Tanpa Disadari, Ini Penyebab Jerawat yang Membandel

Penyebab Jerawat yang Membandel — Blibli Friends mungkin mengira begitu melewati usia remaja, kamu nggak perlu lagi berurusan dengan jerawat. Eh, ternyata si jerawat tetap setia hadir menghinggapi wajahmu. Pastinya, kamu pun jadi jengkel. Bukan apa-apa, kehadiran jerawat memang mengganggu penampilan banget. Apalagi, buat Blibli Friends yang punya wajah berminyak. Bisa-bisa bikin wajahmu jadi kelihatan makin kotor.

Jerawat sering diidentikkan dengan wajah yang kotor. Soalnya, penyebab utama jerawat memang akibat infeksi bakteri pada pori-pori wajah yang tersumbat kotoran. Selain itu, ternyata ada banyak banget lho penyebab jerawat. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Produk Spot Treatment untuk Jerawat Bandel

_____________________

1. Hormonal

Saat kamu menginjak usia remaja, tubuhmu mengalami perubahan hormon besar-besaran. Salah satu dampaknya adalah, kamu jadi gampang banget berjerawat. Seiring dengan waktu, hormonmu pun akan kembali stabil. Badai jerawatmu pun akan berakhir. Tapi, lain hal kalau kamu adalah seorang perempuan. Soalnya, perubahan hormon ini juga bakal tetap terjadi saat kamu sedang mengalami PMS atau Pre-Menstrual Syndrome. Beberapa hari menjelang menstruasi, beberapa dari kamu pasti bakal mengalami wajah berjerawat.

Perubahan hormon bisa bikin wajahmu memproduksi minyak yang lebih banyak dari biasanya. Di sisi lain, proses pengelupasan sel kulit mati juga jadi lebih lambat. Belum lagi, ditambah dengan meningkatnya hormon androgen. Semua faktor di atas bikin bakteri penyebab jerawat jadi berkembang biak dengan subur.

2. Alergi Makanan

Penyebab jerawat yang lainnya juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi, lho. Seiring dengan bertambahnya usia, bisa saja kamu jadi lebih sensitif terhadap kandungan tertentu di dalam makanan. Buat kamu yang alergi protein misalnya, mengkonsumsi telur atau kacang bisa bikin wajah auto-bruntusan. Pemicu jerawat satu ini memang agak tricky, apalagi kalau kamu nggak aware dengan jenis makanan yang bikin reaksi intoleransi itu muncul. Makanya, ada baiknya kamu lebih in tune dengan tubuhmu. Kalau jerawat muncul setelah mengkonsumsi makanan tertentu, hindari menyantap makanan itu, ya.

3. Efek Produk Rambut

Hobi styling rambut dengan hair gel atau pomade? Wah, pastikan produk itu terbuat dari formula yang non-comedogenic, ya. Soalnya, kebanyakan produk styling rambut jadi salah satu pemicu jerawat pada bagian wajah. Jerawat yang muncul sebagai efek produk rambut ini biasanya muncul di area dahi. Bahan-bahan gel yang terbuat dari minyak juga sebaiknya kamu hindari.

Walaupun awet, bahan minyak di dalam gel tersebut bisa menyumbat pori-pori wajahmu. Lebih baik, pilih produk pomade atau gel rambut yang berbahan dasar air, alias water-based. Selain itu, pastikan produk yang kamu pakai juga terbebas dari bahan-bahan kimia seperti sulfat dan paraben.

4. Penggunaan Produk Penghilang Jerawat yang Berlebihan

Niat hati sih ingin wajah segera pulih dari jerawat. Eh, ternyata kamu juga harus hati-hati dalam memilih produk perawatan buat wajah berjerawat. Kamu tetap harus mencocokkan produk perawatan tersebut dengan tipe kulit wajahmu. Buat Blibli Friends yang punya kulit kering, hindari produk yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid, ya.

Kedua zat kimia itu memang ampuh buat bantu mengeringkan jerawat. Tapi, penggunaan yang berlebihan juga bisa bikin kulitmu makin kering. Akibatnya, breakout mu pun jadi makin parah. Selalu turuti instruksi yang tertulis di label, ya! Jangan lupa buat rajin mengaplikasikan pelembap wajah. Supaya, wajahmu nggak kering selama masa perawatan jerawat.

_____________________

BACA JUGA: Bye-Bye Maskne, Jerawat Akibat Sering Memakai Masker

Nah, ternyata itulah penyebab jerawat yang ternyata belum banyak diketahui. Buat kamu yang lagi cari produk penghilang jerawat, bisa beli di toko online Blibli. Blibli tawarkan banyak banget produk skincare yang cocok buat mengatasi masalah jerawat. Blibli Friends juga bisa beli produk kosmetik dan perawatan wajah non comedogenic yang cocok buat kulitmu. Penawaran promo di toko online ini juga bisa bikin aktivitas belanjamu jadi makin hemat, lho. Yuk, miliki wajah glowing bebas jerawat bareng Blibli.

BELI SKINCARE ORIGINAL DAN BERKUALITAS DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY