Mobil itu ibarat manusia, ada organ dalam dan organ luarnya. Semua saling mendukung dan memiliki fungsi yang penting. Salah satu bagian mobil yang sangat penting adalah oli yang bisa diibaratkan sebagai pelumas sendi-sendi tulang. Bila pelumasnya bermasalah, maka bergerak akan sulit. Duduk susah, berdiri payah, jalan apalagi. Begitu pun dengan mobil, bila olinya tidak baik, mobil bisa bermasalah.

Ada dua indikator utama oli mobil bisa masuk kategori baik atau tidak. Pertama adalah kekentalan oli. Mobil baru biasanya memerlukan oli yang lebih encer, sedangkan mobil lama yang umurnya di atas 10 tahun biasanya menggunakan oli yang lebih kental. Selain kekentalan, usia oli juga berpengaruh terhadap kualitas oli dan masuk kategori baik atau buruk. Agar lebih jelas, mari kita bahas satu persatu.

Pahami kekentalan oli

Ketika membeli oli, akan tempampang angka besar di tengah kemasan seperti 0W20, 5W40, 10W40, dan 20W50. Semakin kecil kombinasi angkanya, oli tersebut lebih encer di banding yang berangka besar. Misalnya saja 0W20 lebih encer daari 5W40 dan 5W40 lebih encer dari 20W50.

Mengapa mobil baru perlu oli encer? Mobil baru memiliki celah antar onderdil lebih rapat dibanding mobil lama. Celah sempit ini memerlukan oli yang lebih encer tentunya. Sebagai gambaran, air yang lebih encer lebih mudah masuk dicelah sempit dibanding minyak goreng. Oli encer lebih lincah menyusup di sela-sela komponen mobil. Inilah alasan mengapa mobil baru disarankan menggunakan oli encer.

Kamu yang memiliki mobil baruโ€”umur di bawah 3 tahunโ€”bisa menggunakan jenis oli encer seperti ini. Kamu bisa membeli oli mobil Idemitsu untuk mobilmu. Idemitsu memiliki tipe-tipe oli encer seperti 0W20, 5W30, dan 5W40. Bila membeli oli Idemitsu di Blibli.com, kamu bisa melakukan pembelian dengan mudah. Kamu bisa melakukan Pembelian Melalui Apps dan melakukan pembayaran Multi Payment. Cepat, mudah, dan asyiknya lagi, berhadiah jalan-jalan wah ke Jepang!

Campaign Idemitsu Goes to Japan

Berapa lama usia pakai oli

Atur Usia Pakai Oli
Bila diatur secara tepat, oli bisa membuat mobil makin nyaman digunakan.

Selain oli yang tepat, jangan lupa untuk melakukan penggantian oli secara berkala. Umumnya oli mesin mobil diganti setiap 5-10 ribu kilometer, tergantung jenis oli dan kendaraanya. Oli mesin yang diganti sesuai jadwal akan membuat mesin bekerja lebih ringan dan suara mesin jadi senyap. Bila pemakaian oli melebihi masa penggunaan dan jarak tempuh, mesin bisa mengalami kerusakan.

Bila kamu sudah menggunakan oli yang tepat dan melakukan penggantian oli secara berkala sesuai standar yang ditetapkan pabrikan mobil, mesin mobilmu akan tetap sehat. Mobil akan bertenaga dan nyaman dikendarai di segala medan mulai jalanan landai di tengah kota maupun jalanan menanjak di dataran tinggi.

Nah, buat yang merasa olinya sudah waktunya diganti, segera beli Idemitsu ini, siapa tahu, kamu yang beruntung bisa jalan-jalan sampai ke Jepang. Buruan!

 

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY