me

Jangan Lewatkan Diskon PBB Cimahi Hingga 100%

Feb 28, 2023.By Blibli Friends
Bagikan
Foto: Sumber Image

Jangan Lewatkan Diskon PBB Cimahi Hingga 100% — Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak yang dikenakan atas kepemilikan tanah dan/atau bangunan yang dimiliki oleh seseorang. PBB biasanya dikenakan oleh pemerintah daerah atau pemerintah setempat, dan pengenaannya berdasarkan Peraturan Daerah atau Peraturan Pemerintah setempat.

Pajak Bumi dan Bangunan ini adalah salah satu jenis pajak yang penting bagi pemerintah daerah karena pajak ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap penerimaan daerah. Dalam hal ini, PBB menjadi sumber pendapatan daerah yang cukup signifikan, sehingga penting untuk dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah.

PBB dikenakan kepada pemilik tanah dan/atau bangunan setiap tahun dengan persentase tertentu dari nilai jual objek pajak. Besarnya tarif PBB yang dikenakan dapat berbeda-beda tergantung dari besarnya nilai jual objek pajak, jenis tanah, dan/atau bangunan yang dimiliki.

Membayar PBB merupakan kewajiban setiap warga Indonesia yang memiliki tanah dan atau bangunan karena pajak tersebut dapat membantu pemerintah untuk membiayai berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Dari PBB juga, pemerintah bisa meningkatkan pelayanan publik seperti jalan, jembatan, listrik, air bersih, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Daerah, Mudah Banget Ternyata


Buat kamu yang wajib membayar PBB, pastikan tidak pernah terlewat untuk membayarnya ke institusi pajak sebagai pihak berwenang. Coba perhatikan juga diskon PBB yang biasanya tersedia di waktu tertentu dengan syarat yang berlaku. Seperti yang terjadi di Kota Cimahi, terdapat diskon insentif hingga 100% untuk PBB tahun 2023 ini.

Mau tau apa saja syarat dan ketentuannya? Simak informasi di bawah ini sampai akhir yaa biar kamu ga ketinggalan promonya. 

Diskon PBB Kota Cimahi 2023 dengan Insentif hingga 100% 


Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dapat memiliki potongan harga atau yang disebut dengan pengurangan PBB. Pengurangan PBB adalah pengurangan jumlah PBB yang harus dibayar oleh pemilik tanah dan/atau bangunan, yang diberikan oleh pemerintah melalui aturan yang berlaku. Pemerintah daerah akan mengumumkan program diskon PBB setiap tahunnya melalui peraturan daerah yang dikeluarkan.

Seperti kebijakan Pemerintah Kota Cimahi yang memberi diskon PBB tahun 2023 dengan insentif hingga 100% dengan syarat berlaku. Apa saja syaratnya? Simak poin-poin di bawah ini!

Ketetapan PBB sampai Rp50 ribu akan dibebaskan atau digratiskan dengan potongan diskon 100%

Syarat pertama dari potongan PBB Kota Cimahi tahun 2023 ini adalah warga yang memiliki wajib pajak senilai maksimal Rp 50.000, maka PBB akan dibebaskan atau digratiskan sebagai diskon 100%. Kamu yang memiliki PBB senilai 50 ribu ke bawah, maka kamu tidak perlu membayar PBB lagi karena sudah digratiskan.

Ketetapan PBB senilai Rp50,001 sampai Rp100 ribu diberikan diskon 50% dengan tenggat pembayaran Maret – September 2023.

Syarat kedua untuk potongan PBB kota Cimahi adalah potongan untuk warga yang memiliki nilai PBB Rp 50.001 sampai dengan Rp 100.000 sebesar diskon 50%. Jika kamu memiliki nilai wajib pajak di antara Rp 50.001 sampai maksimal Rp 100.000, maka nilainya akan dipotong sebesar 50%. Diskon ini akan berlaku jika kamu membayar selama rentang waktu bulan Maret – September 2023 saja. 

Ketetapan PBB di atas Rp100 ribu, wajib pajak bisa mendapatkan diskon sebesar 5% untuk pembayaran di bulan Maret, 3% untuk pembayaran sampai April, dan 2% jika pembayaran dilakukan bulan Mei

Syarat ketiga yang berlaku untuk diskon PBB kota Cimahi 2023 adalah potongan untuk warga yang memiliki nilai PBB Rp 100.000 ke atas sebesar diskon 5% jika kamu membayarnya di bulan Maret 2023. Kalau kamu membayarnya di bulan April, maka potongannya hanya sebesar 3%. Apabila kamu baru bisa membayarnya di bulan Mei, maka potongan PBB ini hanya berlaku sebesar 2% saja. 

Untuk warga kota Cimahi yang memiliki wajib pajak PBB, perlu kamu perhatikan syarat-syarat yang berlaku di atas. Kalau mau mendapatkan potongan yang lebih besar, pastikan membayar di bulan-bulan yang sudah ditentukan Pemerintah. Semakin cepat kamu membayar, maka semakin besar juga potongan PBB yang kamu dapatkan.

Bagi warga dengan nilai PBB di bawah Rp 100.000 juga mendapat manfaat yang lumayan menghemat karena bisa mendapat setengah harga saja bahkan ada yang sampai digratiskan jika nilai PBB nya kurang dari atau sama dengan 50 ribu. 

Bagaimana Cara Bayar PBB Kota Cimahi 2023?

Membayar PBB di Indonesia itu tersedia dalam beberapa cara, seperti pembayaran melalui bank yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, melalui kantor pos, melalui transfer ATM, melalui transfer mobile banking, atau melalui situs web resmi Pemerintah Daerah. 

Untuk pembayaran PBB Kota Cimahi sendiri, kamu bisa mengikuti langka-langkah berikut ini:

1. Siapkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT)

Kamu akan menerima SPPT dari pemerintah setempat yang berisi informasi tentang jumlah PBB yang harus dibayarkan. Pastikan Anda sudah menerima SPPT sebelum membayar PBB.

2. Pilih Cara Pembayaran

Kamu dapat membayar PBB melalui beberapa cara, antara lain, membayar melalui bank-bank yang bekerja sama dengan pemerintah setempat, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, atau bank-bank swasta lainnya, membayar melalui kantor pos terdekat, membayar melalui mesin ATM, membayar melalui internet banking, dan membayar melalui situs web resmi pemerintah daerah.

3. Bayar PBB

Setelah memilih cara pembayaran, lakukan pembayaran PBB sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Pastikan kamu telah membayar dengan jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat. Jika kamu membayar melalui bank atau ATM, simpan bukti pembayaran sebagai bukti transaksi.

Selain cara pembayaran di atas, kamu juga bisa bayar PBB kot Cimahi lewat Blibli loh. Kini Blibli tidak hanya menjual barang, melainkan juga menyediakan jasa pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan proses yang lebih mudah. Kamu juga tidak perlu keluar rumah untuk membayar PBB, cukup menggunakan HP di dalam kamarmu. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka aplikasi atau situs resmi Blibli dan masuk ke akun kamu. Kedua, cari kategori pajak dan pilih Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Nanti akan muncul kolom untuk memasukan nomor objek pajak dan tahun pajak yang ingin dibayar. Setelah diproses, cek informasi tagihan PBB yang muncul dan pastikan sudah sesuai dengan informasi yang kamu miliki.

Setelah itu kamu bisa mengklik bayar untuk lanjut ke tahap pembayaran. Kamu bisa memilih banyak metode pembayarannya, seperti transfer atau kartu kredit. Kamu juga akan diminta memasukan informasi nomor kartu debit atau kartu kreditmu untuk konfirmasi transaksi. Setelah itu, proses pembayaran PBB kamu selesai! Mudah bukan? Jangan lupa simpan bukti pembayarannya ya!


Baca juga: Cobain Bayar Pajak Online Sobat, Anti Ribet-Ribet Club

Melakukan transaksi pembayaran PBB di Blibli merupakan hal mudah dan praktis yang bisa meringankan pekerjaanmu. Dengan modal HP dan internet, kamu bisa menjalankan kewajibanmu sebagai warga negara yang baik. Transaksi di Blibli juga terpercaya dan terjamin keamanannya sehingga kamu ga perlu khawatir akan disalahgunakan ya. Yuk, buruan bayar PBB Cimahi tahun 2023 lewat Blibli saja!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel