Perbedaan Air Purifier, Humidifier, dan Diffuser. Sudah Tau?

perbedaan air purifier humidifier diffuser

Udara yang bersih dan sehat tentu jadi dambaan tiap orang, ya. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, penting banget menjaga kondisi udara di rumah agar tetap jernih. Selain dengan rajin membersihkan rumah, membuka pintu dan jendela, serta meletakkan beberapa indoor plant penghasil oksigen, alat penjernih udara juga bisa dijadikan alternatif. Kamu tentu sudah sering dengar beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut alat penjernih udara, misalnya air purifier, humidifier, dan diffuser. Tapi nggak sedikit yang masih bingung, apakah ketiganya sama atau justru berbeda? Nah, biar lebih jelas dan nggak salah beli, yuk simak dulu perbedaan air purifier, humidifier, dan diffuser!

BACA JUGA: 6 Langkah Jauhi Virus Corona

__________________________________________________

AIR PURIFIER

 

Samsung AX34R3020WW Air Purifier 34 m2
Samsung AX34R3020WW Air Purifier 34 m2

 

Kalau dari namanya, air purifier bisa diartikan sebagai pemurni udara. Disebut seperti itu karena alat ini memang memiliki fungsi utama untuk menjaga udara dari virus, bakteri, dan berbagai bentuk polusi lain seperti debu atau asap yang ada di dalam ruangan. Contoh paling gampang nih, kalau ada anggota keluargamu yang merokok, maka meletakkan air purifier adalah solusi terbaik untuk menjaga udara tetap fresh.

Cara kerja alat ini mirip dengan filter, di mana udara kotor disedot masuk dan kemudian disaring sehingga keluar dalam bentuk udara bersih. Biasanya sih, alat ini bisa bekerja antara 30 hingga 120 menit tergantung merek dan jenisnya, sebelum nantinya harus diisi daya kembali. Untuk pemakaiannya nggak membutuhkan air sama sekali, ya. Cukup hanya dengan terisinya daya atau dengan dicolokkan langsung ke sumber listrik.

🔵 CEK HARGA AIR PURIFIER SELENGKAPNYA DI SINI

__________________________________________________

AIR HUMIDIFIER

 

Deerma Xiaomi F600 Air Humidifier Air Purifier 4L
Deerma Xiaomi F600 Air Humidifier Air Purifier 4L

 

Nah, berbeda dengan air purifier, air humidifier memiliki fungsi utama untuk melembabkan udara di dalam ruangan. Jangan salah, bukan dijadikan lembab sampai dinding dan barang-barang basah karena embun, ya. Tapi lembab yang dimaksud yaitu kondisi di mana kandungan air di dalam udara menjadi lebih tinggi sehingga baik untuk membersihkan saluran pernapasan. Biasanya sih, alat ini banyak digunakan di ruangan bayi dan anak, atau juga penderita penyakit saluran pernapasan seperti asma.

Supaya alat ini bisa bekerja, harus diisi dengan air dan kemudian disambungkan ke sumber listrik. Nantinya air akan dipanaskan hingga menguap dan uap tersebut dikeluarkan ke ruangan. Uap inilah yang menjadikan udara jadi lebih lembab. Buat kamu yang memiliki ruangan dengan tingkat kelembaban alami cukup tinggi, sebaiknya memikirkan ulang sebelum menggunakan alat ini. Sebab bisa jadi nantinya ruangan malah terlalu lembab dan menyebabkan munculnya jamur.

🔵 CEK HARGA AIR HUMIDIFIER SELENGKAPNYA DI SINI

__________________________________________________

AIR DIFFUSER

 

Best Ultrasonic Aroma Diffuser USB
Best Ultrasonic Aroma Diffuser USB

 

Alat yang satu ini bisa dibilang versi komplet dari dua alat sebelumnya. Gimana nggak, di dalam air diffuser ada alat yang berfungsi untuk membersihkan udara dan melembabkan, sekaligus fitur tambahan yang bisa menyemprotkan wewangian. Jangan dikira dalamnya diisi parfum atau pewangi ruangan, sebab yang digunakan adalah essential oil sehingga jelas lebih aman untuk kesehatan. Untuk jenis oil-nya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, misalnya lavender oil untuk kamu yang ingin relaks, peppermint oil untuk kamu yang lagi flu, atau rose oil untuk kamu yang ingin ruangan lebih harum semerbak.

Dari segi harga, air diffuser memang cenderung lebih mahal, sih. Belum lagi kamu juga masih harus membeli berbagai essential oil yang harganya nggak murah. Namun, kalau dilihat dari manfaatnya, alat ini wajib banget ada di rumahmu.

🔵 CEK HARGA AIR DIFFUSER SELENGKAPNYA DI SINI

__________________________________________________

BACA JUGA: 5 Manfaat Air Purifier yang Baik untuk Kesehatan

Itu dia perbedaan air purifier, humidifier, dan diffuser. Sekarang nggak bingung lagi kan, mau pilih alat penjernih udara yang mana? Yuk deh, cek dulu produk terbaik yang ada di Blibli sambil menentukan mana yang akan kamu hadirkan di dalam ruangan.

Yunita Dwi

Loves to run, sing, eat, and joget Korea.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY