Penyebab Pemanasan Global yang Disebabkan Manusia

Penyebab Pemanasan Global — Istilah pemanasan global atau “global warming” pastilah nggak terdengar asing di telingamu. Istilah tersebut merujuk ke salah satu isu lingkungan yang paling banyak diperbincangkan dunia. Pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu bumi yang berdampak pada kondisi cuaca dan kesehatan masyarakat. Peristiwa memanasnya suhu bumi yang kamu tinggali saat ini sebenarnya adalah hal yang alami. Tapi, sayangnya banyak banget aktivitas manusia yang mempercepat terjadinya pemanasan global. Malah, bisa dibilang penyebab pemanasan global saat ini sebagian besar diakibatkan oleh ulah kita sendiri.

Eittsss, ambil positifnya! Paling nggak, Blibli Friends juga punya andil yang sangat besar buat memperlambat datangnya pemanasan global. kamu harus tahu terlebih dulu mana saja aktivitas yang ternyata bisa memicu terjadinya global warming. Yuk, cari tahu penyebab pemanasan global lewat ulasan berikut ini.

BACA JUGA: #AksiCintaBumi Bantu Wujudkan Impian Indonesia Bebas Polusi Plastik

_________________________

1. Pemakaian Listrik yang Berlebihan

Hayo, siapa yang masih suka meninggalkan kamar dalam kondisi lampu menyala saat akan pergi keluar rumah? Atau, kamu punya kebiasaan menyalakan lampu di siang hari? Kebiasaan itu memang kelihatannya nggak merugikan, kecuali buat dompetmu. Tapi, ternyata itu jadi salah satu penyebab pemanasan global, lho. Soalnya, listrik yang mengaliri rumahmu saat ini diproduksi dengan menggunakan bahan bakar fosil alias batu bara. Batu bara tersebut dibakar untuk menghasilkan listrik.

Asap sisa pembakaran batu bara bakal dibuang ke udara sehingga bikin lapisan ozon jadi berlubang. Semakin besar tuntutan listrik yang datang, semakin banyak pula batu bara yang dibakar. Semakin pekat pula asap yang membumbung naik dan mengakibatkan polusi udara. Di saat yang sama, cadangan batu bara di dalam perut bumi juga semakin menipis. Padahal, butuh ratusan ribu tahun bagi bumi buat membentuk batu bara tersebut. Kebayang gimana jadinya kalau batu bara benar-benar habis?

2. Penggunaan Kendaraan Bermotor Bertenaga Bahan Bakar Fosil

Penyebab pemanasan global lainnya berasal dari alat transportasi yang kamu kendarai tiap hari ke tempat kerja. Indonesia adalah salah satu penghasil emisi CO2 terbesar di dunia. CO2 tersebut didapat nggak cuma dari proses pembakaran batu bara buat listrik saja. Alat transportasi seperti mobil dan sepeda motor juga memproduksi banyak banget CO2 dari hasil pembakaran bahan bakar. Semakin banyak CO2 yang terakumulasi di udara, kualitas udara yang kamu hirup pun juga jadi menurun.

Kamu pun jadi lebih rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, seperti asma, infeksi saluran pernapasan atas, hingga kanker paru-paru. Selain itu, hasil pembakaran kendaraan juga bikin atmosfer Bumi makin berlubang. Akibatnya sinar ultraviolet matahari jadi makin bebas masuk dan bikin suhu bumi jadi memanas.

3. Penggunaan Alat Pendingin Ruangan atau AC

AC memang jadi alat pendingin udara yang paling banyak dicari. Soalnya, dalam hitungan detik saja kamu nggak akan merasakan gerah saat sedang berada di dalam ruangan. Tapi, ternyata penggunaan AC yang berlebihan juga bisa bikin terjadinya pemanasan global.

Selain mengkonsumsi daya listrik yang besar banget, AC juga melepaskan zat freon saat dinyalakan. Zat inilah yang menghasilkan udara dingin buat mendinginkan ruangan. Di saat yang sama, freon ini juga bisa membumbung tinggi ke udara dan mengakibatkan lapisan ozon semakin berlubang.

_________________________

BACA JUGA: Peralatan Dapur Bebas Plastik, Dukung Bumi Bebas Plastik

Itulah beberapa penyebab pemanasan global. Makanya, penting banget nih buat mengurangi emisi zat polutan mulai dari sekarang. Salah satu caranya bisa sesederhana menggunakan alat elektronik yang hemat listrik. Kamu bisa temukan berbagai peralatan elektronik ramah lingkungan di Blibli. Kalau kamu punya budget lebih, Blibli Friends juga bisa kok beralih ke penggunaan listrik tenaga surya. Blibli juga tawarkan panel surya yang bisa kamu pasang di rumahmu. Yuk, selamatkan planet Bumi dari pemanasan global!

DAPATKAN PANEL SURYA BERKUALITAS DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY