me

Perawatan-Perawatan Muka yang Perlu Dilakukan Para Pria

Feb 14, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Siapa bilang hanya wanita yang perlu merawat kulit muka? Para pria juga! Jangan salah, di zaman modern seperti sekarang ini, pria tidak hanya harus memperhatikan penampilan baju saja, tapi perawatan muka juga tidak boleh diabaikan. Terlebih, kegiatan seharian penuh seringkali memengaruhi kesehatan kulit. Minyak, debu, hingga polusi cenderung membuat kulit muka menjadi rusak.

Hal inilah yang membuat para pria harus lebih memperhatikan kondisi kulit muka agar tetap sehat, segar, dan tidak kusam. Lantas, apa saja sih perawatan muka yang perlu dilakukan pria sehari-hari? Ini dia ulasannya. 

  1. Mencuci muka dengan sabun cuci yang sesuai dengan jenis kulit 


Salah satu perawatan yang harus dilakukan oleh para pria adalah rajin mencuci muka setiap hari. Eits, mencuci mukanya bukan hanya menggunakan air saja ya, tapi disarankan untuk menggunakan sabun khusus untuk membersihkan kotoran, debu, serta minyak yang menempel di muka. Selain itu, mencuci muka secara rutin juga dapat mencegah timbulnya jerawat karena bakteri yang menumpuk. 

2. Memakai toner untuk mencegah kulit dehidrasi 

Mungkin toner adalah produk yang sedikit asing bagi para pria. Namun, tahu tidak jika toner memiliki fungsi yang bagus untuk kulit muka? Cairan skincare yang digunakan usai mencuci muka ini berfungsi untuk menyegarkan kulit muka, mengangkat sel-sel kulit mati, hingga mencegah kulit dehidrasi. 

3. Lindungi kulit muka dari sinar UV dengan sunblock 

kegiatan di luar rumah dan di bawah terik matahari akan berisiko besar pada kulit muka. Sebab, kulit akan terpapar sinar UV, berubah menjadi kering, dan terlihat bersisik. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan sunblock atau sunscreen  demi melindungi muka dari jahatnya sinar UV yang bisa merusak sel-sel kulit dan memicu kanker.

 

4. Menggunakan serum untuk merileksasi muka

Selain toner, menggunakan serum juga bisa dapat membantu menghidrasi kulit muka. Kamu bisa gunakan serum pada malam hari atau sebelum tidur. Penggunaan serum juga dapat membantu merileksasi muka yang terkena polusi atau terasa kering karena aktivitas seharian di luar rumah. Untuk kamu yang berusia 25 tahun ke atas, coba gunakan serum anti-aging untuk membuat muka tampak lebih awet muda. 


5. Bersihkan komedo membandel dengan scrub dua kali seminggu

Kamu juga perlu rutin men-scrub muka, setidaknya dua kali seminggu untuk memberantas sel-sel kulit mati penyebab muka kusam dan kering. Selain itu, pemakaian scrub juga dapat membantu mengangkat komedo dan minyak berlebih sehingga kulit muka tampak lebih segar. 

6. Masker untuk meregenerasi sel kulit
Terakhir, jangan lupa pemakaian masker muka, ya! Masker bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit dan mengatasi kulit yang kusam. Kamu bisa menggunakan masker selama tiga minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

Nah, itu tadi perawatan kulit muka pria yang bisa dilakukan sehari-hari di rumah. Mulai sekarang, jangan berpikir jika hanya wanita yang butuh merawat kulit wajah, ya. Para pria juga perlu memberi perhatian khusus kepada kulit muka agar tetap terjaga kesehatan dan kesegarannya. Dengan melakukan perawatan-perawatan di atas secara rutin, sudah pasti kulit kamu akan kinclong bak kaca yang baru saja dilap hehe…

Tag: