Perbedaan Debit dan Kredit Serta Penerapannya

sumber: pixabay.com

Istilah debit dan kredit sering kali kita dengar di dunia akuntansi keuangan. Namun beberapa dari kita mungkin belum mengetahui arti dari dua istilah tersebut. Meski tak bekerja di bidang akuntansi, tetapi kita juga wajib untuk mengetahui arti istilah ini. Terlebih jika kita memiliki rekening atau tabungan. Jadi, debit adalah pertambahan uang dalam tabungan. Dengan kata lain, debit adalah pertambahan transaksi. Yuk simak perbedaan dari debit dan kredit selengkapnya.

Sedangkan kredit sering diartikan sebagai sejumlah uang yang dikeluarkan ketika bertransaksi atau pengeluaran. Namun, istilah kredit juga sering diartikan sebagai penyediaan uang atas kesepakatan antara bank dan nasabahnya terkait dengan pinjam meminjam. Dengan mengikuti kredit, maka peminjam diharuskan untuk melunasi sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu. Dari pengertian tersebut, jelas sudah termasuk perbedaan debit dan kredit. Namun, dua istilah ini masih memiliki perbedaan lainnya.

_________________________________________

Perbedaan Debit dan Kredit yang Harus Diketahui

Setiap melakukan transaksi akuntansi, setidaknya terdapat dua akun yang selalu terpengaruh. Akun tersebut adalah entri debit yang dicatat di satu akun dan juga entri kredit yang dicatat pada akun lainnya. Tidak ada batasan jumlah akun yang terlibat dalam transaksi ini, asalkan tidak kurang dari dua akun. Kemudian total dari debit dan kredit untuk setiap transaksi harus sama agar transaksi akuntansi tersebut dapat dinyatakan memiliki keseimbangan.

Jika transaksi tidak seimbang maka tidak dapat dilanjutkan untuk membuat laporan keuangan.  Dengan begitu, dalam format pencatatan transaksi dua kolom, penggunaan debit dan kredit merupakan dua hal yang paling penting dari semua kontrol atas keakuratan akuntansi. Dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan debit dan kredit adalah sebagai berikut:

  • Debit merupakan pencatatan penambahan uang dalam tabungan, sedangkan kredit adalah pencatatan untuk pengurangan nominal uang dalam tabungan.
  • Transaksi debit bisa diartikan sebagai kegiatan menabung di bank. Sedangkan kredit merupakan aktivitas mengeluarkan atau pengambilan uang di bank.

Bayar tagihan angsuran kredit kamu di sini!

Contoh Penerapan Debit dan Kredit dalam Akuntansi

Supaya lebih memahami mengenai debit dan kredit, maka kamu perlu mengetahui contoh penerapan debit dan kredit dalam akuntansi berikut ini:

  • Aset

Aset merupakan harta yang terdiri dari dua jenis, yaitu harta lancar dan harta tidak lancar. Harta lancar maksudnya adalah harta yang mudah dicairkan atau liquid. Beberapa akun liquid dalam aset lancar antara lain adalah kas dan sejenisnya, piutang usaha, sewa dibayar di muka, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk aset tidak lancar meliputi mesin, kendaraan, dan juga peralatan kantor. Jadi, ketika akun aset ini bertambah maka posisinya berada di bagian debit.

  • Liabilitas dan Ekuitas

Contoh penerapan selanjutnya adalah akun hutang atau liabilitas dan ekuitas. Misalnya, perusahaan kamu telah meminjam uang pada Bank X sebesar Rp 50.000.000 untuk dijadikan sebagai modal usaha. Dari jurnal tersebut, kas bertambah sebanyak Rp 50.000.000 dari pinjaman bank. Dalam hal ini, hubungan debit dan kredit ini dapat diumpamakan dengan sebab akibat.

  • Expenses atau Beban

Selanjutnya ada istilah expenses atau sering disebut beban atau pembelanjaan yang harus tetap dilakukan supaya bisnis dapat terus berjalan. Untuk expenses atau beban ini juga termasuk bertambah apabila didebitkan dan berkurang apabila dikreditkan.

  • Akumulasi

Terakhir, bagian dari aset tidak lancar yang dapat bertambah nilainya apabila dikreditkan adalah akumulasi. Akumulasi ini nantinya akan mengurangi nominal dari aset tetap seperti alat-alat dan kendaraan di neraca.

_________________________________________

Itu tadi penjelasan dari perbedaan debit dan kredit serta penerapannya dalam akuntansi ya Blibli Friends!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY