me

Pembalut Jadi Penyebab Wanita Kena Kanker Serviks, Emang Bener?

Oct 28, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Tiap bulannya, kaum hawa selalu menghadapi yang namanya datang bulan atau menstruasi. Nah, di periode menstruasi ini, salah satu barang yang harus selalu dibawa kemana-mana adalah pembalut. Dengan pakai pembalut, wanita yang sedang datang bulan akan lebih nyaman beraktivitas, karena darah mens akan tertampung terlebih dahulu di dalam pembalut tersebut.

Nah, ternyata, ada berbagai mitos seputar pembalut wanita yang beredar di masyarakat. Dari beberapa mitos mengenai pembalut, mana ya yang harus dipercaya? Yuk, cari tau lebih lengkap mengenai mitos-mitos tersebut!


  •     Pembalut bisa menyebabkan kanker serviks?

Salah satu mitos paling seram tentang pembalut wanita adalah mitos yang bilang kalau pembalut bisa memicu kanker serviks. Jadi, banyak orang yang takut atau jijik buat membuang atau terkena pembalut yang kotor. Nah, yang perlu kalian tau, virus HPV yang memicu kanker serviks tidak terkandung di pembalut kotor. Kebanyakan, virus HPV ini justru ditularkan dari hubungan seks bebas tanpa kondom.


  •     Pakai pembalut bikin mandul

Tidak sedikit juga orang yang percaya mitos memakai pembalut di saat haid bisa menyebabkan kemandulan. Padahal, mitos ini tidak pernah dibuktikan secara ilmiah. Makanya, kamu tidak perlu ragu buat pakai pembalut saat haid, ya. Yang penting, kebersihan dari pembalut yang dipakai harus selalu dijaga.


  •     Perekat pembalut bisa bikin keputihan

Banyak juga yang tidak suka pakai pembalut karena mitos yang beredar kalau perekat pembalut mengandung bahan yang memicu keputihan di area kewanitaan. Padahal, ada atau tidaknya perekat pembalut tidak berpengaruh sama sekali dengan munculnya keputihan. Bahkan, kondisi keputihan di area kewanitaan sebenarnya sangat normal terjadi dan bermanfaat untuk membantu area kewanitaanmu tetap sehat.


  •     Tidak mencuci pembalut bekas pakai bisa diikuti makhluk gaib

Ada juga mitos yang bilang kalau kita akan diikuti makhluk gaib kalau tidak mencuci pembalut bekas pakai. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos ini, sebenarnya kebiasaan mencuci pembalut sebelum dibuang bukanlah hal yang wajib dilakukan. Malahan, kamu bisa bikin gel yang menampung darah mens kamu jadi bocor kalau mencuci pembalutnya, sehingga tanganmu kotor.

Nah, itulah pembahasan tentang mitos-mitos seputar pembalut wanita. Semoga informasi di atas berguna buat kamu, ya. Buat berbagai produk perawatan kewanitaan, yuk cari semua kebutuhanmu hanya di Blibli!

Cek rekomendasi pembalut wanita yang nyaman digunakan di sini:

Laurier Relax Night Pembalut Wanita Wing [30cm/ 16s]:

Softex Daun Sirih Non Wing 23cm isi 8 pads:

Charm Cooling Fresh Wing Long Pembalut Wanita [26 cm/ 20 Pads]: