me

Niat Mandi Puasa Ramadhan dan Hukumnya

Mar 31, 2022.By
Bagikan

image source: www.pexels.com

Niat Mandi Puasa Ramadhan dan Hukumnya – Mandi merupakan kegiatan membersihkan atau menyucikan diri dengan cara menyiram seluruh bagian tubuh, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Mandi bernilai ibadah karena termasuk upaya menghilangkan hadas dan najis yang menempel pada tubuh. Setiap hari, orang-orang pasti melaksanakan kegiatan mandi biar nggak ada kotoran yang menempel.

Sementara itu, mandi puasa Ramadhan merupakan kegiatan menyucikan diri secara menyeluruh yang dilaksanakan pada saat bulan Ramadhan. Sebagian muslim sudah tahu dan sudah rutin melaksanakan kegiatan ini, namun masih ada juga yang belum mengetahui tata caranya. Oleh karena itu, yuk simak ulasan singkat di bawah ini mengenai Mandi Puasa Ramadhan.

BACA JUGA : Perkara Inflasi Harga Tahu sama Tempe Ikutan Naik

————————————————————————————————————————————————————

Hukum mandi puasa Ramadhan ini adalah sunnah, kamu akan mendapatkan pahala apabila melakukannya. Di bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, dengan melaksanakan mandi puasa Ramadhan setiap hari, kamu pasti akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Namun, kalau kamu belum bisa melaksanakan setiap hari, setidaknya laksanakan kegiatan ini satu kali selama bulan Ramadhan atau beberapa hari sekali.  Dalam melaksanakan mandi puasa Ramadhan, akan lebih baik kalau kamu menggunakan sabun mandi yang memiliki aroma yang segar dan menenangkan. Kamu bisa memilih Giv Hijab Tin & Zaitun Bodywash dengan aroma yang cocok untuk kaum muslim.

Giv Hijab Tin & Zaitun Bodywash 450ml

  • Keutamaan Melaksanakan Mandi Puasa Ramadhan

Karena hanya datang satu tahun sekali, setiap umat muslim pasti berupaya untuk menyambut dan melaksanakan puasa Ramadhan dengan sebaik mungkin. Apalagi di bulan Ramadhan banyak kebaikan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala kita di sisi Allah. Mulai dari membaca Al-Quran, mengikuti kajian Islam, hingga berbagi takjil kepada orang lain.

Salah satu ibadah sunah yang hanya bisa dilaksanakan ketika bulan Ramadhan adalah mandi puasa Ramadhan. Di setiap wilayah, kegiatan ini memiliki nama atau penyebutan yang berbeda-beda. Tapi intinya sama yaitu sebagai upaya membersihkan diri. Islam sendiri telah menegaskan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman sehingga Allah SWT pasti menyukai orang-orang yang bersih.

Ibadah muslim akan diterima kalau ibadah tersebut dilaksanakan dengan niat yang ikhlas karena Allah Ta’ala. Namun, beberapa ibadah hanya akan diterima oleh Allah SWT jika seorang muslim dalam keadaan bersih dan suci, salah satunya adalah ibadah sholat. Di bulan Ramadhan kita disunahkan melaksanakan sholat tarawih dalam keadaan yang benar-benar suci.

Dengan melaksanakan mandi puasa Ramadhan, sholat tarawih yang kamu laksanakan akan lebih maksimal. Selain itu, tubuh juga akan menjadi segar setelah melaksanakan mandi puasa Ramadhan sehingga kamu lebih semangat dalam menantikan waktu berbuka. Ibadah-ibadah lain seperti membaca Al-Qu’an juga akan lebih maksimal setelah kamu melaksanakan mandi puasa Ramadhan.

  • Doa Niat Mandi Puasa Ramadhan dan Artinya

Sebagai kaum muslim, kamu pasti sudah tahu kalau semua amal dan kegiatan yang dilaksanakan oleh manusia dinilai oleh Allah SWT dari niatnya. Termasuk dalam hal mandi puasa Ramadhan, kamu juga harus membaca niat yang benar. Adapun lafal niat mandi puasa Ramadhan sama dengan niat mandi wajib pada umumnya.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla li raf’il hadatsil akbari fardhan lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta’ala.”

Niat tersebut sebaiknya dilafalkan dalam hati pada saat mengguyurkan air ke seluruh kepala.

  • Tata Cara Mandi Puasa Ramadhan untuk Pria dan Wanita

Setelah mengetahui niatnya, maka kamu perlu mengetahui tata cara mandi puasa Ramadhan yang benar. Sebenarnya, tata cara mandi puasa Ramadhan ini lumayan gampang karena mirip dengan tata cara mandi wajib yang biasa kita lakukan. Lebih lengkapnya, berikut ini rincian tata cara mandi puasa Ramadhan untuk pria dan  wanita:

Untuk Pria

  • Saat baru masuk kamar mandi, basuhlah kedua tangan sebanyak tiga kali terlebih dahulu.
  • Tuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri kemudian dilanjutkan dengan membasuh kemaluan.
  • Berwudhu dengan tata cara sebagaimana biasa.
  • Guyur kepala sebanyak tiga kali sambil membaca niat mandi puasa Ramadhan di dalam hati.
  • Guyur badan bagian kanan sebanyak tiga kali kemudian bagian kiri juga tiga kali.
  • Gosok-gosok seluruh tubuh sebanyak tiga kali, baik bagian depan maupun belakang.
  • Pastikan air mengalir ke seluruh bagian tubuh, termasuk lipatan-lipatan kulit dan bagian yang sulit dijangkau.
  • Basuh kedua kaki. Lalu lanjutkan dengan melaksanakan wudhu lagi.

Untuk Wanita

  • Basuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali.
  • Tuang air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian bersihkan dubur hingga kemaluan dengan tangan kiri menggunakan sabun dan air bersih.
  • Berwudhu sebagaimana akan melaksanakan ibadah sholat biasanya.
  • Langkah selanjutnya sama dengan tata cara mandi puasa Ramadhan laki-laki.

Mandi puasa Ramadhan sebaiknya dilaksanakan pada sore hari menjelang magrib. Tujuannya adalah agar kita bisa lebih maksimal dalam menjalankan ibadah sholat magrib, tarawih, dan witir. Dalam serangkaian mandi puasa Ramadhan, setelah melaksanakan wudhu, disarankan untuk membaca doa sunah sesudah wudhu:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu al-lailaaha illallahu wahdahu laa syariikalah. Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhuu warasuuluh. Allaahummaj’alnii minattawwaabiina waj-‘alnii minal mutathahhiriin.

—————————————————————————————————————————————

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit di Masa Pandemi

Kalau kamu ingin mempelajari lebih banyak bacaan doa-doa lainnya untuk memaksimalkan ibadah di bulan puasa, kamu bisa membeli buku bacaan doa-doa. Salah satunya adalah Buku Saku Shalat Thaharah Zikir dan Doa-doa Pilihan karya Ust Agus Sumardiyono. Kebetulan banget nih sekarang lagi ada promo Ramadhan Pasti Berkah , tentunya pasti murah dan kalian akan dapetin kejutan setiap hari. Yuk buruan jangan sampai kelewatan ya!

 

Tag:
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel