me

Perbedaan Kodak M35 dan M38, Cari Tahu Yuk!

Jan 21, 2022.By Jarvis
Bagikan

Image Source: www.behance.net

Perbedaan Kodak M35 dan M38 – Meski sekarang ini sudah memasuki era digital, banyak orang masih lebih suka untuk memotret dengan kamera analog. Kalau berbicara kamera analog, tentu kita nggak bisa lewatkan “bapak” kamera analog, yakni Kodak. Bahkan, hingga sekarang pun Kodak tetap setia meluncurkan kameranya, seperti halnya kamera Kodak M35 dan M38.

Baca Juga: Kamera Analog, Kamera Lomo, Kamera Film, Ajak Kamu Kembali Bernostalgia

_____________________________________________________________

Apa Itu Kamera Kodak?

Dulu, sebelum masuk ke teknologi digital, banyak sekali bertebaran percetakan foto dengan tulisan Kodak. Itu adalah salah satu bukti bahwa merek Kodak dulunya berhasil merajai pasar fotografi. Nggak cuma kameranya, bahkan aksesori kamera Kodak cukup banyak. Sampai-sampai dulu masyarakat lebih umum menyebut kamera sebagai Kodak.

Nggak heran kalau misalnya Kodak disebut sebagai “bapak” kamera analog. Kamera dari Kodak bahkan sudah ada semenjak tahun 1800-an! Founder dari perusahaan ini adalah George Eastman dan Henry A. Strong dari Amerika. Kantor pusatnya pertama kali berdiri di New York. Beberapa tahun kemudian, Kodak mulai berfokus pada industri foto dan mendapatkan kejayaannya di abad ke-20.

Pasar Kodak di seluruh dunia ini sangatlah luas karena nggak cuma menyediakan kamera. Kodak dulunya juga menyukai semua hal yang berbau fotografi. Beberapa di antaranya adalah print system, micro 3D printing and packaging, consumer and film, enterprise inkjet systems, hingga software and solutions. Semuanya itu ditujukan untuk menunjang sistem fotografi hingga pencetakannya.

Selain itu, ada beberapa produk Kodak yang juga mendunia di antaranya ada Kodak Instamatics, Starflash, Rangefinder, dan masih banyak lainnya. Hingga kini pun produk Kodak ini masih senantiasa dirilis. Produk yang masih eksis hingga kini di antaranya adalah kamera Kodak M35 dan M38. Apa saja spesifikasi yang membedakan kedua kamera itu? Blibli Friends bisa cek di bawah ini.

Perbandingan Spesifikasi Kodak M35 dan M38

Kodak M35 dan M38 diluncurkan bersamaan di tahun lalu. Kedua kamera analog itu masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangannya itu tentunya bisa menjadi pertimbangan sebelum membelinya. Berikut adalah perbandingan lengkap spesifikasinya yang bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu meminang salah satunya.

SpesifikasiKodak M35Kodak M38
Format Film135 film (24 mm x36 mm) ISO 200/400135 film (24 mm x36 mm) ISO 200/400
Lensa Optik31 mm, f=10.1 element31 mm, f=10.1 element
Fokus KameraFocus free, 1 meter dan seterusnyaFocus free, 1 meter dan seterusnya
Shutter Speed1/120 detik1/120 detik
Film TransportManual wind and rewindManual wind and rewind
View FinderField= 70%Field= 70%
Baterai1 x baterai AAA1 x baterai AAA
Dimensi114 x 63 x 35 mm114 x 63 x 35 mm
Bobot100 gram116.5 gram
BahanABSABS
Fitur TambahanLoading Film
WarnaKuning, hijau, unguClassic Blue, Kodak Yellow, Flame Scarlet
Harga Rp 300.000 – Rp 400.000-anRp 380.000 – Rp 500.00-an

Dari review di atas, bisa dilihat bahwa perbedaan antara Kodak M35 dan M38 nggak begitu kentara. Perbedaan keduanya yang bisa langsung dilihat adalah bobot dari Kodak M35 yang sedikit lebih ringan. Meski begitu, keduanya adalah jenis kamera yang cocok dibawa ke mana pun.

Perbedaan lainnya adalah pada fitur tambahan. Kodak M35 belum ada loading film-nya, sedangkan Kodak M38 sudah memilikinya. Hal itulah yang menyebabkan harga dari Kodak M38 ini sedikit lebih mahal. Keberadaan loading film itu membuat para pemula disarankan untuk memilihnya.

Perbedaan lainnya dari kedua perangkat Kodak itu adalah desainnya. Desain dari M38 sedikit lebih klasik jika dibandingkan dengan kodak M35. Kalau kamu suka desain vintage, bisa memilih warna-warna pilihan dari M38. Tapi, kalau kamu suka desain yang sedikit lebih modern, bisa pilih M35.

Kelebihan Kodak M35

Kodak Film Camera Analog M35 point & shoot

Kodak M35 adalah jenis kamera analog yang bisa menjadi salah satu teman fotografimu. Kamera dari Kodak ini adalah salah satu jenis kamera analog yang cukup mudah untuk dipakai. Kamera ini punya lensa sudut lebar fokus tetap yang bisa menangkap sebagian besar pemandangan di siang maupun malam hari.

Kelebihan lain dari Kodak M35 ini adalah desainnya yang simpel, modern, dan masih terkesan retro. Ada tiga pilihan warna, yakni warna hijau tosca, kuning, dan ungu. Ketiga warna itu memiliki kesan modern tapi berkat desainnya masih ada kesan retro yang tertinggal. Kamer aini juga punya lensa plastik.

Satu baterai AAA pada Kodak M35 mampu memberikan daya pada flash kamera. Kodak M35 ini punya flash kamera yang bisa kamu gunakan terutama di malam hari. Untuk dibawa ke mana pun kamera ini juga sangat gampang karena kamu tinggal memasukkannya ke saku di baju maupun celana.

Kecepatan pemotretannya pun cukup tinggi karena mencapai 1/120 detik. Ketika kamu ingin menyalakan lampu kilat, pindahkan saja ke aperture penghentian Waterstone sehingga bisa menempatkan kamera ke aperture terluas F/10.

Kelebihan Kodak M38

Kodak M38 Film Camera

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, spesifikasi dari kamera Kodak M38 ini nggak jauh berbeda dengan kamera Kodak M35. Tapi, gimana bisa harga dan bobotnya lebih mahal dan lebih berat? Sebenarnya itu berasal dari fitur tambahannya berupa loading film. Hasil dari keberadaannya itu tentunya memberikan sedikit kelebihan untuk Kodak M38 jika dibandingkan dengan Kodak M35.

Keberadaan loading film pada Kodak M38 akan membuatmu bisa lebih gampang untuk menaruh dan melepas film. Jadi, kamu yang masih sangat pemula untuk urusan kamera analog, sangat disarankan untuk lebih memilih Kodak M38. Meskipun ada perbedaan bobot, pada dasarnya perbedaan itu nggak terlalu signifikan.

Meski kamu perlu mengeluarkan bujet sedikit lebih banyak, selain keberadaan loading film, Kodak M38 ini punya flash upgrade dari 70uf menjadi 120uf. Hasilnya, gambar jauh lebih terang dan jelas dibandingkan dengan kembarannya. M38 juga hadir dengan pilihan warna berbeda tetapi dengan desain yang lebih klasik.

Ketika memegang kamera Kodak M35 ini, kamu akan merasakan desainnya yang lebih vintage. Meski begitu, ketika membelinya kamu akan bisa langsung memakainya dan membawanya ke mana pun. Coba saja langsung untuk mengambil gambar sekitar, ya.

Sebagai produk yang terkenal klasik, sebenarnya kualitas kamera analog dari Kodak ini rasanya nggak perlu lagi diragukan. Kedua kameranya yang dirilis bersamaan di tahun 2020 lalu menandakan kalau Kodak ingin bangkit lagi menguasai industri kamera terutama yang berkaitan dengan kamera klasik. Kedua anak kembarnya, yakni Kodak M35 dan M38 ini sangat bisa diandalkan.

_____________________________________________________________

Baca Juga: 7 Kamera Instax yang Bagus untuk Traveler

Kalau kamu berminat untuk mendapatkan salah satu atau kedua kamera dari Kodak itu, sekarang bisa langsung ke Blibli. Toko online terlengkap di Indonesia ini menyediakan kamera analog andalan Kodak itu beserta dengan filmnya, lho!

Tag: