me

Harus Tahu! Ini 5 Perbedaan Emas Antam dan UBS

Sep 15, 2021.By Nadine
Bagikan

Photo via validnews.id

Perbedaan Emas Antam dan UBS – Emas merupakan suatu produk investasi yang sangat umum ditemui di kalangan masyarakat. Mengapa? Karena emas sangat mudah didapatkan. Emas juga memiliki daya tarik tersendiri untuk dikumpulkan dan dikoleksi. Biasanya emas dibuat sedemikian rupa untuk dijadikan perhiasan seperti kalung, cincin, gelang dan lain sebagainya.

Jenis emas yang biasa dijadikan untuk investasi yaitu emas batangan. Apabila kamu tertarik untuk mencoba berinvestasi dalam produk emas batangan, terdapat dua merek yang bisa kamu gunakan dan sudah tersedia di Indonesia, yakni emas Antam dan UBS. Walau sama-sama emas, ternyata Antam dan UBS memiliki beberapa perbedaan yang signifikan, lho. Berikut perbedaan emas Antam dan UBS yang wajib kamu ketahui.

Baca Juga : Rekomendasi Perhiasan Emas dan Logam Mulia untuk Investasi

__________________________

  1. Sertifikat

UBS Emas Logam Mulia (0.5 gr )

Saat ini emas Antam sudah memiliki sertifikat yang sudah menyatu dengan aman pada kemasannya. Dimana sertifikat tersebut diamankan dengan cara dilaminating dan memiliki berbagai standar keamanan yang ada. Apabila kamu ingin memeriksa keaslian dari emas Antam tersebut, kamu dapat melakukan pindai QR Code yang ada didalam kemasan emas Antam dengan menggunakan aplikasi yang diunduh pada Play Store atau App Store yang bernama Certieye. Sertifikat emas Antam diberi nama dengan London Bullion Market Association (LBMA).

Jenis sertifikat tersebut merupakan sertifikat keluaran terbaru dari emas Antam. Dengan begitu maka akan lebih mudah untuk dijual di pasaran di berbagai negara di dunia. Tetapi tidak jarang juga kamu akan menemukan emas Antam yang memiliki sertifikat dengan versi yang lama  yaitu yang berbentuk kertas dengan fitur Ultra violet. 

Sedangkan pada emas UBS hanya mempunyai sertifikat nasional dan sertifikat tersebut dikeluarkan oleh perusahaan UBS itu sendiri. Pecahan emas UBS paling kecil yaitu dengan bobot 0,1 gram dan sertifikatnya berupa kertas yang mana emas sudah terlaminasi di dalamnya dan bentuknya berupa SIM card.

Dan untuk emas UBS dalam pecahan diatas 5 gram pada keluaran lama memiliki sertifikat yang bentuknya plastik dan berhologram serta emasnya terpisah. Sertifikat tersebut nantinya dapat dikeluarkan dari kemasan plastik, dengan demikian kamu bisa memegangnya secara langsung.

  1. Ukuran

Perbedaan emas antam dan UBS dapat kamu lihat melalui ukurannya. Pada emas Antam terdapat beberapa ukuran yang disediakan, mulai dari ukuran 0,5 gram sampai dengan 1 kilogram

Sedangkan pada ukuran emas UBS memiliki keterbatasan karena perusahaan ini hanya membuat atau memproduksi emas batangan dalam beberapa ukuran saja. Ukuran paling kecil dari emas UBS yaitu mulai dari 0,1 gram dan ukuran paling besarnya mencapai 100 gram. Sehingga emas UBS sangat cocok untuk kamu yang ingin mulai investasi emas dengan ukuran yang kecil terlebih dahulu. 

  1. Market

Kamu dapat dengan mudah untuk membeli emas batangan berjenis Antam dan UBS di seluruh Indonesia. Hal ini karena emas Antam dan UBS dijual secara offline melalui toko penjualan resmi masing-masing brand. 

Kamu juga dapat melihat lokasi penjualan emas Antam dan UBS secara resmi melalui websitenya masing-masing. Kedua brand emas ini cocok lho untuk kamu yang ingin mencoba berinvestasi karena tingkat resikonya tidak terlalu besar dan return-nya juga stabil.

  1. Dimensi

Jika dilihat dari ukurannya, emas Antam memiliki ukuran lebih kecil dan tebal apabila dibandingkan dengan emas UBS. Pada emas UBS memiliki bentuk atau dimensi yang lebih lebar. 

Tetapi, kedua jenis emas tersebut mempunyai kesamaan, yaitu mempunyai kadar emas sebesar 99,99%. Meskipun terdapat perbedaan dimensi diantara keduanya dan emas Antam yang memiliki bentuk yang lebih kecil, tetapi berat keduanya sama apabila di timbang.

  1. Harga

Perbedaan emas antam dan UBS juga terletak pada harganya. Dimana harga dari emas antam masih tergolong lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga emas UBS. Perbedaan harga tersebut dikarenakan sertifikat emas Antam yang sudah berlaku secara internasional, sedangkan untuk emas UBS sertifikat yang dimiliki masih bertaraf nasional. 

Tidak hanya itu, dimensi dari emas Antam yang relatif lebih kecil tersebut menjadikan biaya dari produksi emasnya jauh lebih tinggi daripada emas UBS. Bagi kamu yang ingin mencoba untuk melakukan investasi emas dengan modal yang relatif terjangkau, kamu dapat menginvestasikan uangmu di jenis investasi emas UBS. Karena secara harga, emas UBS relatif lebih murah dibandingkan dengan emas Antam.

___________________

Baca Juga : Beli Aset Emas di Treasury, Sekarang Tersedia di Blibli

Demikianlah perbedaan emas Antam dan emas UBS yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui perbedaan dari jenis emas tersebut, kamu bisa memilih lebih dalam jenis emas apa yang akan kamu gunakan untuk melakukan investasi.

Apabila kamu sudah memilih jenis emas apa yang akan kamu jadikan investasi, kamu dapat membelinya melalui marketplace yang saat ini tersedia di Indonesia. Salah satu marketplace yang menjual emas UBS dan Antam dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau adalah Blibli. Kamu bisa beli dalam gramasi yang kamu inginkan dengan mudah. Siap mulai investasi emas batangan? Yuk dilihat-lihat dulu emas mana yang mau kamu beli di Lelang Blibli!

BELI EMAS ANTAM DAN UBS DENGAN MUDAH DI SINI

 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya