Bingung Pilih Huawei P20 Pro atau P30 Pro? Simak Perbandingannya di Sini

Huawei baru saja memperkenalkan smartphone flagship teranyarnya, P30 Pro. Smartphone ini tetap mengunggulkan kemampuan fotografinya.  Huawei P30 Pro hadir dengan empat kamera utama besutan Leica.

Huawei P30 Pro sendiri adalah smartphone Huawei yang harganya dipatok di range tertinggi. Dari kecanggihan yang ditawarkan, Huawei P30 Pro memang digadang-gadang menjadi smartphone pendobrak era fotografi dan videografi di masa depan.

Huawei P30 Pro juga menjadi perangkat penerus dari seri pendahulunya, yakni Huawei P20 Pro. Adapun embel-embel ‘Pro’ pada lini smartphone ini menegaskan kalau sejatinya seri P Pro adalah seri smartphone Huawei yang hadir dengan spesifikasi lebih tinggi ketimbang seri P reguler seperti P20 dan P30.

Kalau Blibli Friends hendak membeli smartphone Huawei terbaru–khususnya seri P Pro–dan bingung memilih antara P20 Pro atau P30 Pro, artikel komparasi ini dirasa cocok untuk dijadikan panduan. Tanpa berpanjang lebar, yuk simak perbedaannya!

Desain

Huawei P20 Pro punya bentang layar 6,1 inci FHD berpanel OLED. Mengikuti tren smartphone yang ada sekarang, layar tanpa bezel dengan aspek rasio 18:9 jadi keunggulan Huawei P20 Pro ini. Huawei pun menyematkan tombol Home di bawah layar. Tombol Home juga bisa berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari.

Huawei P20 Pro pun menjadi smartphone pertama Huawei yang hadir dengan notch alias “poni”. Notch pada P20 Pro sekilas memang mirip notch iPhone X, hanya ukurannya yang lebih kecil. Pada notch, terpasang kamera selfie 24MP dengan bukaan f2.0.

Hal yang membuat desain Huawei P20 Pro semakin elegan adalah bodi belakangnya yang bermaterial kaca. Saat cahaya menyinari permukaan kover, gawai akan membias dan menciptakan gradasi warna cantik.

Sebagai informasi, Huawei P20 Pro hadir dengan empat varian warna, di mana salah satu warna ikoniknya adalah twilight, serta warna lain seperti pink goldmidnight blueblack,  dan champagne gold.

Sementara, Huawei P30 Pro sebetulnya memiliki desain identik dengan pendahulunya Namun, bentang layar P30 Pro sedikit lebih besar, yakni 6,47 inci FHD+ curved OLED rasio 19,5:9 tanpa bezel. Kalau P20 Pro masih punya tombol Home, tombol tersebut raib di smartphone ini. Sebagai gantinya, sensor pemindai sidik jari tertanam di dalam layar smartphone.

Adapun pembeda desain lainnya adalah ukuran notch. Bagian notch yang ada di atas layar kini berukuran lebih kecil dengan konsep tetesan air. Di dalamnya, ada kamera selfie 32MP berbekal teknologi AI HDR+.

Untuk kover belakang, smartphone masih dibalut dengan material kaca yang sama dengan P20 Pro. Hanya saja, posisi kamera yang tersusun vertikal membuatnya berbeda.

Jika pada P20 Pro, ada dua kamera tersusun vertikal dan satu kamera lagi terpisah, P30 Pro justru menggabungkan tiga lensa secara vertikal, dan memisahkan satu lensa lagi di sebelah slot vertikal, tepatnya di bawah lampu flash.

Warna juga menjadi pembeda P30 Pro dengan P20 Pro. Memang, warna kadang jadi penentu pilihan smartphone kan, Friends. Kali ini smartphone hadir dengan varian warna segar, mulai dari amber sunrisebreathing crystal, pearl white, black, dan aurora.

Adapun satu hal yang menyamakan kedua smartphone ini adalah kehadiran port USB Type C untuk pengisian daya dan tidak adanya lubang jack audio 3,5mm.

CEK TAUTAN INI UNTUK MENGINTIP HUAWEI P20 PRO WARNA TWILIGHT

Kamera

Baik Huawei P30 Pro maupun P20 Pro, sama-sama menjagokan kemampuan kameranya, khususnya dalam urusan low light dan zooming. Hal yang menjadi pembeda paling mencolok adalah jumlah kameranya. Huawei P20 Pro memiliki tiga kamera utama, sedangkan P30 Pro punya empat kamera utama.

Tiga kamera Huawei P20 Pro masing-masing mengusung resolusi 40MP (lensa RGB dengan bukaan f/1.8), 20 MP (lensa monokrom dengan bukaan f/1.6), dan 8MP (lensa telephotodengan bukaan f/2.4) yang mendukung autofokus dan mampu membidik foto dalam keadaan low light lebih baik.

Sementara, P30 Pro hadir dengan empat kamera utama berbekal teknologi sensor SuperSensing yang mampu menciptakan gambar cerah dalam berbagai kondisi, sekalipun dalam dalam keadaan low light, .

Untuk resolusi, smartphone punya sensor utama wide-angle 40MP,ultra-wide 20MP, telephoto 5X 8MP dan lensa Time of Flight depth-sensing dengan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom.

Lensa utama dan telephoto kamera mengusung OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu mengurangi motion blur dan meningkatkan kualitas low light. Peran fitur AI HDR+ di sini juga mampu mengatur tingkat eksposur pada foto.

Sekadar diketahui, lensa 40MP pada P30 Pro menjadi lensa pertama dengan menggunakan sensor RYYB (Red, Yellow, Yellow, Blue). Sensor ini memungkinkan 40 persen cahaya masuk lebih banyak, saat memotret objek dalam kondisi low light.

ADA JUGA HUAWEI P20 PRO WARNA BLACK DENGAN MEMORI INTERNAL 128 GB

Spesifikasi

Terlepas dari desain dan kamera yang menjadi pembeda paling mencolok. Untuk urusan dapur pacu, baik Huawei P20 Pro dan P30 Pro sebetulnya tidak memiliki perbandingan jauh. Paling tidak sang adik (P30 Pro) punya prosesor yang lebih baik untuk menunjang kerjanya.

Huawei P20 Pro dipersenjatai dengan chipset Kirin 970 yang sudah dilengkapi teknologi AI. Sementara, P30 Pro punya chipsetgenerasi lebih baru, Kirin 980 yang juga sudah disokong AI. Saat pertama kali dirilis, P20 Pro hadir dengan Android Oreo 8.1 dan antarmuka EMUI 8,1, sedangkan P30 Pro sudah berjalan dengan Android 9 Pie dan EMUI 9.1.

Huawei P20 Pro hadir dalam dua opsi RAM dengan masing-masing pilihan kapasitas penyimpanan: RAM 6GB dengan memori internal 64/128/256GB dan RAM 8GB dengan memori internal 128/256GB. Saudaranya, Huawei P30 Pro,  hadir dengan dua opsi RAM, yakni RAM 6GB dengan satu kapasitas internal 128GB, dan RAM 8GB dengan tiga opsi memori internal: 128/256/512GB.

Untuk kapasitas baterai yang dibawa, Huawei P20 Pro memiliki baterai 4.000mAh, sedangkan P30 Pro punya baterai lebih besar 4.200mAh. Huawei pun mengklaim dua smartphone besutannya ini mampu bertahan hingga sehari lebih. Gawai ini pun sama-sama mendukung fitur pengisian super cepat alias fast charging.

KLIK DI SINI UNTUK MELIHAT HUAWEI P20 PRO WARNA MIDNIGHT BLUE DENGAN MEMORI 128 GB

Secara kesimpulan, masing-masing smartphone memang memiliki sederet perbedaan fitur dan spesifikasi yang cukup signifikan, meski beberapa di antaranya masih ada di taraf sejajar. Jadi, semua fitur yang ditawarkan dari P20 Pro atau P30 Pro, sebetulnya akan kembali disesuaikan kebutuhan pengguna.

Well, semoga tiga kategori perbandingan di atas bisa membantuBlibli Friends yang masih bimbang memilih antara Huawei P20 Pro atau P30 Pro. Selamat memilih!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY