Cara Perawatan Gigi Behel, Wajib Tahu!

Perawatan Gigi Behel

Blibli Friends, ada nggak dari kamu yang pasang behel? Behel atau kawat gigi adalah salah satu prosedur perawatan gigi yang lumayan banyak dipakai. Ini biasanya dipakai oleh kamu yang ingin meratakan struktur gigi. Selain supaya bikin penampilanmu kelihatan lebih menarik, behel gigi juga bisa bantu memaksimalkan fungsi gigimu. Tapi, perawatan gigi behel memang harus lebih ketat.

Kamu harus benar-benar jaga kesehatan gigi dan mulutmu buat mencegah penumpukan plak yang bisa berujung pada karang gigi. Adanya karang gigi ini bisa bikin kesehatan gigimu jadi terganggu. Gigimu jadi sakit atau malah keropos. Selain itu, perawatan gigi behel yang nggak telaten juga bisa bikin mulutmu berbau. Bikin nggak pede, kan? Makanya, kamu wajib tahu cara perawatan gigi behel berikut.

BACA JUGA: Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Gigi Putih dan Sehat

_____________________

  1. Kontrol ke Dokter Gigi Secara Rutin

Kalau biasanya kamu ogah-ogahan datang ke dokter gigi buat kontrol, kayaknya jadi harus lebih rajin setelah pasang behel. Biasanya, kontrol ke dokter gigi harus kamu lakukan paling nggak 3 minggu sekali. Tapi, bisa juga lebih dari itu. Semuanya tergantung pada kondisi gigimu, ya.

Selama kontrol, nantinya dokter gigi bakal lakukan pemeriksaan menyeluruh pada gigi dan behelmu. Langkah-langkah perawatan seperti pembersihan gigi, penggantian karet dan perbaruan lem bracket juga bakal dilakukan. Kalau diperlukan, bisa saja dokter gigi bakal memasang alat tambahan lainnya. Jadi, jangan lupa luangkan waktumu, ya.

  1. Menyikat Gigi Secara Rutin

Hayo, buat kamu yang masih sering kelupaan menyikat gigi, jangan sampai kelupaan lagi ya! Pemasangan behel berarti menambah resiko bakteri tumbuh di gigimu. Soalnya, sisa-sisa makanan bisa gampang banget buat terselip di antara gigi dan behelmu. Kalau nggak segera dibersihkan, sisa-sisa makanan itu bisa-bisa dihinggapi oleh bakteri. Akibatnya, muncul deh masalah bau mulut yang ganggu banget.

Nggak cuma itu, bakteri berbahaya di gigi itu bisa bikin pertumbuhan plak yang kemudian bisa bikin gigimu jadi berlubang dan rapuh. Saat menyikat gigi, pastikan kamu pakai sikat gigi khusus buat gigi berbehel, ya. Sikat gigi jenis orthodontic ini biasanya punya bulu sikat berbentuk V. Sikat gigi khusus ini didesain supaya bisa menjangkau sela-sela tersulit di antara behel dan gigi dan mengangkat sisa-sisa makanan dengan lebih efektif.

  1. Hindari Makan Makanan dengan Tekstur Keras

Punya hobi mengunyah makanan bertekstur keras, misalnya hard candy atau es batu? Begitu kamu pakai behel, harus siap nih say goodbye pada makanan-makanan itu. Makanan keras bisa merusak kawat gigi. Pemasangan kawat gigi nggak cuma mahal, tapi juga menyakitkan, lho. Yakin mau mengulanginya lagi? Selain itu, struktur gigi yang berbehel biasanya lebih rapuh dibandingkan gigi yang nggak dibehel. Jadi, gigimu juga jadi lebih rawan patah. Makanya, hindari kebiasaan makan atau menggigit makanan dan barang-barang yang keras, ya.

  1. Jangan Makan Makanan Bertekstur Lengket

Selain makanan keras, makanan bertekstur lengket juga bisa merusak kawat gigi, lho. Makanan bertekstur lengket dengan kandungan gula seperti selai dan permen karet juga bisa memicu infeksi bakteri. Gigimu jadi sakit, dan pastinya itu menyiksa banget. Blibli Friends juga jadi harus keluar budget ekstra buat perawatan gigi berlubang dan pemasangan behel yang baru. Jangan sampai deh, ya!

_____________________

BACA JUGA: Aneka Istilah Perawatan Gigi yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, itulah cara perawatan gigi behel. Kamu bisa beli produk sikat gigi dan pasta gigi khusus buat gigimu di Blibli. Ada banyak banget penawaran promo yang bisa Blibli Friends pakai, lho. Kamu bisa tukarkan voucher buat dapatkan bonus diskon atau cashback. Kamu juga nggak perlu repot-repot pergi ke luar rumah. Soalnya, transaksi di Blibli bisa kamu lakukan langsung dari rumah saja. Seru, kan?

BELI SIKAT GIGI ORTHO TERBAIK DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY