me

7 Penyebab TV LCD/LED Rusak yang Paling Umum

Mar 11, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/coffeekai
Cari tahu penyebab TV LCD/LED rusak pada artikel di bawah ini

Cicilan 0% KAM

TV LCD/LED memang kian banyak diminati saat ini. Tampilannya yang dinilai lebih jernih dan desainnya yang elegan membuatnya laris di pasaran. Salah satu langkah yang perlu kamu lakukan saat sudah memiliki TV LCD/LED adalah bagaimana cara merawatnya dengan benar. Pasalnya, setiap barang elektronik perlu dijaga agar nggak gampang rusak di kemudian hari. 

Beberapa masalah yang sering dihadapi pada produk elektronik ini adalah Layar TV LED bergaris. Beberapa pertanyaan seperti penyebab tv led tidak ada gambarnya tapi ada suaranya? TV LED ada suara tidak ada gambar kenapa? Juga sering dialami oleh pengguna TV ini. Oleh karena itu, simak apa saja penyebab TV LCD/LED rusak yang paling umum berikut ini. 

Baca juga :  


Ketidakstabilan Listrik

Ketidakstabilan Listrik
freepik.com/author/sirastock

Salah satu penyebab dari TV LCD/LED yang mengalami kerusakan adalah karena ketidakstabilan listrik. Sebelum memutuskan untuk membeli TV LCD/LED, pastikan untuk mengecek apakah listrik di rumah sudah stabil atau belum. Pasalnya, perangkat elektronik seperti TV LCD/LED ini memang memerlukan pasokan listrik yang stabil agar bisa beroperasi dengan baik. 

Apa akibat jika mengoperasikan TV LCD/LED di tempat yang memiliki arus listrik nggak stabil? Arus listrik yang nggak stabil bisa berpengaruh terhadap komponen TV LCD/LED. Jika dibiarkan terus menerus, maka hal tersebut bisa menimbulkan potensi kerusakan pada komponen TV LCD/LED. Kerusakan komponen tentu berpengaruh terhadap kinerja TV tersebut. 

Cara mencegah agar hal ini nggak terjadi adalah pastikan jika listrik di rumah Blibli Friends sudah stabil. Jika sulit memastikan apakah listrik di rumah sudah stabil atau tidak, kamu bisa menggunakan UPS atau stabilizer untuk memastikan keamanan listrik di rumah kamu. Hal itu juga bisa menjadi pencegah agar komponen TV LED/LCD nggak gampang rusak karena ketidakstabilan listrik. 

Udara yang Terlalu Lembab

Udara yang Terlalu Lembab
freepik.com/author/EyeEm

Tahukah kamu jika udara yang terlalu lembab juga bisa menjadi penyebab dari TV LCD/LED yang rusak? Ternyata, komponen TV LED/LCD rentan mengalami karatan karena udara yang terlalu lembab. Bukan hanya TV LED/LCD. Peralatan elektronik lainnya juga sangat rawan mengalami masalah karatan karena pengaruh udara yang lembab. 

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, komponen TV LCD/LED memang memiliki banyak komponen yang terbuat dari bahan yang mudah berkarat. Salah satu langkah untuk mencegah agar komponen nggak mudah berkarat adalah dengan menempatkan TV LCD/LED di tempat yang kering dan nggak terlalu lembab. 

Pasalnya, komponen TV yang berkarat dapat menyebabkan timbulnya potensi korsleting listrik. Tetap atur suhu ruangan agar nggak terlalu lembab guna menjaga komponen TV LCD/LED. Selain bisa menyebabkan komponen menjadi berkarat, tempat yang terlalu lembab juga bisa menyebabkan timbulnya serangga di sekitar TV. 

Tempat yang Terlalu Sempit

Tempat yang Terlalu Sempit
freepik.com/author/EyeEm

Penyebab kerusakan TV LCD/LED selanjutnya adalah ruang penempatan TV yang terlalu sempit. Kondisi ruangan ideal untuk penempatan TV LCD/LED sebenarnya adalah yang memiliki luas cukup. Mengapa memerlukan ruangan dengan luas yang cukup? Jika TV LCD/LED diletakkan ditempat yang sempit, maka hal tersebut bisa membuat komponen TV menjadi panas. 

Saat kondisi tersebut dibiarkan terlalu lama dan TV dipakai terus-menerus, komponennya akan mengalami kerusakan. Alhasil, TV pun nggak bisa digunakan dengan optimal karena terdapat kerusakan pada komponen yang dimiliki. Oleh karena itu, jangan menempatkan TV LCD/LED tersebut di ruangan yang terlalu sempit, ya!

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menempatkan TV di ruangan yang cukup luas. Pada tempat yang luas, TV nggak akan sering mengalami panas meskipun digunakan dengan cukup sering. Selain itu, pastikan jika suhu yang ada di ruangan tersebut juga terjaga dengan baik yakni nggak terlalu panas maupun terlalu dingin. 

Terkena Petir

Terkena Petir
freepik.com/author/user7305671

Selain karena kelalaian manusia, ternyata penyebab TV LCD/LED rusak juga bisa disebabkan karena faktor alam. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan TV LED/LCD mengalami kerusakan adalah karena terkena petir. Fenomena ini cukup membahayakan banyak orang karena bisa beresiko terhadap kerugian materil maupun kehilangan nyawa. 

Pengaruh dari sambaran petir yang mengenai TV ini adalah dapat membakar semua komponennya. Mengapa sambaran petir bisa mengenai TV? Biasanya, petir akan menyambar antena TV terlebih dahulu yang berada di luar ruangan. Kemudian, aliran listrik dari petir tersebut akan mengenai TV, sehingga menyebabkan ledakan dan merusak TV tersebut. 

Cara yang bisa Blibli Friend lakukan untuk mencegah hal tersebut adalah dengan memperhatikan penggunaan TV. Jika terjadi badai atau hujan lebat, lebih baik untuk mematikan TV terlebih dahulu. Apalagi jika kamu menggunakan antenna yang diletakkan di luar ruangan. 

Masalah Backlight Inverter

Masalah Backlight Inverter
freepik.com/author/maltsievi

Permasalahan backlight Inverter bisa membuat kerusakan cukup serius pada TV LCD/LED. Salah satu akibat dari permasalahan pada backlight inverter adalah tampilan gambar atau layar. Jika terdapat permasalahan backlight inverter bisa membuat layar menjadi berkedip-kedip, sehingga tampilan gambarnya kurang optimal. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan backlight inverter adalah periksa secara seksama apakah ada kerusakan pada kondisi fisik backlight inverter. Jika terdapat tanda kerusakan atau terbakar pada komponen ini, maka segera perbaiki kerusakan tersebut agar nggak mempengaruhi kinerja dari TV LCD/LED tersebut. 

Masalah Panel Layar

Masalah Panel Layar
freepik.com/author/awaygy

Apakah kamu pernah mengalami layar yang nggak muncul gambar padahal ada suaranya? Bisa saja hal itu terjadi karena bagian panel yang rusak. Bagian panel memang sangat berpengaruh terhadap tampilan LCD/LED. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan panel layar rusa, seperti jatuh, tertekan benda yang berat, dan lain-lain. 

Cara mencegah agar hal ini nggak terjadi adalah selalu periksa keadaan panel layar secara rutin. Pastikan jika kondisi panel layar TV masih dalam keadaan baik. Selain itu, pastikan jika posisi TV diletakkan dengan baik dan aman dari jangkauan anak-anak, 

Terkena Air

Terkena Air
freepik.com/author/fabrikasimf

Penyebab TV LCD/ LED mengalami kerusakan selanjutnya adalah karena terkena air. Ada banyak hal yang bisa membuat TV terkena air, salah satunya karena atap yang bocor. Jika TV terkena air terlalu banyak, maka hal itu bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah yakni nggak bisa menyala sama sekali. 

Agar nggak mengalami hal tersebut, periksa bagian atap untuk memastikan apakah ada yang bocor. Kamu juga bisa menjauhkan air atau minuman dari TV agar nggak terkena tumpahannya. 


Baca juga :  

Itulah beberapa penyebab TV LCD/LED rusak yang paling umum. Ingin membeli peralatan elektronik dengan harga terjangkau? Kamu bisa membelinya di Blibli. Ada banyak pilihan peralatan elektronik berkualitas yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau. Tunggu apalagi, segera belanja di Blibli sekarang juga, ya!