Perayaan Unik Peringatan Hari Maritim Indonesia 

Perayaan Unik Peringatan Hari Maritim Indonesia ー Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Alasan menjadikan Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia adalah adanya kurang lebih 18.000 pulau di Indonesia. Karena banyaknya pulau baik pulau besar maupun kecil, daerah laut di Indonesia terhitung sangat banyak. Menyadari banyaknya potensi yang dimiliki oleh lautan Indonesia, presiden RI pertama, yakni Bapak Ir. Soekarno menetapkan kalau tanggal 23 September adalah hari maritim nasional. Semenjak penetapannya di tahun 1964 tersebut, ada masyarakat yang memperingatinya dengan hal unik.

Berikut adalah beberapa perayaan unik peringatan hari maritim Indonesia yang perlu kamu ketahui.

BACA JUGA: Inspirasi Style Fashion Dari Lokal Brand di Hari Kemerdekaan

__________________

  • Karnaval Perahu 

Karnaval perahu pertama kali diadakan di Sungai Batanghari Sumatera Barat di tahun 2019 lalu. Banyak yang mengatakan kalau selama 52 tahun semenjak hari kemaritiman nasional ditetapkan, tidak ada yang merayakannya dengan ramai. Untuk itu, pemerintah daerah Sumatera Barat mengadakan festival besar yang dinamakan Karnaval Arung Pamalayu. Festival ini cukup unik karena menyertakan banyak jenis perahu layar yang secara bersama-sama mengarungi sungai.  

Karnaval tersebut diikuti oleh 50 perahu layar yang mulai mengarungi sungai Batanghari. Kapolda Sumatera Barat saat itu menyatakan bahwa sungai adalah bagian dari kemaritiman yang tidak bisa lepas dan kebutuhan hidup sehari-hari. Festival tersebut menjadi salah satu pengingat kalau sungai adalah salah satu urat nadi transportasi masa lalu karena dulu sungai memang berperan sebagai lalu lintas utama antar daerah.  

  • Pameran “Bhinneka Satu” 

Daerah laut Indonesia adalah salah satu komoditi yang perlu untuk diolah dengan baik dan dipertahankan potensinya. Potensi kelautan di Indonesia ini bahkan menyumbang total uang sebanyak kurang lebih 76 miliar per tahunnya. Karena potensinya yang besar itulah, sudah seharusnya hari Maritim di Indonesia diperingati dengan baik terutama di daerah yang dekat dengan laut. 

Nah, salah satu daerah dekat laut yang ikut memperingati hari maritime di tahun 2019 lalu adalah Surabaya. Berbeda dengan festival sebelumnya yang masih berhubungan dengan air, pameran yang berasal dari Kerjasama beberapa Lembaga kenamaan ini memanfaatkan Kerjasama dengan balai konservasi Borobudur. Di dalam pameran, bisa dilihat beragam koleksi dalam bentuk naskah, arsip kuno, serta foto yang berkaitan dengan beragam sejarah perjuangan Indonesia saat itu yang banyak mengandalkan kapal-kapal pedagang. Dengan itu, masyarakat yang ikut ke pameran akan bisa memahami lebih mendalam mengenai sejarah kemerdekaan RI yang tidak bisa lepas dari kemaritiman.

Kampanye oleh Kementerian Perhubungan 

Kalau berbicara masalah daerah pelabuhan, kamu tidak bisa melepaskan dari Kementerian Perhubungan ya, Blibli Friends. Di tahun 2017 lalu, kementerian perhubungan sempat mengadakan beberapa event untuk memperingati hari Maritim Nasonal. Di dalam Kampanye tersebut diadakan beberapa kegiatan sosial dan gerakan bersih pantai. 

Kegiatan tersebut dipandang sebagai salah satu momentum yang tepat untuk mendorong masyarakat terutama jajaran pegawai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar bisa semakin optimal bekerja menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kampanye tersebut sempat disiarkan oleh beberapa media supaya masyarakat semakin tahu kalau kekayaan laut Indonesia ini sebenarnya melimpah dan sudah seharusnya kebersihannya dijaga bersama.

________________

BACA JUGA: Yuk Dapatkan Pengalaman Baru Bersama Blibli Tur & Atraksi!

Nah, itu dia beberapa perayaan unik peringatan hari maritim Indonesia. Beragam kegiatan tersebut sebenarnya diadakan untuk menyadarkan masyarakat bahwa kondisi laut Indonesia ini sangat baik. Apabila dimanfaatkan dan dijaga dengan baik, potensinya bisa semakin besar dan bisa menyumbang banyak pemasukan untuk negara. Mari ikut melestarikan kekayaan laut ya, Blibli Friends!

DAPATKAN TIKET LIBURAN MURAH DI SINI!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY