Pentingnya Support System Bagi Para Ibu

Menjadi ibu adalah sebuah anugerah dan pengalaman yang penuh momen berharga. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada saatnya Bubu membutuhkan seseorang dengan pengalaman yang sama untuk mendengarkan keluh kesah dan berbagi cerita. Menurut Kaja LeWinn, seorang peneliti dan psikiatri di University of California San Francisco, disamping dukungan keluarga, seorang ibu dengan jejaring sosial yang luas akan mendapatkan dukungan yang besar dari lingkungannya. Hal ini dapat meringankan beban sang ibu yang terkait dengan pengasuhan anak.

Selain dari teman-teman dekat, support system untuk Bubu juga bisa hadir dalam bentuk sebuah komunitas, lho! Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Bubu dapatkan dengan bergabung komunitas parenting.

  1. Bertemu Teman Baru dan Berbagai Pengalaman

Dalam sebuah komunitas sesama ibu, Bubu bisa mendapatkan lebih dari sekadar teman yang mendengarkan namun juga teman dengan pengalaman yang sama. Bubu bisa berbagi pengalaman dan cerita dengan ibu lainnya tentang anak yang sakit, fase tumbuh gigi, susah makan, bahkan hubungan dengan Pak Suami. Jadi, Bubu tidak perlu khawatir merasa sendiri dan dapat lebih optimis dalam menghadapi setiap tahap perkembangan anak.

2. Mendapat Dukungan untuk Terus Belajar

Selain berbagi pengalaman dan cerita dengan sesama orangtua, sebuah komunitas seringkali melakukan kegiatan sharing, baik online maupun offline. Komunitas biasanya akan membahas sebuah topik dengan mengundang seorang ahli sesuai bidangnya. Misalnya, membahas tentang menu MPASI untuk anak dengan seorang ahli gizi anak. Dengan bergabung dalam sebuah komunitas, Bubu bisa mendapatkan ilmu langsung dari ahlinya dalam kegiatan sharing ini.

3. Mengikuti Berbagai Kegiatan Seru

Bubu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan seru yang diadakan oleh sebuah komunitas, seperti gathering dengan anggota komunitas lainnya, jalan-jalan bersama, playdate untuk si Kecil, atau sekadar mengikuti challenge atau kuis berhadiah yang diadakan oleh komunitas tersebut melalui grup WhatsApp dan media sosial lainnya. Hal ini bisa menjadi hiburan dan pengisi waktu bagi Bubu lho!

4. Kesempatan untuk Aktualisasi Diri

Bergabung dalam sebuah komunitas juga bisa menjadi bentuk aktualisasi diri atau cara mengekspresikan diri Bubu. Bisa saja Bubu menemukan teman dengan hobi yang sama, misalnya memasak atau merajut, lalu memutuskan untuk membuka usaha bersama di bidang tersebut. Ada juga ibu yang senang menulis cerita di blog dan membagikan tulisannya dengan ibu-ibu lainnya. Kesempatan untuk berbagi dan mengembangkan kemampuan adalah sebuah keuntungan yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, selain dukungan keluarga dan teman dekat, ternyata komunitas juga bisa menjadi salah satu support system agar Bubu lebih optimis dan percaya diri dalam menjalankan peran sebagai seorang ibu, istri, dan tentunya sebagai perempuan. Sebagai sebuah komunitas parenting, Sahabat Ibu Pintar berkomitmen untuk hadir sebagai support system Bubu dengan memberikan wadah untuk berbagi informasi dan inspirasi agar dapat berkembang bersama. Yuk Bubu, gabung dengan komunitas Sahabat Ibu Pintar sekarang!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY