Memiliki buah hati adalah salah satu hal yang paling mengagumkan di dunia. Namun, kebahagiaan menjadi seorang moms nggak datang tanpa tantangan, salah satunya tantangan menyusui si kecil. Bagaimana Air Susu Ibu (ASI) menjadi faktor penting dalam kehidupan moms dan si kecil hingga perlu diperingati pada Pekan ASI Sedunia? Simak fakta-faktanya di bawah ini yuk, moms!

BERIKAN DUKUNGAN DAN UCAPAN SELAMAT UNTUK PARA MOMS 

1. Munculnya kesadaran bahwa ASI sangat penting bagi anak

pekan asi seduni
Via -Baby Club Asda

ASI merupakan asupan alami yang tentunya punya segudang manfaat yang sangat baik bagi para bayi. Kandungan yang terdapat di dalam ASI, seperti protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat berupa laktosa, sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Sadar bahwa ASI sangat bermanfaat bagi masa depan si bayi, WHO-UNICEF kemudian menyelenggarakan Deklarasi Innocenti di Florence, Italia pada 1990. Deklarasi itu menyepakati bahwa dibutuhkan peringatan Pekan ASI Sedunia setiap minggu pertama bulan Agustus untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan terhadap para ibu dan bayi menyusui.

RAYAKAN DAN DUKUNG HAK MOMS DAN SI KECIL DI SINI!

2. Munculnya World Alliance for Breastfeeding Action (WABA)

pekan asi sedunia
Via – Bellamysorganic

Bagaikan sebuah kado Valentine para moms dan si kecil yang masih menyusui, pada 14 Februari 1991, Aliansi Dunia untuk Aksi Menyusui atau WABA dibentuk di bawah UNICEF. WABA dibangun untuk mewujudkan Deklarasi Innocenti dengan mendukung para ibu dan bayi untuk mendapatkan, melindungi, dan mendukung haknya untuk menyusui. Pada intinya, menyusui adalah hak setiap moms dan si kecil.

CEK HADIAH FAVORIT UNTUK MOMS DAN SI KECIL DI SINI!

3. Menjamin kualitas kesehatan dan kehidupan bayi Indonesia

pekan asi sedunia
Via – Todaysparent

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk tertinggi di dunia, yakni mencapai hingga 250 juta penduduk. Seperti yang disiarkan Antara dan GNFI, pada 2018 sudah tercatat 13.370 kelahiran bayi di Indonesia. Jumlah yang nggak sedikit, ya pastinya. Bagaimana kita dapat menjamin kualitas kesehatan dan kehidupan mereka?

Pemerintah Indonesia sadar bahwa setiap nyawa perlu diperjuangkan, nggak terkecuali para bayi mungil yang baru lahir itu. Makanya, Indonesia melalui Bappenas dan Kemenkes turut mendukung peringatan Pekan ASI Sedunia. Bukan hanya pemerintah, juga banyak organisasi yang aktif mendukung kebijakan ini, salah satunya adalah Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

APRESIASI PARA MOMS DAN SI KECIL, BERIKAN MEREKA HADIAH, YUK!

4. Durasi masa menyusui yang dianjurkan

pekan asi sedunia
Via – Publicdomainpictures

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ASI sangat baik bagi para bayi, bahkan manfaatnya akan berdampak dalam jangka panjang hingga bayi tumbuh dewasa. Pada 2002, WHO dan UNICEF kemudian mencanangkan Global Strategy on Infant and Child Feeding atau Strategi Global Pemberian Makanan untuk Bayi dan Anak:

  1. Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera setelah lahir dalam satu jam pertama, dilanjutkan dengan rawat gabung.
  2. Hanya memberikan Air Susu Ibu (ASI) saja sejak lahir sampai bayi berumur 6 bulan.
  3. Memberikan makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) mulai umur 6 bulan.
  4. Menyusui dilanjutkan sampai anak berumur 24 bulan atau lebih.

YUK, DUKUNG MOMS DAN SI KECIL DI PEKAN ASI SEDUNIA 2018!

5. Mendukung para moms menyusui di seluruh dunia

pekan asi sedunia
Via – Huffpost

Seperti yang sudah disebutkan, menjadi ibu membawa kebahagiaan sekaligus tantangan baru. Salah satunya adalah tantangan menyusui. Ketika menyusui, tubuh ibu mengalami beberapa perubahan yang mungkin saja nggak nyaman.

Selain itu, dimungkinkan muncul berbagai masalah yang menimbulkan stres, misalnya malu memberikan ASI di publik, ASI hanya sedikit, atau harus bekerja segera paska melahirkan. Oleh sebab itu, Pekan ASI Sedunia juga diperingati tiap tahunnya agar para ibu nggak merasa berjuang sendirian.

DISKON MONDAY MOM’S DAY YANG MENGGIURKAN ADA DI SINI!


Peringatan Pekan ASI Sedunia 2018 mengangkat tema Breastfeeding: Foundation for life atau ASI adalah fondasi kehidupan. Oleh sebab itu, Pekan ASI Sedunia itu sesungguhnya bukan hanya milik moms dan si kecil, tetapi kita semua. Mari dukung para moms dan si kecil yang sedang berjuang menyusui supaya kualitas kesehatan dan kehidupan kita makin meningkat tiap tahunnya!

Berikan hadiah untuk para moms dan bayi menyusui di Pekan ASI Sedunia ini, yuk. Untuk para moms, kalian juga boleh, lho memberikan hadiah untuk diri sendiri yang udah berjuang menyusui si kecil! Pilih hadiah yang tepat bagi para ibu dan anak di #BlibliSekarang!

BELANJA HEMAT UNTUK KEBUTUHAN MOMS DAN SI KECIL DI MONDAY MOM’S DAY!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY