me

7 Perbedaan Emas Antam dan Emas Perhiasan yang Perlu Kamu Tahu!

Jun 24, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

(blibli.com)
Ini dia 7 perbedaan emas antam dan emas perhiasan untukmu!

Promo Kemilau JTN & LMP

Emas antam dan emas perhiasan merupakan jenis emas yang banyak kita temui di pasaran. Meskipun sama-sama masuk ke dalam kategori logam mulia namun kamu perlu tahu kalau aset ini punya nilai yang berbeda terlebih ketika dibutuhkan dalam dunia investasi. Tujuannya adalah biar investor bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan. 

Apa saja perbedaan emas antam dan emas perhiasan yang perlu kamu tahu? Langsung saja cek semua perbedaan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga:


Buyback yang Diberikan 

Buyback yang Diberikan
(freepik.com)

Perbedaan harga emas antam dan emas perhiasan pertama yang perlu kamu tahu adalah mengenai buyback yang diberikan. Maksud dari istilah ini adalah sebuah penjualan kembali emas batangan yang disertai dengan sertifikat sehingga bisa langsung membelinya di toko emas tanpa mengurangi kualitas maupun keaslian dari produknya. 

Jadi ketika nggak ada sertifikat mengenai rincian dari emas maka kamu nggak bakalan bisa menjualnya karena dianggap sebagai emas palsu maupun curian. Nggak hanya itu saja emas antam juga nggak mengalami banyaknya harga penjualan kembali jadi meskipun ada penurunan tetap nggak bakalan terlalu boncos nantinya. 

Berbeda dengan emas perhiasan yang memiliki harga yang cukup merosot saat dijual kembali. Kamu tetap harus membawa surat pembelian emas yang memuat model, bentuk dan juga berat dari emasnya. Hanya saja harga yang dibanderol jelas beda jauh dengan pembeliannya bisa saja lebih murah atau bahkan lebih mahal sesuai dengan harga emas saat itu. 

Kadar Emas 

Kadar Emas
(freepik.com)

Perbedaan emas antam dan perhiasan keduanya adalah mengenai kadar emas yang digunakan. Ketika membahas tentang emas batangan dan perhiasan maka yang menjadi perhatian penting adalah mengenai aspek kadar emas yang ada di dalamnya. Jadi kamu nggak boleh mengesampingkan hal ini biar nggak salah membeli. 

Emas batangan biasanya memiliki kadar kemurnian sampai dengan 99,99 persenan artinya emas murni tanpa adanya campuran logam apapun. Inilah yang membuat emas antam memang paling cocok digunakan untuk kebutuhan investasi. Ketika dijual kembali harganya juga nggak bakalan turun banyak dan tetap menguntungkan untukmu. 

Di dalam emas perhiasan memiliki kadar kemurnian yang lebih rendah sekitar 70 persenan. Pada emas perhiasan memiliki banyaknya campuran logam untuk memudahkan pembentukan dan juga ketahanan emas dari benturan saat digunakan. Inilah yang membuat harga emas perhiasan bisa lebih murah dibandingkan dengan emas antam. 

Lokasi Pembeliannya 

(freepik.com)

Emas batangan yang memiliki sertifikat pembelian resmi bisa langsung dibeli di outlet khusus yang mengantongi izin resmi untuk menjualnya. Jangan khawatir karena proses pembelian ini nggak terbatas bisa dilakukan secara online maupun langsung ke tokonya. Penjualan kembali lebih mudah dilakukan pada toko yang sama sebagai tempat pembelian awalnya. 

Kemudian untuk emas perhiasan bisa dibeli di berbagai macam toko emas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja penting dipahami untuk tetap menjual jenis perhiasan pada toko yang masih dalam satu lingkup karena berbeda lingkup biasanya nggak menerima penjualan emas yang nggak diproduksi dari tokonya. 

Berbeda toko juga menyebabkan harga jualnya menjadi lebih murah apalagi kalau kamu nggak bisa menunjukkan surat pembeliannya. Perhiasan yang kamu bawa dianggap palsu atau dari barang curian dan toko nggak mau ikut campur dalam urusan tersebut. Biasanya mereka menolak penjualan emas yang nggak disertai dengan adanya surat pembelian. 

Biaya Pembuatan 

Biaya pembuatan
(freepik.com)

Emas batangan dan emas untuk perhiasan ternyata memiliki perbedaan dalam biaya pembuatannya. Keduanya jelas sama-sama memiliki biaya pembuatan yang perlu diperhatikan. Emas batangan nggak membutuhkan biaya pembuatan yang mahal karena hanya perlu ditempa saja nggak butuh peralatan khusus untuk membentuknya. 

Tentu saja berbeda banget dengan yang terjadi pada emas untuk perhiasan yang mahal karena disesuaikan dengan tingkat kesulitannya. Untuk mendapatkan desain perhiasan yang rumit tentu saja pembuatannya juga butuh waktu dan pengerjaan lebih lama. Itulah yang membuat biaya pembuatannya menjadi lebih banyak. 

Hal inilah yang menyebabkan harga perhiasan menjadi lebih kompleks bahkan lebih mahal meskipun ukuran emas di dalamnya sangat minim. 

Bentuk yang Dimiliki 

(freepik.com)

Perbedaan selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan dari emas antam dan perhiasan adalah mengenai bentuk yang dimilikinya. Emas batangan memiliki bentuk yang biasa dan sering banget kamu dapati seperti bungkalan, lempengan maupun batangan. Nggak ada variasi lain yang diberikan biasanya hanya berupa lempengan maupun koin yang minimalis. 

Emas antam memang erat banget hubungannya untuk kebutuhan simpanan dan investasi yang lebih menguntungkan. Bentuk yang lebih sering kamu temui adalah emas UBS dan antam dengan harga yang cukup variatif termasuk ukurannya. Berbeda dengan yang dimiliki oleh emas perhiasan yang lebih banyak memiliki bentuk untuk kebutuhan berhias diri yang lebih menawan. 

Untuk emas perhiasan tentunya kamu bisa menemukannya di berbagai toko emas yang beragam mulai dari kalung, gelang, anting sampai cincin yang ukurannya juga beragam. Kadar emas dalam perhiasan juga variatif makin banyak emas di dalamnya tentu saja harganya bakalan semakin mahal karena berat. 

Ketika Digunakan untuk Jangka Investasi 

Ketika Digunakan untuk Jangka Investasi
(freepik.com)

Hal selanjutnya yang nggak kalah penting diperhatikan adalah mengenai tujuan pembelian emasnya. Apakah emas tersebut digunakan untuk jangka panjang atau hanya sebentar saja karena hal ini bakalan mempengaruhi jenis emas yang harus kamu beli nantinya. Jika ingin investasi dalam jangka panjang maka kamu bisa banget untuk membeli emas batangan. 

Alasannya adalah emas batangan punya nilai jual yang selalu naik di pasar global sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan tinggi ketika menjualnya dalam rentang waktu jangka panjang. Berbeda dengan nilai emas perhiasan yang cocok untuk investasi jangka pendek saja karena nggak begitu naik secara signifikan harganya terlebih kalau kamu memang nggak begitu suka pakai emas. 

Nggak hanya itu saja penjualan kembali emas perhiasan membutuhkan ongkos sekitar 10 sampai dengan 20 persenan dari harga atau nilai emas itu sendiri. 

Perbedaan Harga Emas di Pasar 

Perbedaan Harga Emas di Pasar
(freepik.com)

Penting dipahami kalau emas batangan atau antam selalu sesuai dengan patokan harga emas hari ini jadi dimanapun kamu menjualnya bakalan memberikan harga sama. Jadi nggak perlu khawatir untuk menjualnya sesuai keinginan. Nggak ada batasan juga harus berapa lama penyimpanan emas baru bisa dijual kembali atau sebaliknya untuk pembeliannya. 

Berbeda banget dengan emas perhiasan yang harus pilih-pilih lokasi penjualannya biar nggak salah menetapkan harga terlalu anjlok. Untuk emas perhiasan memang disarankan langsung menjualnya di tempat kamu membelinya biar mendapatkan harga yang terlalu jauh. Biasanya toko hanya menerima emas yang mereka buat dan nggak nerima dari toko lain. 


Baca juga

Itulah perbedaan yang dimiliki oleh emas antam dan emas perhiasan untuk pertimbanganmu sebelum membeli. Bagusnya kedua jenis itu sudah bisa kamu temukan dan beli lebih mudah langsung di Blibli saja. Harganya terjangkau dengan diskon yang menguntungkan untukmu. Langsung cek dan dapatkan semuanya di Blibli saja!