me

Yuk, Ketahui Penyebab Kompresor Kulkas Panas

Sep 28, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Kulkas memiliki banyak komponen yang harus dijaga dengan baik karena jika ada bagian yang dibiarkan begitu saja bisa mengganggu performa kulkas. Salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah kompresor kulkas. Kompresor kulkas memiliki peranan yang cukup penting terutama pada suhu dingin yang dihasilkan sehingga kamu harus memperhatikan kualitas dari kompresor kulkas ini.

Kompresor kulkas jika mengalami masalah salah satunya akan menjadi panas. Kompresor yang panas ini bisa disebabkan oleh banyak hal dan wajib untuk kamu ketahui. Jika kamu penasaran dengan penyebab kompresor panas maka bisa menyimak ulasan kali ini yang membahas tentang penyebab kompresor panas beserta sejumlah rekomendasi kulkas terbaik, jadi yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: 3 Rekomendasi Kulkas Mini yang Pas Buat Anak Kos


Penyebab Kompresor Kulkas Panas

Kompresor memegang peranan penting pada performa kulkas dan bisa membuat kulkas nggak dingin jika mengalami masalah. Jika kamu ingin tahu apa saja penyebab dari kompresor kulkas yang panas maka bisa menyimak ulasan ini. Berikut adalah penyebab kompresor kulkas panas yang wajib kamu ketahui dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Kondisi Kompresor Aus

Penyebab pertama dari kompresor kulkas panas adalah karena kondisinya yang sudah aus. Kompresor yang bekerja terlalu intens atau karena ada bagian dan komponen kulkas yang mengalami kerusakan akan membuat komponen yang satu ini menjadi lebih mudah mengalami kerusakan sehingga kamu bisa mengecek kondisi kompresor kulkas terlebih dahulu.

Jika kompresor kulkas mengalami aus maka akan membuat kinerjanya menjadi lebih berat dan hal ini juga akan berdampak ke komponen yang lain sehingga mau nggak mau kamu harus melakukan penggantian kompresor. Kamu bisa melakukan penggantian kompresor sesuai dengan jenis atau model dari kompresor sebelumnya.

Thermostat Mengalami Kerusakan

Penyebab kedua dari kompresor kulkas panas adalah termostat yang mengalami kerusakan. Thermostat berfungsi sebagai pemantau suhu dan bekerja dengan cara mengaktifkan kompresor jika suhu yang ada di dalam kulkas terlalu panas. Tetapi jika termostat ini mengalami kerusakan maka nggak akan bisa menjalankan fungsinya.

Hal ini membuat kondisi kulkas menjadi panas termasuk dengan kompresornya yang nggak bisa aktif. Solusi untuk kondisi ini adalah kamu harus melakukan penggantian thermostat supaya bisa tetap bekerja dengan baik dan nggak mengganggu kinerja dari komponen lainnya. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu bagaimana kondisi termostatnya sebelum menggantinya.

Kurang Refrigerant

Penyebab yang ketiga untuk kompresor kulkas yang panas adalah kurang refrigerant. Jumlah refrigerant yang berada di dalam kulkas harus cukup sehingga ia bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Fungsi dari refrigerant adalah menghasilkan zat pendingin sehingga jika jumlah refrigerant di dalam kulkas kurang maka kinerja dari kompresor akan berat.

Proses kinerja kompresor yang berat ini secara otomatis akan membuat suhunya menjadi lebih tinggi. Hal ini bisa diatasi dengan penambahan refrigerant dan mengetahui penyebab dari kurangnya refrigerant tersebut, seperti waktu pemakaian yang sudah lama atau bisa juga karena adanya kebocoran yang terjadi pada refrigerant sehingga harus diketahui dengan baik.

Kipas Kondensor Bermasalah

Penyebab keempat dari kompresor kulkas panas adalah kipas kondensor bermasalah. Komponen kondensor memang terlihat cukup sederhana tetapi komponen yang satu ini berfungsi untuk tetap menjaga suhu kompresor tetap dingin. Jika komponen ini mengalami masalah maka akan membuat kondisi kompresor menjadi panas karena nggak bisa dingin.

Tanpa adanya kondensor, kompresor akan bekerja lebih berat sehingga hal ini menjadi pemicu suhu kompresor yang panas. Cara untuk mengatasi kondensor yang bermasalah ini adalah dengan melakukan pengecekan dan jika sudah rusak atau parah maka bisa dilakukan penggantian sehingga kinerja dari kondensor dapat tetap optimal untuk mendukung kompresor.

Sering Terpapar Sinar Matahari

Penyebab kelima dari kompresor kulkas panas adalah karena sering terpapar sinar matahari. Penempatan kulkas menjadi hal yang harus diperhatikan dan jauhkan dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari akan menaikan suhu kulkas sehingga kompresor harus bekerja ekstra untuk membuat suhu kulkas normal kembali.

Penempatan dari kulkas ini bisa di lokasi yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga dengan begitu kompresor nggak perlu bekerja dua kali karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Kamu cukup memilih tempat yang nyaman, seimbang dan teduh dengan sirkulasi udara yang baik sehingga kulkas dapat tetap nyaman digunakan.

Rekomendasi Kulkas Terbaik

Setelah mengetahui sejumlah penyebab dari kompresor kulkas panas kini nggak ada salahnya untuk mencari tahu sejumlah rekomendasi kulkas terbaik. Kamu bisa memilih kulkas baru yang nyaman dan kamu bisa menemukannya pada rekomendasi kali ini. Berikut ini adalah rekomendasi kulkas terbaik yang wajib untuk kamu tahu dan bisa dijadikan sebagai referensi.

Sharp SJ 197

Rekomendasi kulkas terbaik yang pertama adalah Sharp SJ 197 yang dibanderol dengan harga mulai dari 2.6 jutaan. Kulkas ini didesain dengan model dua pintu yang sudah didukung dengan penggunaan lampu LED yang terang dan memiliki sejumlah kompartemen berukuran besar yang akan membuat penggunaanya lebih nyaman menyimpan banyak barang.

Kapasitas yang dimiliki oleh kulkas ini adalah sebesar 172 liter dengan dimensi sebesar 55 x 53 x 127 cm. Fitur yang dimiliki adalah no frost dan tempered glass yang didukung dengan kapasitas yang besar dan kokoh sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan banyak bahan masakan, sayuran bahkan sejumlah snack dan es.

SHARP SJ-197NDVB Kulkas 2 Pintu

Samsung RT19M

Rekomendasi kulkas terbaik yang kedua adalah Samsung RT19M yang dibanderol dengan harga mulai dari 3.5 jutaan. Kapasitas yang dimiliki oleh kulkas ini adalah 203 liter yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu 150 liter untuk bagian bawah dan pada bagian atas atau freezer memiliki kapasitas sebesar 53 liter.

Dimensi yang dimiliki oleh kulkas ini adalah sebesar 555 x 1445 x 637 mm dan didukung dengan LED light yang mampu memberikan penerangan maksimal. Kulkas ini juga sudah didukung dengan sistem hemat energi sehingga konsumsi listriknya akan lebih hemat hingga 46% dan hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri selama menggunakannya.

Samsung RT19M300BGS-SE Kulkas 2 Pintu (Khusus Bandung)

Samsung RT25

Rekomendasi kulkas terbaik yang ketiga adalah Samsung RT25 yang dibanderol dengan harga mulai dari 5 jutaan. Kulkas ini didesain dengan model dua pintu yang memiliki kapasitas sebesar 255 liter. Kulkas ini juga sudah didukung dengan teknologi inverter yang akan membuat konsumsi dayanya menjadi lebih rendah dan hemat energi.

Dimensi yang dimiliki adalah sebesar 1635 x 637 x 555 mm dan memiliki masa garansi selama 10 tahun. Kulkas ini didukung dengan sejumlah fitur, seperti vegetable box hingga cool pack yang akan membuat penggunanya menjadi lebih praktis. Kulkas ini didesain dengan warna menarik sehingga bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan yang cantik.

Samsung RT25FARBDB1/SE Kulkas 2 Pintu (255 L/Coolpack 12 Jam/Digital Inverter)

Polytron Kulkas PRM 21

Rekomendasi kulkas terbaik yang keempat adalah Polytron kulkas PRM 21 yang dibanderol dengan harga mulai dari 2.7 jutaan. Kulkas ini didesain dengan penggunaan 2 pintu dan kapasitas sebesar 210 liter. Daya listriknya adalah 140 watt dengan bobot kulkas secara keseluruhan sebesar 44 kg dan dimensi sebesar 62.7 x 64.9 x 145.8 cm.

POLYTRON - KULKAS PRM 21 ORX LEMARI ES 2 PINTU PRM21ORX NEW (KHUSUS SEMARANG)

Aqua Japan

Rekomendasi kulkas terbaik yang kelima adalah Aqua Japan yang dibanderol dengan harga mulai dari 1.4 jutaan. Kulkas ini didesain dengan model satu pintu dengan handle di bagian atas yang simple namun memberikan kesan yang elegan. Kulkas ini didukung dengan sejumlah fitur menarik yang akan membuat penggunanya menjadi lebih nyaman.

Fitur yang disematkan pada kulkas besutan Aqua ini adalah tempered glass tray yang kokoh dan mampu menampung beban besar. Fitur yang kedua adalah kapasitas listrik yang dibutuhkan cukup rendah sehingga membuat penggunanya menjadi lebih hemat, yaitu sekitar 160 volt.

Aqua Japan AQRD181LS Kulkas 1 Pintu FREE ONGKIR (JABODETABEK)


Baca juga: Cara Membersihkan Lemari Es, Simak di Sini!

Wah, ternyata ada banyak ya Blibli Friends penyebab kompresor kulkas panas. Setelah kamu mengetahui penyebabnya kini bisa lebih waspada dan merawat kulkas dengan baik. Kamu juga bisa menemukan beragam jenis kulkas terbaik seperti yang sudah direkomendasikan di Blibli. Jadi, ayo kunjungi Blibli sekarang juga dan temukan kulkas terbaik impianmu dengan promo menarik. 

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel