Wajib Tahu! Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder — Buat Blibli Friends yang hobi baking, pastilah nggak asing dengan baking soda dan baking powder. Kedua produk ini memang banyak banget dipakai di berbagai resep kue. Baik baking soda dan baking powder juga digunakan untuk mengembangkan adonan.

Tapi, tahu nggak kalau ternyata keduanya juga punya beberapa perbedaan? Mulai dari komposisi pembentuk, penggunaan, serta pengaruh rasa yang diberikan ternyata berbeda, lho. Wah, baker pemula wajib tahu perbedaan baking soda dan baking powder berikut ini, nih.

BACA JUGA: Resep Odading Bantal, Nggak Kalah Enak dari Odading Mang Oleh

_________________________

1. Komposisi Bahan

Walaupun sama-sama berwujud serbuk putih, ternyata komposisi antara baking soda dan baking powder berbeda, lho. Komposisi utama dari baking soda adalah natrium bikarbonat. Zat ini punya sifat yang basa. Sehingga bisa kamu kombinasikan dengan zat bersifat asam buat memicu terjadinya proses fermentasi. Proses fermentasi menghasilkan zat karbondioksida yang berperan penting buat bantu mengembangkan adonan kue.

Baking powder juga memiliki kandungan natrium bikarbonat. Tapi, di dalamnya juga terdapat komposisi zat yang lain. Contohnya, seperti zat asam, pati tepung, dan krim tartar. Zat non-aktif itu bantu agar campuran selain pengembang nggak bereaksi. Sifat yang hasil dari campuran zat-zat itu juga biasanya lebih asam dibandingkan baking powder.

2. Penggunaan

Nah, dari ulasan di atas, kamu sudah tahu kalau natrium bikarbonat butuh dicampurkan dengan bahan yang mengandung asam supaya bisa bereaksi. Itulah kenapa baking soda yang terbuat dari 100 persen natrium bikarbonat ini lebih sering dicampurkan ke dalam cairan yang mengandung bahan asam. Baking soda lebih umum digunakan buat pembuatan keju, buttermilk, yogurt, sour cream, dan lain sebagainya. Baking soda juga butuh bantuan tambahan zat asam supaya bisa mengembangkan adonan dengan sempurna. Biasanya, kamu butuh waktu beberapa menit supaya proses fermentasi adonan itu jadi sempurna.

Sebaliknya, kamu nggak butuh bantuan zat asam kalau menggunakan baking powder. Soalnya, di dalam baking powder sudah ada zat asam. Kemampuan baking powder dalam mengembangkan adonan juga ideal buat kamu yang membuat kue dengan cara dipanggang. Proses pengembangan adonan baking powder juga jauh lebih cepat dibandingkan baking soda. Karena kemampuannya dalam mengembangkan adonan secara instan, baking powder banyak banget digunakan dalam pembuatan kue-kue kering.

3. Pengaruh Rasa

Perbedaan baking soda dan baking powder lainnya bisa kamu rasakan dari pengaruh rasanya. Buat kamu yang menggunakan baking soda, pastikan ukurannya pas, ya. Penambahan baking soda yang terlalu sedikit bisa bikin adonan nggak mengembang secara maksimal. Sebaliknya, pemberian baking soda yang terlalu banyak juga bisa bikin hasil akhir kuemu jadi terasa pahit. Rasa pahit pada kue itu berasal dari reaksi natrium bikarbonat yang bertemu dengan kandungan sodium dari asam pirofosfat.

Lain halnya kalau Blibli Friends menggunakan baking powder. Menggunakan baking powder dalam jumlah yang banyak nggak akan terlalu mempengaruhi rasa. Biarpun begitu, bukan berarti kamu bisa bebas mengganti baking soda dengan baking powder, ya. Soalnya gimanapun juga kedua bahan kue itu memberikan efek mengembang yang berbeda. Kalau kamu ganti sembarangan, bisa-bisa hasil yang kamu peroleh pun nggak maksimal. Rasa yang kamu dapatkan pun bisa jadi berbeda dari yang seharusnya.

_________________________

BACA JUGA: Sudah Tahu? Ini Perbedaan Oven dan Microwave

Itulah beberapa perbedaan baking soda dan baking powder yang perlu buat Blibli Friends ketahui. Butuh baking powder atau baking soda? Kamu bisa beli di Blibli. Toko online ini sediakan baking soda, baking powder, dan bahan bikin kue lainnya dengan harga terjangkau. Ingin harga yang lebih murah? Ada berbagai promo hingga layanan free ongkir yang bikin belanjamu jadi makin hemat. Bikin-bikin kue pun jadi terasa makin menyenangkan.

CEK HARGA BAKING POWDER DAN BAKING SODA DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY