me

5 Perbedaan iPhone 13 dan 14 Plus dari Speknya Untuk Jadi Rujukanmu Beli HP!

Jun 24, 2024.By Jarvis
Bagikan

youtube.com
Apa bedanya iPhone 12 dan 14 plus? Cek di bawah ini selengkapnya!

Cicilan 0% Gadget

Kalau di tanya, apa perbedaan iPhone 13 dan 14 plus? Jawabannya banyak! Kedua seri iPhone ini punya beberapa perbedaan spek yang cukup menonjol. Ini bisa jadi pertimbanganmu kalau bingung mau ganti iPhone apa untuk menggantikan HP lamamu! Untuk itu, mari kita ulas bersama perbedaan dan perbandingan spek iPhone 13 dan iPhone 14 Plus!

Baca juga :


Layar

theverge.com

iPhone 13 menampilkan layar Super Retina XDR OLED yang mengagumkan, dengan ukuran 6,1 inci yang menyajikan visual yang tajam dan jernih dengan resolusi 2532 x 1170 piksel pada 460 ppi. Layar HDR ini menampilkan warna yang kaya dan detail yang luar biasa, didukung oleh fitur True Tone dan rentang warna luas (P3). 

Teknologi Haptic Touch memberikan respons sentuhan yang responsif, sementara lapisan oleophobic anti sidik jari menjaga tampilan tetap bersih dan bebas dari jejak sidik jari. Dengan rasio kontras 2.000.000:1 dan kecerahan maksimum hingga 800 nit (umum) atau bahkan 1.200 nit untuk konten HDR, pengalaman visual yang imersif dan memukau dijamin. 

Kalau iPhone 14 Plus, layarnya Super Retina XDR yang luar biasa, dengan layar OLED menyeluruh berukuran 6,7 inci yang menyajikan visual yang memukau dengan resolusi 2778 x 1284 piksel pada 458 ppi. Layar ini memiliki sudut melengkung yang mengikuti desain lekukan yang indah, menawarkan pengalaman menonton dan menjelajah yang imersif. 

Dengan fitur-fitur seperti True Tone, warna luas (P3), dan Haptic Touch, pengguna dapat menikmati visual yang kaya dan responsif, sementara rasio kontras 2.000.000:1 dan kecerahan maksimum hingga 800 nit atau bahkan 1.200 nit untuk konten HDR, memastikan bahwa setiap detail di layar terlihat jelas dan tajam. 

Sensor

Sensor
tomsguide.com

iPhone 14 Plus memiliki serangkaian sensor yang lebih canggih dan ditingkatkan dibandingkan dengan iPhone 13, memberikan pengalaman pengguna yang lebih mutakhir dan responsif. Sensor Face ID yang terintegrasi memungkinkan pengguna untuk membuka kunci perangkat mereka dengan kecepatan dan keamanan yang tinggi melalui pengenalan wajah yang presisi. 

Selain itu, terdapat sensor barometer yang membantu dalam mengukur tekanan atmosfer, yang berguna dalam memprediksi perubahan cuaca dan memantau ketinggian. iPhone 14 Plus juga dilengkapi dengan giroskop rentang dinamis tinggi yang dapat mendeteksi gerakan dengan lebih akurat dan responsif, meningkatkan kinerja perangkat saat digunakan untuk aplikasi dan game berbasis gerak. 

Sensor akselerometer high-g memungkinkan perangkat untuk mendeteksi gerakan dengan kecepatan dan kehalusan yang lebih besar dibandingkan akselerometer biasa yang dimiliki iPhone 13, menciptakan pengalaman yang lebih halus dan responsif. Selain itu, sensor kedekatan jarak yang ditingkatkan dan sensor cahaya sekitar ganda membantu dalam meningkatkan presisi.

Dengan teknologi sensor yang lebih canggih ini, iPhone 14 Plus memberikan pengalaman pengguna yang lebih tinggi dan fitur yang lebih mutakhir dibanding iPhone 13, memenuhi kebutuhan akan kinerja yang tinggi dan kecerdasan adaptif dalam penggunaan sehari-hari.

Kamera

Kamera
photographyblog.com

iPhone 13 menampilkan sistem kamera ganda 12 MP yang luar biasa, terdiri dari kamera utama dan ultra wide yang menghadirkan hasil foto yang memukau. Kamera utama iPhone 13 memiliki bukaan ƒ/1.6, memungkinkan penangkapan cahaya yang optimal untuk detail yang lebih tajam dan kualitas gambar yang superior. 

Sementara itu, kamera ultra wide dengan bukaan ƒ/2.4 dan bidang pandang 120° memberikan fleksibilitas yang luas untuk mengambil gambar lanskap yang spektakuler atau adegan grup yang besar. Selain itu, iPhone 13 menawarkan beragam fitur canggih untuk meningkatkan kualitas foto, seperti zoom optik 2x yang memperkecil, zoom digital hingga 5x, dan mode potret dengan fokus dan kontrol kedalaman oke.

iPhone 14 Plus menampilkan sistem kamera ganda yang mengesankan. Kamera utama 12 MP dengan fokus 26 mm dan bukaan ƒ/1.5 menawarkan penangkapan gambar yang tajam dan detail yang kaya, didukung oleh penstabilan gambar optik sensor bergerak untuk menghasilkan foto yang jernih bahkan dalam kondisi cahaya yang rendah. 

Selain itu, kamera ultra wide 12 MP dengan fokus 13 mm dan bukaan ƒ/2.4 memberikan fleksibilitas yang luas dalam pengambilan gambar, dengan bidang pandang 120° untuk menangkap adegan yang luas. 

Dimensi dan Berat

Dimensi dan Berat
tomsguide.com

Ukuran dan dimensi iPhone 13 menawarkan pandangan yang komprehensif tentang fisik perangkat tersebut, memengaruhi portabilitas, kenyamanan penggunaan sehari-hari, dan kemampuan untuk dijinjing atau disimpan dalam kantong.

Dengan lebar 71,5 mm, tinggi 146,7 mm, dan ketebalan 7,65 mm, iPhone 13 menampilkan desain yang ramping dan ergonomis, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menggenggam perangkat ini dengan satu tangan. Berat iPhone 13 sebesar 173 gram memberikan rasa solid dan kokoh ketika digenggam, memberikan kesan premium dan tangguh. 

Sedangkan, iPhone 14 Plus hadir dengan tinggi mencapai 160,8 mm, iPhone 14 Plus memberikan layar yang luas untuk menikmati konten multimedia dengan detail yang luar biasa dan menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Meskipun memiliki ukuran yang besar, ketebalan perangkat ini hanya 7,80 mm, menjadikannya ramping dan mudah untuk digenggam atau disimpan dalam saku.

Dengan berat 203 g, perangkat ini terasa kokoh dan solid di tangan, memberikan kesan kualitas dan keandalan yang tinggi. Meskipun sedikit lebih berat dari model lainnya, bobot tambahan ini memberikan rasa nyaman dan kepercayaan kepada pengguna dalam mengoperasikan perangkat ini sehari-hari.

Harga

Harga
androidauthority.com

Berapa harga iPhone 13 dan 14 plus di Indonesia? Perbandingan harga antara iPhone 13 dan iPhone 14 Pro menunjukkan perbedaan yang signifikan, terutama dalam hal rentang harga dan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan. 

Dalam satu tahun terakhir, harga iPhone 13 mengalami perjalanan yang menarik di pasar ritel. iPhone 13, dengan harga mulai dari Rp 10.999.000 untuk varian 128 GB, merupakan pilihan yang lebih terjangkau bagi konsumen yang menginginkan perangkat iOS terbaru dengan kapasitas penyimpanan yang memadai. Sementara itu, harga iPhone 13 yang lebih tinggi untuk varian 256 GB yaitu Rp 13.499.000.

Sementara untuk 512 GB dijual di harga Rp 15.499.000, menawarkan pilihan yang lebih luas bagi mereka yang membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan untuk aplikasi, foto, dan video.

Di sisi lain, iPhone 14 Plus menawarkan harga mulai dari Rp 16.999.000 untuk varian 128 GB, Rp 19.499.000 untuk varian 256 GB, dan Rp 23.499 untuk varian 512 GB. Dengan demikian, iPhone 13 menawarkan pilihan yang lebih terjangkau dengan kapasitas penyimpanan yang cukup. Kalau iPhone 14 Pro menargetkan konsumen yang menginginkan teknologi terdepan dan kapasitas penyimpanan besar.


Baca juga :

Nah itu tadi perbandingan lengkap iPhone 13 dan iPhone 14 plus. Kalau ada yang bilang casing iPhone 13 dan 14 plus apakah sama? Maka jawabannya adalah nggak karena ukuran dan dimensinya saja berbeda. Kamu bisa pilih di antara kedua HP iPhone ini dan beli di toko resmi Apple di Blibli. Semua handphone dan tablet Apple ada di sana!