me

6 Perbedaan iPhone 13 dan 15, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya Disini!

May 10, 2024.By Jarvis
Bagikan

tomsguide.com
Ketahui 6 perbedaan iPhone 13 dan 15 serta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Cicilan 0% Gadget

Belum lama ini, Apple kembali mengeluarkan seri terbaru HP iPhone terbaru yaitu iPhone 15. Seri iPhone 15 ini hadir dengan menggunakan material baru dan menjadi termasuk HP flagship saat ini. Menariknya, pada iPhone 15 ini menawarkan beragam fitur terbaru dan belum ada di iPhone seri sebelumnya. Meski begitu, masih ada yang membandingkan iPhone 15 dengan iPhone 13, loh.

Mungkin buat kamu juga yang masih menggunakan iPhone 13 dan mempertimbangkan untuk mengganti HP iPhone ke seri yang lebih tinggi, juga membutuhkan perbandingan ini. lantas, iPhone 13 & iPhone 15 keluaran tahun berapa? iPhone 13 rilis pada September 2021, sedangkan iPhone 15 rilis September 2023. Nah, untuk perbandingan iPhone 13 dan 15 kamu bisa lihat di bawah ini, yuk!

Baca juga :


Tampilan iPhone 13 dan 15

Tampilan iPhone 13 dan 15
techradar.com

Perbedaan pertama dimulai dari tampilan dan ukuran iPhone 13 & iPhone 15. Kedua HP iPhone ini memiliki ukuran yang nggak jauh berbeda, namun iPhone 15 diklaim 0.1 lebih tipis tipis dan lebih ringan dengan bobot 171 gram daripada iPhone 13. Meski begitu, iPhone 13 dan iPhone 15 ini masih sama-sama nyaman untuk digenggam dan nggak terlalu menonjol jika disimpan dalam saku celana.

Secara sekilas memang iPhone 13 dan iPhone 15 ini memiliki desain yang nggak terlalu terlihat. Tapi, iPhone 15 ini sudah dilengkapi dengan dynamic islan, di mana pengguna bisa menikmati layar menjadi lebih full. Selain itu, panel belakang pada iPhone 15 ini juga sudah melakukan perubahan dengan adanya finishing matte, loh. 

Hal itu juga yang membuat iPhone 15 ini lebih nyaman saat digenggam. Tapi, jika diperhatikan lebih detail, iPhone 15 ini memiliki bagian tepi yang cenderung melengkung diantara aluminum bertemu dengan panel belakang matte baru. Tentu aja, keduanya juga bersertifikat pelindung IP68,yang mana tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 4 meter, ya.

Bukan cuma itu, kelebihan dan kekurangan iPhone 13 & iPhone 15 ini salah satunya ada pada konektor pengisian dayanya. iPhone 15 sudah menggunakan USB-C to USB-C, sedangkan iPhone 13 masih memiliki USB-C to Lightning. Jadi, bisa dipastikan bahwa iPhone 15 ini memiliki konektor yang lebih tahan lama jika dibandingkan dengan konektor yang masih dimiliki pada iPhone 13., ya.

Performa dan Perangkat Lunak iPhone 13 dan 15

phonearena.com

Perbedaan kedua pada spesifikasi iPhone 13 & iPhone 15 ini juga ada pada performa serta perangkat lunak yang digunakan. Memang Apple nggak menyatakan secara jelas mengenai RAM yang dimiliki pada ponselnya. Diketahui iPhone 15 memiliki RAM yang lebih cepat dengan memori LPDDR5, yaitu 6 GB, sedangkan untuk iPhone 13 masih menggunakan RAM 4 GB.

Selain itu, untuk prosesornya pun keduanya ditenagai oleh chipset yang berbeda. Pada iPhone 13 menggunakan Apple A15 Bionic dengan fabrikasi 5 nm, sedangkan iPhone 15 sudah menggunakan Apple A16 Bionic dengan fabrikasi 4 nm. Meski selisih kecepatannya cukup kecil, iPhone 15 ini lebih cepat dan mampu menampung aplikasi dengan tenaga yang lebih tinggi untuk model lebih baru.

7 Cara Mematikan iPhone 13 Praktis dan Mudah Dilakukan

Bukan cuma itu, Apple memberikan dukungan iOS hingga 6 tahun ke depan. Tentu aja, iOS yang digunakan pada iPhone 13 dan iPhone 15 ini berbeda. Mulai dari iPhone 13 yang menggunakan iOS 15, sedangkan untuk iPhone 15 memiliki iOS 17 yang juga didukung oleh iPhone 15. Meski begitu, Apple mengklaim iPhone bisa dipakai jangka panjang jadi perbedaan ini bukan menjadi masalah.

Disamping itu, untuk performa iPhone 15 ini masih lebih mulus dan cepat, terutama untuk kamu yang suka pekerjaan multitasking. Sementara untuk iPhone 13, memiliki performa yang cukup baik dan masih sanggup melakukan aktivitas berat.

Kapasitas Baterai iPhone 13 dan 15

Kapasitas Baterai iPhone 13 dan 15
phonearena.com

Perbedaan ketiga juga ada pada kapasitas baterai yang dimiliki, meski memang perbandingannya nggak jauh berbeda. iPhone 13 memiliki kapasitas baterai 3240 mAh, sedangkan iPhone 15 sudah mengalami peningkatan dengan kapasitas 3349 mAh. Tapi, untuk beberapa penggunaan keduanya memiliki waktu yang berbeda.

Mulai dari penggunaan untuk streaming video, iPhone 13 jauh lebih unggul dengan waktu 8 jam 15 menit, sedangkan iPhone 15 cuma bertahan 7 jam 51 menit. Selain itu, iPhone 13 mampu bertahan 7 jam 28 menit untuk dipakai game 3D, sedangkan iPhone 15 bisa tahan lebih lama dengan waktu 8 jam 24 menit. Mungkin hal ini karena adanya chipset A16 yang bekerja baik dalam intensif grafis.

Disamping itu, dalam hal pengisian daya untuk iPhone 13 dan iPhone 15 ini nggak ada bedanya, selain dari port USB-C yang ada pada iPhone 15. Keduanya sama-sama mendukung pengisian daya nirkabel, baik itu biasa maupun dengan menggunakan MagSafe.

Kamera iPhone 13 dan 15

Kamera iPhone 13 dan 15
phonearena.com

Perbedaan keempat ada pada bagian kamera iPhone 13 & iPhone 15. Meski kedua iPhone ini memiliki tampilan dua kamera yang sama dengan bentuk yang menyilang, namun resolusinya berbeda. Pada iPhone 13 menggunakan kamera utama dengan resolusi 12 MP bukaan f/1.6, sedangkan untuk iPhone 15 memiliki resolusi 48 MP bukaan f/1.6.

Dari segi hasil foto yang didapatkan, kamera utama iPhone 15 lebih unggul dan memberikan tampilan yang sangat detail. Bahkan, dengan mode default 24 MP, fotor yang didapatkan pun sudah terlihat sangat tajam dengan warna yang lebih cerah dan keseimbangan yang bagus antara kualitas dan ukuran file.

Selain itu, pada iPhone 15 ini memiliki peningkatan pada fitur kameranya, yaitu dengan adanya Smart HDR yang memberikan warna foto jadi lebih nyata. Menariknya, mode malam pada iPhone 14 ini juga sudah ditingkatkan dengan menghasilkan foto berwarna lebih cerah dan detail lebih tinggi, meski kamu mengambil foto saat cahaya redup.

Warna iPhone 13 dan 15

phonearena.com

Perbedaan kelima pun ada pada tampilan warna yang dimiliki pada iPhone 13 dan 15. Mulai dari iPhone 13 yang tersedia dengan warna merah, starlight, biru, midnight, pink, dan hijau. Sementara untuk iPhone 15, tersedia warna hitam, biru muda, hijau mudah, kuning muda, dan pink.

Harga iPhone 13 dan 15

Harga iPhone 13 dan 15
phonearena.com

Perbedaan terakhir ada pada harga iPhone 13 & iPhone 15. Harga terbaru dari iPhone 13 ini dibanderol Rp9.9 jutaan, sedangkan untuk iPhone 15 ditawarkan dengan harga Rp13.9 jutaan. Tentu aja, kedua iPhone 13 dan 15 ini sudah bisa didapatkan di Indonesia, termasuk di online store, ya.


Baca juga :

Buat kamu yang tertarik untuk mengganti HP terbaru, bisa temukan seri Handphone & Tablet sesuai kebutuhan kamu di Blibli. Pastinya, ada penawaran harga yang lebih terjangkau dan jaminan produk gadget original, khususnya dengan adanya Apple Authorised Reseller di Blibli, ya.