me

Penyebab Sariawan si Pengganggu Makan

Nov 23, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

istockphoto.com

Penyebab Sariawan – Saat di dalam mulut kita ada sariawan, sudah pasti rasanya nggak enak banget kan? Di mana pun letaknya , entah itu di di bagian dalam bibir, bagian dalam mulut, sampai di gusi, semuanya menimbulkan rasa nyeri. Akibatnya kita jadi sulit makan dan minum.

Sebenarnya apa itu sariawan dan apa sih penyebab timbulnya si kecil yang bikin kita nggak nyaman ini? Simak di bawah ini supaya lebih tahu. Plus bagaimana cara menangani dan mencegahnya ke depan biar kita nggak terkena sariawan lagi.

Baca juga: Gejala Penyakit Jantung yang Dapat Menyerang Siapa Saja

________________________________________

Apa Itu Sariawan?

cmihospital.com

Sariawan merupakan luka atau radang yang timbul di bibir atau di bagian dalam mulut dan sering kali menimbulkan rasa sakit dan nggak nyaman. Meski bukan penyakit yang membahayakan, tapi sariawan bisa sangat mengganggu sang penderita ketika makan, minum, bahkan untuk bicara sekalipun.

Pada umumnya sariawan dialami oleh anak-anak, remaja, dan wanita. Tapi bukan berarti pria nggak bisa mengalaminya, loh. Semua orang bisa terkena sariawan. Luka yang umumnya berwarna putih ini nggak bisa ditularkan dari penderita yang satu ke penderita lainnya.

Sariawan pada umumnya muncul di bagian dalam bibir. Tapi sebenarnya luka ini bisa muncul di berbagai bagian di dalam mulut. Misalnya di bibir, pipi bagian dalam, lidah, hingga ke gusi. Bentuk sariawan berukuran kecil biasanya bulat. Ketika membesar, bentuknya bisa jadi tetap bulat atau melonjong.

Sariawan biasanya bisa pulih dalam waktu 1 – 2 minggu. Jumlahnya bisa hanya satu saja, atau bisa tumbuh dua hingga tiga di area yang sama. Sariawan sering dianggap sepele karena memang akan pulih sendiri. Tapi kalau terlalu sering terjadi, ini patut diwaspadai juga.

Bisa jadi kamu kekurangan vitamin C dalam jumlah banyak, atau ada penyebab lainnya. Seringnya luka muncul di bagian mulut itu nggak wajar juga. Penyebab yang paling serius misalnya adanya kanker mulut. Karena itu, cari tahu penyebabnya agar sariawan nggak terlalu sering kamu alami.

Penyebab Sariawan

Yuk cari tahu apa sih penyebab sariawan yang sering kamu alami. Di antaranya adalah:

  1. Cedera

Ini adalah penyebab sariawan yang sangat sering terjadi. Karena setiap hari kita aktif menggunakan mulut, maka kadang ada saja cedera yang dialami. Mulai dari tergigit, mengunyah makanan yang teksturnya terlalu keras, atau karena bersentuhan dengan kawat gigi.

Karena ketiga hal di atas, nggak jarang bagian dalam mulut pun jadi sering terluka. Luka ini biasanya muncul di bagian dalam bibir atau pipi. Tapi banyak juga yang mengalaminya di lidah atau gusi. Sariawan yang terjadi karena cedera ini termasuk yang ringan dan nggak mengarah ke sesuatu yang serius.

  1. Kondisi Tubuh

Jika tubuh mengalami kondisi tertentu, ini juga bisa menyebabkan timbulnya sariawan. Misalnya saja kekurangan zat besi dan vitamin. Kekurangan vitamin B12 dan vitamin C biasanya dapat menyebabkan sariawan.

Kondisi tubuh lainnya yang bisa menyebabkan sariawan adalah menurunnya sistem daya tahan tubuh. Melemahnya sistem daya tahan tubuh bisa menyebabkan timbulnya infeksi. Salah satunya ditunjukkan dengan munculnya sariawan di dalam mulut.

  1. Perubahan Hormon

Inilah yang menyebabkan kenapa wanita lebih rentan terkena sariawan dibandingkan laki-laki. Perubahan hormon ternyata juga bisa berakibat pada timbulnya sariawan. Karena itu, saat wanita mengalami menstruasi, bisa muncul sariawan di dalam mulut.

Tapi kaum pria juga bisa mengalami perubahan hormon. Misalnya pada saat mereka merasa terlalu tertekan, stres dan terlalu gelisah. Jika terjadi selama beberapa waktu, perubahan hormon akan terjadi. Ini juga dapat menimbulkan tumbuhnya sariawan.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Mulut

Sariawan juga bisa disebabkan karena kuman yang bersarang di dalam mulut. Kuman muncul karena kita kurang menjaga kebersihan mulut. Ketika infeksi membentuk peradangan di dalam mulut, saat inilah sariawan tumbuh dan menimbulkan rasa sakit di area kuman bersarang.

  1. Konsumsi Makanan Terlalu Pedas

Ternyata makanan yang terlalu pedas juga bisa menimbulkan sariawan. Tentu nggak akan berakibat langsung, tapi kalau terlalu sering disantap hingga melukai bagian mulut saking pedasnya. Minuman yang terlalu panas juga bisa melukai bagian dalam mulut saat diseruput.

  1. Sikat Gigi Berlebihan

Hingga kini masih banyak orang yang beranggapan bahwa sikat gigi itu harus sekuat tenaga agar gigi benar-benar bersih. Padahal cara ini merupakan salah satu hal yang salah, dan banyak orang nggak menyadari, lho. Justru kalau berlebihan, bisa menimbulkan beberapa kerusakan. Salah satunya adalah timbulnya sariawan di dalam mulut.

Terutama kalau sikat giginya menggunakan sikat gigi yang bulu sikatnya kasar. Semakin keras digosok, bulu-bulu sikat ini bisa melukai berbagai bagian di dalam mulut. Bahkan hingga ke langit-langit mulut. Jika terluka, bisa berubah menjadi sariawan.

Cara Menangani Sariawan

Memang benar sariawan bisa pulih sendiri. Tapi kamu bisa banget, mempercepat proses penyembuhannya dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Jaga Selalu Kebersihan Mulut

Pastikan kamu menjaga kebersihan mulutmu. Caranya sangat mudah, yaitu sikat gigi setidaknya di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Gunakan pasta gigi dan sikat gigi yang sikatnya lembut. Jika perlu, gunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel di sela gigi.

  1. Kumur dengan Obat Alami

Bahan alami memang selalu menjadi obat yang sehat. Untuk menjaga kebersihan mulut, kamu bisa coba gunakan daun sirih, licorice, atau daun saga untuk berkumur. Ketiga bahan itu bersifat anti radang, anti bakteri dan anti jamur. Dengan begitu, bisa membersihkan kotoran di dalam mulut dengan baik.

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Kurangnya asupan vitamin C, vitamin B12, zinc asam folat, dan zat besi bisa menyebabkan timbulnya sariawan. Karena itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan ini dengan konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan yang cukup setiap harinya. Bisa juga ditambah dengan bantuan suplemen multivitamin.

  1. Hindari Makanan yang Menyebabkan Sariawan

Kalau sariawan yang kamu derita disebabkan karena makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam, maka sebaiknya hindari dulu makanan semacam ini. Selain itu, makanan dan minuman yang terlalu panas juga harus dihindari. Karena kondisi sariawan bisa semakin parah.

  1. Kompres dengan Es

Untuk membantu mengatasi rasa sakit, kamu bisa mengompres sariawan dengan es. Caranya mudah, kulum es batu di area yang terkena sariawan. Bila sariawan nggak kunjung reda setelah 2 minggu, sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Kalau sudah kena sariawan, pasti nggak nyaman banget, kan? Karena itu, cegah sariawan agar nggak timbul lagi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin yang C dan B12 berkualitas dalam dosis yang tepat dan dibutuhkan oleh tubuh.

________________________________________

Baca juga: Ciri-ciri Darah Rendah dan Gejalanya yang Suka Disalahartikan

Blibli menyediakan berbagai jenis vitamin C. Misalnya Blackmores Vitamin C 500 mg, Nutri Biotech The Right C, atau untuk anak ada Wagner Kids Vitamin C Chewable Multivitamin yang bisa menghindari kamu dari sariawan.

Namun, jika sudah terlanjur sariawan kamu bisa mengonsumsi vitamin B seperti Blackmores Multi B Performance untuk mempercepat pemulihan.

lackmores Multi B Performance

Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian Hanya di Sini!

Tag: