Pentingnya Persiapan Diri Agar Melahirkan Dengan Nyaman

Photo via shutterstock.com

Setiap ibu tentunya mengharapkan sebuah kehamilan yang sehat dan proses melahirkan yang lancar. Namun untuk beberapa orang, proses hamil dan melahirkan bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Tidak perlu takut Bubu, ada juga kok pengalaman Bubu-bubu lain yang melahirkan dengan nyaman!

Tidak hanya persiapan fisik saja yang diperlukan, persiapan mental sebelum melahirkan juga penting lho Bubu. Penelitian yang dilakukan Aznal, et. al. (2014) menyatakan bahwa proses kelahiran yang lancar dapat dipengaruhi oleh mental sang ibu. Oleh karena itu, persiapan diri sebelum melahirkan sangatlah penting untuk dilakukan, khususnya pada calon ibu yang belum pernah melahirkan sebelumnya.

Ada beberapa persiapan diri yang dapat Bubu lakukan sebelum melahirkan, yakni dengan memahami kelebihan dan kelemahan kondisi badan Bubu, mencari tahu tindakan apa yang kira-kira paling sesuai dengan nilai yang Bubu anut, dan juga memahami hal apa yang dapat mengurangi kecemasan Bubu dalam menghadapi persalinan nanti. Bubu juga bisa lho, bertanya dan belajar dari ibu lain yang mempunyai pengalaman lahiran yang positif. Dengan menggali pemahaman terhadap diri Bubu sebelum melahirkan nanti, diharapkan Bubu dapat melakukan proses persalinan dengan nyaman dan tenang.

Photo via shutterstock.com

Nah kira-kira, persiapan Bubu sebelum lahiran sudah cukup belum ya? Yuk simak beberapa hal yang dapat Bubu lakukan untuk memperkaya persiapan diri sebelum lahiran:

  1. Mencari dukungan positif dari lingkungan, khususnya dari Pak Suami

Dukungan emosional serta kehadiran orang terdekat akan membentuk kesiapan mental yang positif dalam menghadapi persalinan. Sampaikan kepada Pak Suami untuk terlibat, mulai dari pengecekan rutin ke dokter, mengingatkan minum vitamin, serta aktif mengikuti kelas persiapan sebelum persalinan. Diskusikan hal apa yang sekiranya dapat membuat Bubu nyaman saat proses lahiran nanti. Penelitian membuktikan bahwa pendampingan selama proses kehamilan dan melahirkan akan membantu kelancaran dari proses melahirkan nanti (Aznal, 2014).

  1. Temukan lingkungan yang dapat dipercaya dan diandalkan

Bubu yang sedang hamil dapat mencari komunitas yang memberikan informasi terpercaya dan praktis, serta tempat nyaman untuk berbagi pengalaman saat hamil (Fleming, 2014).  Pada zaman modern ini, banyak sekali ibu yang saling memberi dukungan melalui grup online atau komunitas digital, salah satunya adalah komunitas Sahabat Ibu Pintar. Bubu dapat menggunakan dukungan dari komunitas parenting untuk berbagi insights sebagai persiapan mental saat melahirkan nanti.

  1. Mengikuti kelas prenatal

Informasi yang didapat melalui kelas prenatal dapat membantu menurunkan resiko komplikasi saat kehamilan, melahirkan, dan juga pasca melahirkan. Dengan mengikuti kelas prenatal, Bubu bisa mendapatkan informasi mengenai tanda-tanda akan melahirkan dan juga gambaran singkat tentang terjadinya proses melahirkan. Bubu dapat mengecek ketersediaan kelas prenatal pada layanan kesehatan di sekitar lingkungan rumah ataupun pada rumah sakit di tempat Bubu melahirkan nanti. Jangan lupa ajak Pak Suami untuk terlibat juga ya, agar memiliki pemahaman yang sama tentang proses melahirkan nanti.

  1. Edukasi diri dengan membaca buku

Saat ini, banyak sekali buku yang membahas cara untuk dapat melahirkan dengan nyaman. Beberapa buku bahkan membahas secara detail mengenai tindakan apa saja yang perlu disiapkan dan teknik-teknik agar Bubu tetap tenang dengan perubahan yang akan dialami nantinya. Memperkaya pengetahuan Bubu tentang proses melahirkan tentunya menjadi sebuah persiapan mental yang dapat Bubu lakukan.

Setiap kehamilan memiliki proses yang berbeda, dan kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di dalamnya. Namun, memahami diri terhadap apa yang Bubu mau dan apa yang harus dilakukan dapat menjadi sebuah persiapan penting yang tentunya akan membantu saat proses lahiran nanti. Tetap tenang ya Bubu, semoga kelahiran nanti menjadi proses yang menyenangkan.

BELI BUKU PERSIAPAN MELAHIRKAN DI SINI

DAFTAR MENJADI SAHABAT IBU PINTAR DISINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY