Simak Perbandingan Nokia 2.2 dan Nokia 4.2

HMD Global meluncurkan dua smartphone Nokia anyar, yakni Nokia 2.2 dan Nokia 4.2 dalam rentang waktu yang berdekatan beberapa waktu lalu. Nokia 2.2, misalnya, dirilis pada Juni 2019, sedangkan Nokia 4.2 melenggang satu bulan sebelumnya. Meski dua smartphone dihadirkan dalam jangka waktu yang tidak terlalu jauh, baik Nokia 2.2 dan Nokia 4.2 hadir dengan spesifikasi di kelas yang berbeda.

Nokia 2.2 justru menyasar kelas bawah dengan harga sekitar Rp1,4 jutaan, sedangkan Nokia 4.2 hadir untuk kelas menengah di rentang usia 18-35 tahun seperti pekerja awal dan milenial dengan kisaran harga Rp2 jutaan.

Untuk lebih lengkap,  simak beberapa perbandingan spesifikasi antara dua smartphone ini agar Blibli Friends yang masih bingung ingin membeli Nokia 2.2 atau Nokia 4.2 bisa menentukan pilihan terbaik smartphone yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

TERTARIK MEMILIKI NOKIA 4.2? KAMU BISA BELI DI SINI

Desain dan Layar

Image result for NOKIA 2.2

Walau dipatok di kisaran harga terjangkau, ukuran layar Nokia 2.2 justru cukup lebar. Secara desain, bodi smartphone dengan berat 153 gram ini juga mengusung desain yang compactberbalut bahan polikarbonat. Lebih detailnya, layar Nokia 2.2 dilapisi dengan teknologi panel IPS berukuran 5,7 inci beresolusi HD+ dengan rasio screen-to-body 79 persen dan notch water drop.

Sayangnya, Nokia 2.2 tidak memiliki fitur pemindai sidik jari alias fingerprint. Namun, sebagai gantinya, smartphone ini hadir dengan teknologi biometric face-unlock yang dapat memindai wajah penggunanya tanpa susah payah.

Image result for nokia 4.2

Nokia 4.2 hadir dengan ukuran layar yang sama dengan Nokia 2.2, yakni 5,7 inci dengan notch water drop. Hanya saja, rasioscreen-to-body-nya sedikit lebih kecil ketimbang Nokia 2.2, yakni 76,6 persen.

Untuk bodinya sendiri lebih mirip dengan Nokia 5,1 Plus dan Nokia 6.1 Plus. Berbeda dengan Nokia 2.2 yang secara utuh dibalut material polikarbonat, Nokia 4.2 yang berbobot 161 gram ini hadir dengan balutan material kaca di bodi depan dan belakangnya, hanya rangkanya saja yang menggunakan bahan polikarbonat.

Satu kesaman yang ada pada kedua smartphone ini adalah kehadiran tombol khusus di bodi smartphone untuk mengakses Google Assistant. Cukup dengan menekan tombol tersebut satu kali dan tekan lama jika ingin menanyakan atau memerintah beberapa hal, pengguna dapat mencari informasi tentang petunjuk arah, menelepon dan melakukan perintah dengan cepat.

Hanya dengan menekan tombol tersebut satu kali, tekan lama jika ingin menanyakan atau memerintah beberapa hal, pengguna bisa mencari informasi tentang petunjuk arah, menelepon dan melakukan perintah dengan cepat berbekal asisten pintar dari Google.

KAMU BISA MEMILIKI NOKIA 2.2 DI SINI

Dapur Pacu dan Baterai

Karena ditujukan untuk segmen low-end, Nokia 2.2 disokong jeroan yang disesuaikan untuk kelasnya. Prosesor smartphoneini menggunakan chipset Helio A22, dengan RAM 2GB/3GB, serta memori internal 16GB dan 32GB yang bisa diekspansi dengan microSD. Untuk urusan daya, smartphone mengusung baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Adapun untuk Nokia 4.2, smartphone ini dipersenjatai dengan dapur pacu yang lebih tinggi dari Nokia 2.2. Chipset-nya dibesut Qualcomm, yakni Snapdragon 439, dengan RAM 3 GB, memori internal 32 GB, dan baterai 3.000 mAh dengan teknologi Adaptive Battery. Ada slot untuk microSD yang kapasitas maksimalnya bisa mencapai 400 GB.

Persamaan spesifikasi pada kedua smartphone adalah dua-duanya dilabeli sebagai smartphone Android One, Nokia 2.2 dan 4.2 sudah berjalan dengan sistem operasi Android Pie dan dipastikan akan mendapatkan pembaruan Android selama tiga tahun ke depan.

INGIN SERI NOKIA LAIN? KAMU BISA CEK NOKIA 6.1 DI SINI

Kamera

Nokia 2.2 memiliki kamera utama dengan sensor 13 MP dan flash LED. Untuk kamera selfie-nya yang disematkan di dalam notch water drop, mengusung sensor 5MP. Kamera Nokia 2.2 memiliki kamera yang bisa mengambil objek gambar secara jelas, walau dalam kondisi minim cahaya.

Tak cuma itu, Nokia 2.2 juga dapat mengetahui kondisi yang ada di sekitar objek foto, seperti mendeteksi dengan jelas objek apa yang ingin diambil fotonya serta menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik.

Lain halnya dengan Nokia 4.2, smartphone dilengkapi dengan dua kamera utama 13 MP dan 2 MP berteknologi depth sensor dengan konfigurasi mode bokeh. Kamera depannya sendiri, mengusung sensor 8 MP.

Itu dia perbandingan komprehensif spesikasi antara Nokia 2.2 dengan Nokia 4.2. Bagaimana, Blibli Friends sudah menentukan pilihan smartphone Nokia mana yang ingin dibeli?

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY