagai macam sinar matahari. Salah satu jenis lensa yang banyak digunakan untuk kacamata saat ini adalah lensa blueray dan bluecromic.

Kedua jenis lensa ini memiliki kelebihan bisa melindungi mata kita dari radiasi sinar UV yang terpancar dari matahari. Sinar UV jika langsung terpapar ke mata telanjang dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata.

Jenis kerusakan pada retina mata yang disebabkan oleh sinar UV beragam. Ada yang disebut retinopati surya. Ada juga keratitis UV atau luka bakar pada permukaan kornea. Kerusakan akibat sinar UV yang lain adalah pterygium atau tumbuhnya selaput putih pada mata.

Selain melindungi mata dari sinar UV, kelebihan lainnya dari lensa blueray dan bluecromic adalah melindungi mata dari sinar biru yang dipaparkan gawai maupun matahari. Sinar biru bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada mata. Di antaranya adalah glaukoma, degeneratif retina, dan meningkatkan risiko katarak.

5 Perbedaan Lensa Blueray dan Bluecromic

Perbedaan Lensa Blueray dan Bluecromic
Image Source: trueclassic.com

Sebenarnya kedua lensa untuk kacamata kekinian ini punya fungsi yang hampir sama, tapi tetap saja kedua lensa ini berbeda jenis. Sebenarnya apa perbedaan antara lensa blueray dan bluecromic?

  1. Perubahan Warna

Perbedaan yang paling jelas antara kedua jenis lensa ini adalah warnanya. Saat berada di dalam ruangan, kacamata yang berlensa blueray maupun bluecromic sebenarnya bisa terlihat sama saja. Perbedaan baru akan terlihat jelas saat kita berada di luar ruangan di pagi atau siang hari.

Saat masih ada matahari di pagi dan siang hari, kacamata yang menggunakan lensa bluecromic warnanya akan langsung berubah menjadi gelap. Perubahan warna ini memberi efek perlindungan pada sinar UV yang lebih besar. Sementara lensa blueray tidak berubah warna meski terkena sinar matahari.

  1. Perbedaan Fungsi

Karena perubahan warna pada lensa bluecromic, maka kacamata yang menggunakan lensa ini bisa digunakan di siang hari sebagai ganti kacamata hitam. Meski begitu, kadar gelapnya tidak segelap kacamata hitam normal ya.

Nah, untuk kacamata blueray kita nggak bisa memfungsikannya sebagai kacamata hitam. Jadi saat keluar ruangan, kita tetap harus menggunakan kacamata hitam yang berbeda. Kacamata hitam juga bisa menggunakan lensa blueray agar semakin melindungi mata.

  1. Perbedaan Menangkal Sinar Biru

Lensa blueray sudah lebih dulu muncul dibandingkan lensa bluecromic. Karena itu, kemampuan menangkal sinar biru dari gawai disebut-sebut lebih baik lensa bluecromic yang merupakan inovasi lebih baru. Sinar biru yang sangat kuat masih bisa menembus lensa blueray.

  1. Pemakaian di Siang atau Malam Hari

Kalau lensa blueray kurang bisa menangkap sinar matahari di pagi dan siang hari, tapi lensa ini nyaman digunakan di malam hari. Saat kita menyetir dan mata terkena cahaya lampu, lensa blueray mampu meredupkannya sehingga tidak terlalu mengganggu saat menyetir.

Lensa bluecromic juga memiliki blueray, jadi juga memiliki fungsi yang sama di malam hari. Jadi lensa bluecromic nyaman dipakai di dalam maupun luar ruangan, siang ataupun malam hari. Sementara lensa blueray hanya nyaman dipakai di luar ruangan saat malam hari saja.

  1. Perbedaan Harga

Perbedaan lensa blueray dan bluedromic yang terakhir bisa dilihat dari harga jualnya, nih. Lebih mahal yang mana? Karena lensa bluecromic bisa memiliki dua fungsi sebagai kacamata di dalam dan luar ruangan, maka harga kacamata berlensa bluecromic memang lebih mahal dibandingkan blueray.

Rekomendasi Kacamata Blueray

Perbedaan Lensa Blueray dan Bluecromic
Image Source: www.imagecenter.org

Mau coba kacamata berlensa blueray? Ini dia 3 rekomendasinya untuk kamu:

  1. Kacamata Blueray untuk Anak

BRIGHT ON Kacamata Anak Anti Radiasi Blueray UV Blue 5161 Unisex
BRIGHT ON Kacamata Anak Anti Radiasi Blueray UV Blue 5161 Unisex

Anak-anak kini lebih berisiko terpapar sinar biru lebih banyak dibandingkan pada saat kita kecil. Banyak aktivitas mereka yang menggunakan laptop atau ponsel. Karena itu, lindungi mata si kecil dengan kacamata blueray. Frame kacamata blueray untuk anak biasanya warna-warni dengan bentuk yang lebih variatif.

  1. Kacamata Blueray dengan Beragam Frame

SUMMER BLOOM TR8559 Kacamata Anti Radiasi Gadget Blueray Wanita Lentur
SUMMER BLOOM TR8559 Kacamata Anti Radiasi Gadget Blueray Wanita Lentur

Menggunakan lensa blueray kita tetap bisa memilih berbagai bentuk frame sesuai selera. Lebih suka frame bentuk kotak atau bulat? Tak ada masalah karena kita tetap bisa menggunakan lensa blueray. Jadi tetap bisa disesuaikan dengan bentuk wajah masing-masing pemakainya.

  1. Kacamata Blueray Tanpa Frame

Lensa Kacamata Anti Radiasi Blueray Sinar Biru Kacamata Komputer
Lensa Kacamata Anti Radiasi Blueray Sinar Biru Kacamata Komputer

Kalau lebih suka frame kacamata yang tidak ada pinggirannya, kamu tetap bisa menggunakan lensa blueray. Pemilihan frame kacamata tidak akan berpengaruh pada fungsi lensa blueray. Lensa ini akan tetap melindungi mata dari sinar radiasi.


Baca juga: Rekomendasi Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Nah, kalau kamu setiap harinya menggunakan gawai misalnya untuk bekerja atau mengerjakan tugas sekolah dan kuliah, cocoknya pakai kacamata dengan lensa blueray. Dengan begitu, mata akan terlindung dari sinar biru yang terpancar dari berbagai jenis gawai.

Jangan sampai kelewatan promo kacamata blueray menarik yang ditawarkan Blibli. Kamu bisa temukan berbagai model frame kacamata yang menggunakan lensa blueray di Blibli. Intip sekarang yuk, model yang paling cocok untukmu dan tetap jaga kesehatan mata kita!

DAPATKAN KACAMATA BLUERAY BERKUALITAS HANYA DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY