me

Pentingnya Asuransi untuk Peralatan Elektronik 

Aug 18, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

newageib.com

Pentingnya asuransi untuk peralatan elektronik, simak info selengkapnya sebagai berikut!

Cicilan 0% KAM

Bagi sebagian orang, berbelanja peralatan elektronik secara online memang sangat menyenangkan. Selain praktis, harganya juga relatif lebih terjangkau dibandingkan membeli offline. Namun, tahukah kamu, bahwa peralatan elektronik akan lebih rentan terhadap risiko kerusakan atau kehilangan pada saat proses pengiriman. Apalagi, akan sulit mendapatkan klaim ganti rugi jika nggak diasuransikan.

Nah, artikel ini akan menjelaskan pentingnya melindungi peralatan elektronik dengan asuransi. Selain itu, terdapat juga informasi tentang jenis asuransi yang sesuai untuk melindungi investasi elektronik yang ada di Blibli. Blibli Friends, juga bisa tahu bagaimana prosedur penanganan klaim sejak status barang diterima oleh tertanggung di Blibli. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak informasi pentingnya berikut ini ya!

Baca juga: Produk Elektronik Ramah Lingkungan, Cek Rekomendasinya di Sini!


Apa Itu Asuransi Peralatan Elektronik?

Apa Itu Asuransi Peralatan Elektronik

royalautomobileclub.co.uk

Asuransi Peralatan Elektronik adalah asuransi yang dirancang oleh PT Fokus Solusi Proteksi yang bekerja sama dengan BCAinsurance, khusus bagi tertanggung Blibli untuk melindungi perangkat/unit dari kerusakan fisik, kemasukan cairan yang nggak sengaja hingga kehilangan akibat kebongkaran sesuai dengan manfaat dalam Polis Asuransi Peralatan Elektronik yang kamu beli.

Asuransi Elektronik ini bisa membantu kamu lebih aman dan nggak perlu mengeluarkan biaya untuk menanggung biaya perbaikan atau penggantian, jika perangkat elektronik yang kamu beli melalui Blibli tersebut mengalami risiko kerusakan maupun kehilangan. Namun, penting untuk meninjau dengan cermat pertanggungan dan manfaat yang ditawarkan oleh polis asuransi Blibli. Penting juga untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Blibli Friends bisa membeli Asuransi Peralatan Elektronik BCAinsurance ini, tepatnya pada saat melakukan pembelian peralatan elektronik di Blibli saja. Selanjutnya, jangan lupa lakukan aktivasi asuransi agar nantinya bisa diklaim, caranya yaitu masuk ke halaman Akun Blibli kamu, kemudian pilih menu Asuransi Produk yang ingin diaktifkan, lalu tekan tombol aktifkan dan lengkapi data dirimu.

Jenis Asuransi untuk Melindungi Peralatan Elektronik

Perlu Blibli Friends ketahui bahwa jenis Asuransi Peralatan Elektronik ini akan diberikan sesuai dengan produk asuransi yang kamu aktifkan beserta manfaat yang didapatkan. Berikut adalah beberapa jenis asuransi untuk melindungi peralatan elektronik yang ada di Blibli, antara lain sebagai berikut.

Asuransi Gadget

Asuransi Gadget

phonearena.com

Jenis Asuransi Peralatan Elektronik yang pertama adalah perlindungan Gadget. Artinya, pada Asuransi ini, Blibli akan memberikan perlindungan untuk barang-barang elektronik yang meliputi Handphone, Tablet, dan Smartwatch yang harganya kemungkinan sangat mahal. Dengan membeli Asuransi Gadget, maka risiko dari kerusakan, pencurian, dan kehilangan bisa lebih terminimalisir.

Asuransi Peralatan Rumah Tangga

Asuransi Peralatan Rumah Tangga

ecatoday.co.uk

Jenis Asuransi Peralatan Elektronik yang kedua adalah perlindungan Peralatan Rumah Tangga. Artinya, Asuransi Peralatan Rumah Tangga akan menanggung biaya penggantian peralatan rumah tangga yang kamu beli karena kerusakan mekanis atau kerusakan yang nggak sengaja saat proses pengiriman, sehingga jika barangmu bernilai mahal, maka opsi ini bisa memberimu ketenangan pikiran.

Asuransi Komputer dan Laptop

Asuransi Komputer dan Laptop

moran-ib.com.au

Jenis Asuransi Peralatan Elektronik yang ketiga adalah perlindungan Komputer dan Laptop. Polis Asuransi ini mencakup barang elektronik khusus PC atau Laptop untuk memastikan bahawa produk tersebut dalam keadaan baik sampai tiba di tangan customer. Jadi pastikan sebelum melakukan pembayaran atas barang yang kamu beli, aktifkan juga untuk pembelian Asuransi Peralatan Elektronik ini.

Asuransi Kamera dan Lensa Kamera

Asuransi Kamera dan Lensa Kamera

detec.in

Jenis Asuransi Peralatan Elektronik yang terakhir adalah perindungan Kamera dan Lensa Kamera. Asuransi Kamera akan melindungi kamera plus peralatan fotografi seperti lensa kamera dari berbagai bahaya, antara lain seperti kehilangan, vandalisme, dan kerusakan fisik yang nggak disengaja selama barang masih dalam kondisi baru dan bukan berupa produk illegal.

Asuransi Peralatan Elektronik di Blibli

Asuransi Peralatan Elektronik di Blibli

blibli.com

Ada pun syarat dan ketentuan yang berlaku terkait Asuransi untuk Peralatan Elektronik ini yang harus kamu baca dan pahami dengan seksama biar nggak menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari. Simak penjelasannya berikut ini!

Syarat dan Ketentuan

Asuransi Peralatan Elektronik di Blibli

bcainsurance.co.id

Perlu Blibli Friends ketahui bahwa produk Asuransi Peralatan Elektronik ini adalah sepenuhnya milik BCAinsurance yang bekerja sama dengan Blibli, yang hanya bisa kamu dapatkan dengan membelinya secara legal di situs web dan aplikasi Blibli saja. Di mana dijelaskan bahwa, setiap individu yang membeli Asuransi Peralatan Elektronik akan sepenuhnya mendapatkan hak perlindungan atas kemungkinan risiko barang.

Dalam hal ini, asuransi akan dikelola langsung oleh pihak BCAinsuranse, dan Blibli hanya sebagai perantaranya saja. Di mana pihak yang tertanggung, harus melakukan aktivasi IMEI (jika tersedia) pada saat barang diterima sebelum mengajukan klaim. BCAinsuranse berhak menolak pengajuan klaim jika pihak tertanggung nggak memenuhi persyaratan pengajuan.

Jika suatu hari ditemukan tindak kecurangan oleh pihak tertanggung (peserta asuransi), maka Blibli berhak turun tangan dan memberikan sanksi tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak tertanggung. Pengajuan klaim Asuransi Peralatan Elektronik bisa dilakukan selama 3 tiga hari kerja pasca kejadian dengan menyertakan bukti untuk mempermudah proses verifikasi.

Pengajuan Layanan Asuransi Peralatan Elektronik

Pengajuan Layanan Asuransi Peralatan Elektronik

travelers.com

Jika Blibli Friends tertarik untuk membeli produk Asuransi Peralatan Elektronik yang ada Blibli, maka  kamu bisa lakukan checkout pada saat melakukan pembelian produk elektronik apa pun. Maka, tertanggung harus tunduk dengan semua syarat dan ketentuan layanan Asuransi Peralatan Elektronik ini, termasuk bahwa Blibli bisa memberikan informasi terkait data pribadi tertanggung kepada Cermati Protect.

Untuk produk peralatan elektronik Non-IMEI, Cermati Protect akan mengirimkan semua dokumen Ikhtisar Pertanggungan beserta dokumen polis paling lambat 1×24 jam sejak status barang sudah diterima. Namun, jika peralatan elektronik memiliki nomor IMEI, maka tertanggung harus mengaktivasi IMEI melalui email sebelum pengajuan klaim.

Prosedur Penanganan Klaim

Prosedur Penanganan Klaim

communityhealthchoice.org

Berikut adalah prosedur penanganan klaim Asuransi Peralatan Elektronik yang ada di Blibli:

Hubungi Halo BCA 1500 888 atau kirimkan email ke [email protected] dalam batas waktu 3 hari pada jam kerja sejak barang elektronik diterima dalam keadaan rusak atau mengalami masalah. Lengkapi dokumen Klaim, meliputi formulir klaim, fotocopy KTP tertanggung, bukti foto kerusakan, dan invoice pembelian barang elektronik, semuanya harus disertakan dalam bentuk softcopy dokumen.

Lengkapi juga dokumen tambahan seperti Product Damage – Repair, Replacement, dan Product Loss. Selanjutnya, dokumen diserahkan kepada pihak BCAinsurance untuk ditindak lanjuti selama 30 hari sejak laporan klaim diajukan. Selain itu, tertanggung juga wajib mengirimkan barang yang sudah rusak tersebut kepada BCAinsurance saat Surat Persetujuan Klaim diterima oleh tertanggung.

Jika klaim disetujui, maka informasi terkait dengan sisa barang tersebut akan dikonfirmasi oleh bagian klaim saat klaim sudah di ACC. Seluruh biaya pengiriman sisa barang, sepenuhnya akan ditanggung oleh tertanggung.


Baca juga: Rekomendasi Produk MITO Electronic Terbaik

Nah, itulah pentingnya asuransi untuk peralatan elektronik yang disediakan oleh Blibli. Jadi, buat kamu yang ingin belanja produk peralatan elektronik, langsung saja cek Blibli sekarang. Blibli Friends nggak perlu ragu lagi, karena belanja peralatan elektronik di Blibli jauh lebih aman dan terlindungi dari berbagai risiko dengan Asuransi Peralatan Elektronik, manfaatkan juga promo menariknya ya! Cek Blibli sekarang yuk!