Jangan Panik Dulu, Cek Penyebab Kucing Muntah

Source by hewany.com

PENYEBAB KUCING MUNTAH — Jika sudah berbicara mengenai kucing, istilah majikan seakan sudah berubah. Ya, majikan bukanlah julukan untuk si pemilik kucing, melainkan untuk si kucing itu sendiri. Sedangkan si pemilik, bertindak menjadi babu yang rela melakukan berbagai macam cara untuk membuat kucingnya merasa nyaman dan tercukupi kebutuhannya.

Saat si kucing sakit atau bahkan muntah, banyak dari pemiliknya yang langsung bingung dan beranggapan bahwa si kucing sakit. Anggapan ini tak sepenuhnya salah, namun kucing yang muntah memiliki banyak penyebabnya, lho. Sebelum benar-benar panik, yuk cek dulu apa saja hal-hal yang bisa menjadi penyebab kucing muntah.

BACA JUGA: Tips Memilih Makanan Yang Tepat Untuk Kucing

______________________________________

  1. Makan Terlalu Cepat

Ini merupakan penyebab umum yang sering dialami oleh kucing. Di mana mereka bisa langsung muntah setelah makan berlebihan atau makan terlalu cepat. Untuk mengatasinya, beri makan kucing kesayangan kamu secukupnya dan letakkan di wadah yang terdapat benjolan. Dengan adanya benjolan, kucing bisa makan dengan perlahan dan tak mudah mudah. Ingat, jangan juga berikan porsi makan yang berlebihan, ya!

2. Alergi Makanan

Sistem pencernaan yang sensitif juga dimiliki oleh beberapa kucing. Nggak heran jika alergi makanan juga menjadi salah satu penyebab mengapa kucing bisa muntah.  Jika kucing kamu mengalami muntah dibarengi dengan diare dan gatal-gatal, bisa dikatakan bahwa ia mengalami alergi. Segera bawa kucing ke dokter hewan dan lakukan pemeriksaan. Cek juga apa makanan yang terakhir Ia makan, dan hindari memberi makanan pemicu alergi.

3. Makan Sembarangan

Kucing memiliki kebiasaan untuk memakan apapun yang ada di sekitar mereka. Nggak jarang, kucing secara random tiba-tiba memilih untuk mengunyah benda padat seperti kertas atau bahkan bulu mereka sendiri. Jika hal ini sering terjadi, nggak heran jika kucing kesayanganmu mudah muntah. Pasalnya, tubuh kucing akan langsung menolak dan memuntahkan kembali apapun benda padat yang sudah ia coba telan.

4. Hamil

Nggak jauh beda dengan manusia, muntah juga menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan dari kucing, lho. Jika kucing betina kamu mendadak muntah dan nggak nafsu makan. Bisa jadi ia mengalami perubahan hormon akibat kehamilan. Untuk memastikannya, Blibli Friends perlu membawa kucing ke dokter hewan dan melakukan diagnosa. Beri perhatian yang lebih jika kucing kamu memang mengalami kehamilan, ya!

5. Keracunan

Memakan makanan yang beracun tentu akan sangat berbahaya, bahkan, tubuh kucing akan langsung melakukan perlawanan sehingga memuntahkan seluruh makanan beracun yang akan ia telan. Beberapa hal yang bisa menjadi racun bagi kucing diantaranya seperti obat-obatan, tanaman tertentu, dan masih banyak lagi. Jika kamu biarkan begitu saja, kasus keracunan kucing ini bisa sangat fatal, lho. Agar kucing tidak mengalami dehidrasi, berikan asupan cairan yang cukup dan bawa kucing ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

______________________________________

BACA JUGA: Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama

Itu tadi kelima penyebab umum mengapa seorang kucing bisa mendadak muntah. Untuk mengetahui penyebab pastinya, selalu cek apa makanan dan minuman dimakan oleh kucing kamu, ya. Jika muntah yang dialami parah, jangan buang-buang waktu dan langsung bawa kucing kesayangan kamu ke dokter hewan terdekat.

TEMUKAN MAKANAN KUCING TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY