Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak menggunakan motor. Tahu nggak, kalau sampai tahun 2016 kemarin, jumlah kendaraan motor yang ada di Indonesia sudah lebih dari 85 juta unit?

Kalau dibandingkan dengan jumlah populasinya yang mencapai sekitar 250 juta, artinya satu per tiga penduduk sudah menggunakan kendaraan ini. Namun, soal berkendara dengan aman tampaknya belum semua penduduk mengerti.

Dari segi perlengkapan saat berkendara mungkin masyarakat Indonesia sudah paham. Namun, nggak semuanya paham betul tentang pentingnya asuransi motor dan manfaat yang ditawarkan. Sebenarnya, perlu nggak sih asuransi motor itu? Yuk, kita kenali lebih dalam!

1. Jenis-jenis asuransi motor

jenis-asuransi

Sebelum kamu apply, kamu perlu kenali 2 jenis asuransi motor ini. Pertama, asuransi motor jenis All Risk alias Comprehensive menanggung semua jenis kerusakan pada motor kamu. Mulai dari yang hanya lecet sedikit sampai ke kasus kehilangan motor semuanya diurusi.

Kedua adalah asuransi jenis Total Loss Only. Jenis asuransi tipe ini akan menyantun motormu apabila dalam keadaan benar-benar nggak bisa digunakan lagi atau total kerusakan melebihi 75%, hilang, atau pemiliknya meninggal.

2. Bagaimana cara apply asuransi motor?

cara-apply

Asuransi motor awalnya sudah hadir saat membeli motor. Masa berlaku asuransi pertama selesai ketika masa kredit/cicilan motor selesai. Tapi, bukan berarti motor kamu nggak bisa punya asuransi lagi ya! Kamu bisa mengajukan permohonan ke berbagai perusahaan yang menawarkan asuransi motor, seperti Motolite.

Akan dikirimkan kurir untuk melakukan pemeriksaan pada motormu. Setelah itu, barulah kamu membicarakan tentang premi dan memilih jenis asuransinya.

3. Apa saja manfaatnya?

manfaat

Via – The Premi

Yang namanya berkendara pasti beresiko kecelakaan. Nah, di saat inilah asuransi bisa membantu. Ketika kamu (amit-amit) mengalami kecelakaan, biaya yang kamu keluarkan nggak akan terlalu berat jadinya, karena kamu telah membayar premi per bulan secara rutin.

Begitu juga ketika motor kamu hilang. Nggak perlu terlalu khawatir, asuransi motor akan menyantun kamu sehingga kamu nggak bangkrut-bangkrut amat! Apalagi kalau baru beli motor baru?!

4. Berapa biaya yang dibutuhkan?

biata-yang-dibutuhkan

Via – Highereducationlegalinsights

Untuk biaya premi yang perlu dibayarkan, semua tergantung perusahaan asuransi yang kamu pilih nantinya. Tapi, motor baru beli yang dibayar secara kredit mempunyai perhitungannya sendiri.

Umumnya, kamu akan dikenakan biaya asuransi 2,5% dari total harga motor. Setelah itu, biaya tersebut masih harus ditambah dengan biaya administrasi sekitar Rp25.000 (hanya sekali bayar).

Perlu diingat juga kalau biaya asuransi kredit ini belum termasuk biaya cicilan motor. Tapi, membeli motor yang gratis biaya asuransi nggak mustahil kok.

5. Bagaimana cara mengklaim asuransi kalau motor hilang?

cara-klai

Via – Confused.com

Nah, ini dia prosedur paling penting bagi kamu pengendara motor. Mengklaim asuransi ternyata nggak se-simple itu!

Kalau motor hilang, kamu perlu mengurus surat kehilangan di kepolisian. Surat dari kepolisian kemudian diajukan ke perusahaan asuransi untuk diproses selama 30 hari. Untuk mengajukan klaim, perusahaan asuransi akan meminta dokumen lengkap. Nah, setelah ini, kamu tinggal menunggu diganti.

6. Bagaimana kalau motor rusak?

bagaimana-jika-rusak

Via – Cermati

Kalau motor mengalami kerusakan, yang pertama harus kamu lakukan adalah memotret bagian yang rusak. Kemudian siapkan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim perusahaannya.

Barulah kamu bisa membawa motor ke bengkel, pastikan juga bengkel adalah bengkel rekanan (partner), ya! Setelah semua proses selesai, kamu bisa mengisi formulir klaim.

Apakah kamu sudah lebih mengerti tentang asuransi motor setelah membaca ulasan ini? Pastikan kamu nggak melewati detail-detail prosedur yang penting, ya.

Buat yang ingin membeli motor dengan aman, kamu bisa mendapatkan promo cicilan 0% dan asuransi beli motor di Blibli.com!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY