Perbedaan Keju Mozarella, Cheddar, dan Parmesan

Perbedaan Keju Mozarella Cheddar dan Parmesan

Perbedaan Keju Mozarella, Cheddar, dan Parmesan ー Apakah kamu termasuk penggemar olahan keju? Keju di dunia kuliner sudah menjadi bahan yang rasanya wajib ada untuk membuat cita rasa masakan semakin terasa. Umumnya, keju hampir selalu ada di beragam jenis olahan kue. Di Indonesia, keju memang masih dianggap prestisius karena keju makanan dari olahan keju kebanyakan memang tidak berasal dari Indonesia.

Meskipun demikian, kamu perlu tahu bahwa jenis keju ada beragam mulai dari keju cheddar, mozzarella, parmesan, dan lain sebagainya. Berikut adalah perbedaan keju mozarella, cheddar, dan parmesan yang perlu kamu tahu.

BACA JUGA: 5 Merek Keju Terbaik, Cocok untuk Korean Garlic Cheese Bread

___________________

  • Keju Parmesan

parmesan
Image Source: insider

Keju adalah jenis olahan yang identic berasal dari Italia. Begitu pun dengankeju parmesan ini.keju yang satu ini memiliki struktur yang padat dan keras. Kalau kamu mengamatinya dengan seksama, di setiap bagian keju parmesan memiliki libang kecil di setiap bagiannya. Keju parmesan adalah jenis keju yang cukup umum digunakan di Indonesia. Rasa keju yang satu ini agak asin tetapi aromanya cukup tajam.

Nama parmesan sebenarnya berasal dari nama kota di Italia, yakni Parma. Dari sanalah keju ini berasal. Keju parmesan sama halnya dengan keju lainnya, juga terbuat dari susu sapi. Yang membedakannya dengan keju lainnya adalah strukturnya yang padat. Akan tetapi, ada juga yang sudah dijual dalam bentuk bubuk untuk taburan di pasta, spaghetti, pizza, sup, dan salad. Beberapa kue kering seperti nastar dan kastengel juga umumnya memakai parmesan sebagai bahan kuenya.

  • Keju Cheddar

cheddar
Image Source: CNN

Nama keju yang satu ini mungkin nama yang paling umum disebut. Keju cheddar adalah nama keju yang memang paling populer di Indonesia. Nama cheddar sebenarnya berasal dari nama sebuah desa di Inggris yang termasuk desa pertama yang mengolah keju cheddar. Dibandingkan dengan keju lainnya, keju cheddar adalah nama keju yang paling tidak asing.

Ketika masih muda, keju cheddar biasanya berwarna kuning pucat dengan struktur yang tidak terlalu keras. Ketika sudah semakin menua, warnanya akan semakin kuning dan teksturnya juga memadat. Di dalam keju cheddar terkandung lemak sebanyak 48%. Biasanya, keju ini banyak digunakan dalam campuran kue dan makanan di Indonesia. Beberapa kue asli Indonesia yang memakai keju cheddar adalah martabak manis, roti bakar, dan lain sebagainya. Biasanya, keju cheddar ini disajikan dengan dipotong kecil, diparut, atau pun dilelehkan.

  • Keju Mozarella

mozzarella
Image Source: seriouseats.com

Meskipun sama-sama keju, kamu perlu tahu bahwa struktur dan rasanya juga berbeda, ya. Begitu pun dengan keju mozzarella. Keju yang satu ini terkenal karena strukturnya yang bisa melar ketika sedang panas. Umumnya, keju yang satu ini juga banyak digunakan untuk membuat makanan yang masih panas terlihat semakin lezat. Kamu bisa langsung tahu kalau keju tersebut termasuk keju mozarella karena bentuknya yang lembut, lentur, dan elastis.

Keju ini juga berasal dari Italia. Biasanya, keju Mozarella dibuat dari bahan dasar susu sapi atau susu kerbau. Teksturnya yang creamy biasanya membuatnya banyak disajikan di atas pizza, riza baked, pasta, dan beragam makanan hangat lainnya. Ketika makanan sudah tidak hangat lagi, biasanya keju akan kembali mengeras.

BACA JUGA: Resep Korean Garlic Cheese Bread, Mudah Banget!

___________________

Nah, itulah beberapa jenis keju yang seringkali dianggap sama di Indonesia. Karena keju memang bukan makanan asli Indonesia, wajar kalau jenis-jenisnya cukup asing dan dianggap sama saja. Ketika kamu sudah mengetahui perbedaannya, tidak akan salah lagi deh kalau ingin mencarinya di Blibli.

CEK DAFTAR HARGA KEJU SELENGKAPNYA DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY