Keberadaan mobil automatic memang mempermudah hidup banyak pengemudi. Mulai dari orang-orang yang baru belajar mengendarai mobil, sampai yang nggak mau repot mengatur sambil menggemudi.

Namun, kalau berbicara pengalaman mengemudi, pasti para pengemudi yang hanya pernah membawah mobil matic ketinggalan tujuh hal ini. Mau tahu apa saja pengalaman eksklusif para pengemudi mobil manual? Yuk, simak!

1. Nyalain mobil pakai tenaga teman

tenaga-teman

Via Only Old Photography

Buat kamu yang rutin menggunakan mobil manual, pasti ada momen sial ketika mesin mobil nggak mau nyala. Apalagi mobil tua! Kayak di film-film horor, kunci mobil udah diputar, tapi malah suara tersendat-sendat yang keluar.

Apa solusi sementaranya? Tentu saja dengan menyuruh para penumpang untuk keluar dan mendorong mobil. Dengan jerih payah teman-temanmu dan permainan pedal kopling, mobil bisa kembali menyala!

Untuk para pengemudi matic, jangan coba-coba cara ini kalau kamu masih sayang sama mobil.

2. Lega pol waktu pertama kali masuk jalur tol

lega-masuk-jalan-tol

Masih ingat rasanya ngangkat kaki kiri pas masuk jalan tol untuk pertama kalinya? Mungkin ada yang merasa lega, aneh, ataupun kaget. Bagaimana nggak? Setelah berjam-jam mainin pedal kopling, tiba-tiba cuma kaki kananmu saja yang sibuk di pedal gas. Nggak ada berhentinya sampai menuju gerbang selanjutnya!

3. Pendengaran super sensitif

pendengaran-super-sensitif

Berbeda dengan pengemudi matic, kamu-kamu yang pengemudi manual memiliki ketelitian pendengaran tersendiri. Kapan saatnya ganti gigi? Telingamu yang tahu jawabannya. Apa pedal kopling diinjak terlalu dalam atau kurang diinjak? Sekali lagi telingamu juga yang tahu jawabannya. Suara mesin bergemuruh sedikit, kamu sudah bakalan tahu mesin apa yang sedang beraksi.


BACA JUGAΒ Hack-hack Menyulap Mobil Lama Menjadi Baru Lagi!


4. Ahli multi-tasking yang 100% teliti

ahli-multi-tasking

Ingat pertama kali di belakang kemudi mobil manual? Kayaknya hal yang perlu diperhatikan itu saking banyaknya, nggak manusiawi banget!

Kaki kiri sibuk menyesuaikan kopling – kalau berhenti injak kopling penuh, kalau belokan setengah kopling, mesin ngambek ya sesuaikan kopling lagi.

Kaki kanan sibuk berpindah-pindah antara rem dan gas sambil ngerasa-rasain udah pas belum menginjaknya. Tangan kanan setia di kemudi, sementara tangan kiri bisa pindah ke mana-mana (kemudi, gigi, dan rem tangan).

Itu baru berbicara kaki dengan tangan loh! Belum lagi ditambah mata yang mesti ngawasin jalan dan telinga yang dengerin suara mesin mobil.

Memang rasanya kewalahan waktu belajar, tapi setelah jam terbang mencukupi, para pengemudi mobil manual itu sudah jadi ahli-ahli multi-tasking loh.

5. Prestise di antara kaum pengemudi

prestise

Kalau kamu menguasai mobil manual, kamu punya prestise tersendiri loh. Nggak hanya bisa membicarakan hal-hal yang eksklusif bagi pengemudi manual, mobilmu juga mendapat perlakuan istimewa di bengkel.

Kemungkinan yang ngurus mobil kamu adalah montir-montir tua yang berpengalaman, bukan montir baru yang hanya mengerti pengaturan mobil matic saja.

6. Mobilmu nggak akan dipinjam sembarangan orang

gak-akan-dipinjam

Salah satu kecemasan terbesar pemilik mobil adalah ketika mobilnya dipinjam dan balik-balik dengan penyok baru. Tentu saja hal ini biasa terjadi kalau mobilmu dipinjam oleh orang yang kurang menguasai seni menyetir.

Tapi, kalau kamu menggunakan mobil manual, kemungkinan besar mobilmu nggak akan dipinjam orang lain. Kalaupun dipinjam, yang meminjam juga orang yang sudah ahli menyetir dan punya jam terbang lama di bidang mobil manual.

7. Penguasa segala mobil

penguasa-segala-mobil

Kalau kamu pergi ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, kamu nggak usah terlalu repot di rental mobil. Kamu bisa lebih tahu mobil daripada pengemudi yang hanya pernah/bisa mengemudi matic saja. Nggak semua rental mobil punya mobil matic, tapi mereka pasti punya mobil manual!

Ke manapun kamu pergi, kamu selalu tahu kemampuan menyetirmu akan berguna. Nggak usah pusingin transportasi, selama ada mobil yang bisa disewakan, kamu pasti bisa menguasainya.

Untuk pengemudi mobil manual, pasti ada sejuta kisah suka duka antara kamu dan mobilmu. Bagaimana kalau kamu menunjukkan apresiasi dengan memanjakan mobilmu? Kamu bisa mempercantik mobilmu sambil menikmati gratis biaya kirim dan cicilan 0%

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY