Perawatan Mobil yang Bisa Dilakuin Sendiri biar Dikit-dikit Gak ke Bengkel

Photo via pexels.com

Salah satu cara buat ngejaga performa sama kenyamanan mobil adalah dengan rajin servis atau rutin perawatan. Soalnya, bisa nambah umur pemakaian mobil dan nyegah kerusakan. Cuma, sering diakuin kalo nyervis mobil di bengkel itu kudu ngeluarin budget yang seringnya gak sedikit. Kalo pas awal bulan sih, ya masih ada tuh duitnya. Cuma yang jadi masalah pas lagi akhir bulan, duit di dompet udah ilang timbul, eh mobil ngadet-ngadet.

Kalo mau mobilnya gak gampang ‘sakit’, kudu rajin juga ngerawatnya. Modalnya cuma niat, pengetahuan, sama perlengkapan yang pas, bisa deh tuh servis mobil sendiri. Jadi gak perlu bolak-balik ke bengkel cuma gara-gara masalah sepele yang sebenernya gampang bener diatasin sendiri. Nih, saya kasih tau cara ngerawat mobil sendiri biar gak dikit-dikit ke bengkel. Cekidottt! 

  • Ganti sendiri ban yang udah lama buluk

Ngeganti ban yang udah buluk jadi salah satu cara buat ngurangin biaya servis ke bengkel. Biasanya, ban kudu diganti pas daya cengkeramnya udah berkurang atau rusak di jalan. Buat ngeganti ban, kudu punya perlengkapan lengkap, kek kunci roda, ban cadangan, sama dongkrak. Ngeganti ban ini bisa jadi salah satu cara simpel yang bisa dilakuin sendiri biar gak dikit-dikit ke bengkel. 

CEK BERBAGAI JENIS BAN DI SINI

  • Rajin ganti oli, minimal tiap 5.000 km 

Ganti oli gak harus di bengkel kok, kamu bisa ngelakuin sendiri di rumah. Buat ngejaga performa mobil tetep bagus, pastiin buat rajin ngeganti oli, minimal tiap 5.000 km. Pastiin juga, oli yang dipake itu berkualitas alias bukan abal-abal. Soalnya, kalo oli abal-abal mah cuma bisa ngerusakin mesin doang hehe. 

KLIK DI SINI UNTUK LIHAT OLI

  • Cek radiator sebelum airnya abis 

Ini juga jadi salah satu cara buat ngurangin budget servis di bengkel. Kudu ati-ati banget kalo air radiator abis, bisa-bisa mesin gampang overheat dan nimbulin kerusakan yang serius. Caranya, ganti air radiator sendiri di rumah tiap 20.000 km biar mesin gak gampang overheating dan ngejaga performanya tetep mantep. 

  • Ngeganti busi biar mesin jadi lebih hemat 

Pas mobil susah dinyalain, hal pertama yang kudu dicek adalah busi. Nah, ciri-ciri busi yang kudu diganti adalah yang keliatannya lemah pas proses pengapian. Di sini bisa ketauan suara mesin yang gak biasa pas lagi dinyalain. Trus, pemakaian bensin yang boros juga bisa jadi tanda busi kudu diganti. Biarpun umumnya busi punya umur nyampe 45.000 km, gak ada salahnya buat ngeganti busi sebelum umurnya abis. 

LAGI CARI BUSI MOBIL? CEK DI SINI

Itu tadi cara-cara yang bisa dilakuin biar gak dikit-dikit ke bengkel. Lumayan kan bisa ngirit budget juga hehe.  

BELI SUKU CADANG TERBAIK UNTUK MOBIL KAMU CUMA DI BLIBLI

Dengan rajin ngerawat mobil sendiri, udah pasti perawatannya juga keliatan lebih apik. Soalnya kan, yang pake itu mobil ya kita sendiri. Jadi, yang tau performanya kita juga. Trus, yang paling penting, ngerawat mobil sendiri juga bisa bikin duit di dompet aman sentosa hehehe. Jadi, gak usah kuatir boncos lagi deh gara-gara dikit-dikit ngeluarin duit. 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY