10 Rekomendasi Merk Pasir Kucing yang Bagus

pasir kucing
Image Source: radiokucing.com

Pasir kucing jadi salah satu perlengkapan yang harus Blibli Friends punya. Apalagi, kalau kamu berencana buat memelihara kucing indoor. Pasir digunakan buat menampung kotoran kucing saat dia ingin buang air. Jadi, kucingmu nggak akan buang air sembarangan. Yang jelas, nggak cuma rumahmu saja yang stay clean. 

Tetapi, kesehatan penghuni rumah, termasuk si meong juga tetap terjaga. Sekarang ini, ada banyak banget jenis-jenis pasir kucing yang dijual di petshop. Range harga yang ditawarkan juga beragam banget. Mulai dari jenis pasir zeolite, pasir gumpal, hingga pelet kayu. Jenis pasir mana nih yang cocok buat kucingmu?


Baca juga: Lucu! Berikut Aksesoris Kucing Wajib yang Kamu Miliki

Apa Itu Pasir Kucing? 

Image Source: Bobo.grid.id

Sebenarnya, apa sih yang disebut dengan pasir kucing? Pasir kucing adalah jenis pasir khusus yang biasa dipakai buat buang air. Biarpun disebut pasir, pasir ini sebenarnya punya butiran-butiran yang lebih besar daripada pasir atau tanah pada umumnya. Bulir-bulir pasir ini dibuat secara khusus buat menunjang kenyamanan si Meong dan mempermudah kamu buat membersihkannya. Pasir kucing terdiri dari 4 jenis, yaitu:

  • Pasir Bentonite
    Pasir ini lebih akrab disebut dengan sebutan pasir gumpal. Tekstur pasir ini halus dan akan langsung menggumpal saat terkena air seni kucing. Kamu cuma perlu membuang gumpalan-gumpalan pasir tersebut di dalam kantong plastik. Selain itu, pasir gumpal juga punya variasi aroma bunga hingga buah-buahan yang wangi. Jadi, kamu nggak perlu khawatir harus mencium aroma kotoran dan pipis kucing yang nggak sedap. Tapi, nggak semua kucing suka dengan pasir gumpal yang wangi. Jadi, lebih berhati-hati saat memilih ya!
  • Pasir Organik
    Disebut pasir organik soalnya pasir ini memang terbuat dari bahan-bahan alami. Contohnya adalah pasir dari bahan pelet kayu, kertas, hingga ampas kedelai. Dibandingkan pasir jenis lainnya, pasir ini nggak bersifat limbah. Justru pasir ini ramah banget terhadap lingkungan. Kamu bisa langsung buang pasir organik yang sudah dipakai tanpa harus khawatir bakal mencemari tanah. Pasir alami ini juga tergolong lebih aman buat sistem pernapasan Anabul loh. Soalnya, nggak menimbulkan debu. Harganya memang lebih mahal. Tapi worth it banget deh!
  • Pasir Kristal
    Pasir ini disebut pasir kristal karena buliran-bulirannya yang menyerupai kristal. Pasir ini lumayan disukai pencinta kucing karena punya daya serap yang tinggi. Jadi, kamu nggak akan sempat terganggu dengan bau pipis dan pupnya yang mengganggu. Beda dengan jenis pasir bentonite dan zeolite, pasir ini sama sekali nggak menimbulkan debu. Tapi, jenis ini mudah banget menempel di kaki kucing. Kalau sampai tertelan, wah, bisa bikin si Meong kena masalah kesehatan yang lumayan gawat. Pasir ini juga kurang cocok buat kitten
  • Pasir Zeolite
    Ini nih jenis pasir yang paling banyak dipakai catlovers. Pasir zeolite memang lebih murah dibandingkan jenis pasir lainnya. Pasir zeolite berasal dari bebatuan yang dipecah-pecah menjadi butiran pasir dengan tekstur yang kasar. Pasir ini relatif hemat. Karena, kamu bisa mencuci ulang pasir itu buat dipakai lagi. Sayangnya, pasir ini punya daya serap yang kurang bagus. Jadi, nggak heran kalau kamu tetap bisa mencium aroma kotoran kucing yang nggak sedap. Pasir zeolite juga cenderung berdebu. Jadi, kurang baik buat pernapasan manusia dan kucing.

Manfaat Pasir Kucing

pasir kucing
Image Source: Istock

Kucing sebenarnya hewan yang cinta banget dengan kebersihan. Di alam bebas, kucing biasanya cari tanah buat buang air. Instingnya ini nggak berubah bahkan setelah dia diangkat jadi kucing rumahan.  Nggak mungkin kan kamu biarkan mereka pipis dan pup sembarangan? Nah, di situlah manfaat dari pasir kucing

Tekstur pasir yang lembut bikin dia merasa nyaman buat buang air sesuai dengan instingnya. Beberapa jenis pasir bahkan punya kemampuan menyerap cairan yang bagus banget dan ditambah dengan aroma pewangi. Jadi, kamu nggak terganggu dengan aroma tajam khas kencing kucing. Manfaat lainnya dari pasir adalah, menjaga rumahmu tetap bersih dan layak dihuni. 

Cara Menggunakan Pasir Kucing

Image Source: Shutterstock

Buat Blibli Friends yang masih newbie dalam hal pemeliharaan kucing bisa jadi dilanda kebingungan. Gimana ya cara menggunakan pasir kucing yang tepat? Gampang banget, kok. Semua jenis pasir biasanya punya cara penggunaan yang kurang lebih sama. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut:

  1. Pertama-tama, kamu harus siapkan litterbox dulu.
    Litterbox adalah kotak berbentuk baskom persegi panjang dengan berbagai ukuran. Pastikan kucingmu bisa muat dengan pas di litterbox itu, ya. Kamu bisa beli kotak litterbox di petshop atau lewat toko online
  2. Next, tuangkan pasir kucing secukupnya ke dalam kotak litterbox tersebut.
    Jangan terlalu sedikit, tapi juga jangan terlalu penuh. Kalau kamu pakai pasir jenis gumpal atau bentonite, cukup isi litterbox dengan pasir hingga setebal 3 inch. Buat jenis pasir lainnya, bisa kamu isi dengan ketebalan 3 inch
  3. Setelah itu, tempatkan litterbox yang sudah diisi pasir di tempat yang tepat.
    Hindari meletakkan
    litterbox di tempat yang sering dilewati orang dan kucing lain. Kalaupun terpaksa, paling nggak pilih sudut ruangan yang sepi dan tersembunyi. Jadi, kucingmu pun nggak segan buat buang air di tempat yang sudah kamu sediakan
  4. Jangan lupa, ganti pasir secara rutin, ya!
    Kucingmu bakal ogah buang air di
    litterbox kalau pasirnya kotor dan bau. Ya, ibarat kamu nggak akan sudi buang air di toilet yang kotor, kan? Pasir kucing yang kotor juga jadi sarang penyakit, contohnya seperti toksoplasmosis.

Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik 

Yuk, saatnya Blibli Friends simak rekomendasi pasir kucing terbaik berikut ini:

  1. Catsan Ultra Odor Control Formula

Catsan Pasir Kucing 5L 111555
Catsan Pasir Kucing 5L 111555

Kucing punya indera penciuman yang tajam banget melebihi kamu. Jadi, nggak heran kalau dia ogah menggunakan pasir jenis gumpal yang beraroma wangi. Nah, kamu bisa banget pilih merek Catsan. Pasir ini punya daya serap dan daya gumpal yang bagus banget. Jadi, urine dan pup kucing bisa terserap dengan baik dan nggak menimbulkan bau. Butiran pasirnya juga lembut banget. Jadi, si Meong bakal semakin nyaman buang air di pasir gumpal ini. Selain itu, aroma dari pasir gumpal ini juga lembut dan nggak menyengat. Kucingmu nggak bakal bisa menolak pasir satu ini, deh. Pasir Catsan cuma terdiri dari 1 varian, yaitu kemasan 5 liter saja. Kamu bisa beli cat litter ini di Blibli seharga 60 ribuan.

2. Keskow Organik

Isi 10 Kg Wood Pellet Pasir Kucing Penyerap Kotoran Hewan 100 Organik
Isi 10 Kg Wood Pellet Pasir Kucing Penyerap Kotoran Hewan 100 Organik

Cari pasir yang aman buat kucing dan ramah lingkungan? Blibli Friends harus coba Keskow Organik. Pasir ini terbuat dari bahan utama kertas bekas dan serbuk kayu yang dibentuk seperti butiran-butiran pelet. Saat si meong pipis, urinenya akan langsung terserap sempurna oleh pelet-pelet kertas yang langsung terurai. Nah, kamu bisa langsung buang serbuk kayu dan kertas itu ke tanah. Atau, kamu juga bisa mengolah serbuk kayu ini menjadi kompos. Lumayan banget kan? Pelet kertas Keskow ini juga nggak menimbulkan debu, lho. 

Jadi, aman banget deh buat kamu dan kucingmu. Harga Keskow ini memang lebih mahal dibandingkan pasir jenis lainnya. Tapi, worth it banget deh kalau kamu mempertimbangkan sisi eco-friendly. Buat beli Keskow Organik kemasan 10 liter, Blibli Friends perlu merogoh kocek sekitar 50 ribu rupiah.

3. Ketz Woodz

Wood Pellet KetzWoodz Ketz Woodz kemasan 12 Liter
Wood Pellet KetzWoodz Ketz Woodz kemasan 12 Liter

Ketz Woodz adalah merek pasir kucing yang paling populer. Brand ini memperkenalkan pasir dalam bentuk pelet kayu yang ramah banget buat lingkungan. Pasir ini terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan ke bentuk selongsong pelet berukuran kecil. Saat terkena urine, pasir pelet kayu ini bakal terurai dan kembali ke bentuk asalnya, yaitu serbuk kayu. Biarpun berupa serbuk, kamu nggak perlu khawatir! Soalnya, serbuk kayu yang dipakai Keskow punya kualitas yang baik. 

Jadi, nggak akan menimbulkan partikel debu kayu yang bisa membahayakan mata dan sistem pernapasanmu dan si meong. Pelet kayu Ketz Woodz ini juga nggak mengandung tanin. Jadi, dijamin aman deh buat anak kucing dan hewan-hewan berukuran kecil lainnya. Produk Ketz Woodz ini jarang bisa ditemui di petshop, lho. Tapi, kamu bisa beli produk ini di Blibli mulai dari harga 30 ribuan rupiah.

4. Yihu Aristo Natural Cat Litter

Image Source: yihufish.com

Cobain deh produk pelet kayu dari Yihu Aristo ini. Dijamin, Blibli Friends nggak bakal bisa move on. Cat litter atau pasir yang terbuat dari pelet kayu ini nggak cuma ramah terhadap lingkungan dan ekonomis, lho. Pelet kayu ini juga memiliki aroma pine tree atau cemara yang menyegarkan. Soalnya, bahan utama dari pelet kayu ini memang menggunakan serbuk kayu dari pine tree asal Rusia.

Karena cuma terbuat dari serbuk kayu cemara, pelet kayu ini bebas dari penggunaan bahan kimia. Jadi, 100% aman deh buat kamu dan kucingmu. Pasirini cuma terdiri dari 1 varian kemasan dengan berat 20 kilogram yang dijual dengan harga 130 ribuan rupiah.

5. Downy Cat Sand

Downy Cat Sand Gumpal Pasir Kucing Wangi 5 Liter
Downy Cat Sand Gumpal Pasir Kucing Wangi 5 Liter

Rekomendasi pasir lainnya yang wajib Blibli Friends coba datang dari merek Downy. Merek pasir gumpal ini hadir dengan butiran-butiran pasir dengan daya serap yang bagus banget. Selain itu, pasir gumpal ini juga menawarkan aroma floral dan buah citrus yang menyegarkan. 

Tersedia 5 varian aroma pasir gumpal yang segar dan disukai kucing, yaitu aroma Lavender, Lemon, Rose, dan Sakura. Pasir kucing gumpal ini tersedia dalam kemasan 5 liter yang dijual dengan harga 40 ribuan di Blibli. 

6. Eco Clean Tofu Cat Litter

Tofu Eco Clean Cat Litter 6L Pasir Organik Kucing
Tofu Eco Clean Cat Litter 6L Pasir Organik Kucing

Blibli Friends pernah kebayang nggak kalau ternyata ampas tahu juga bisa diolah buat dijadikan pasir? Nah, cobain deh produk dari Eco Clean ini. Sesuai namanya, produk pasir kucing ini terbuat dari ampas tahu atau okara yang diolah menjadi butiran pelet. Biarpun kelihatannya aneh, ternyata pasir kucing organik ini punya daya serap yang tinggi, lho. 

Ditambah lagi, pasir kucing Eco Clean ini juga punya aroma green tea yang menyegarkan. Pasir kucing ini tersedia dalam kemasan 6 liter seharga 80 ribuan di Blibli. Tertarik mencoba, Blibli Friends? 

7. Maxi Catsand

Best In Show Maxi Cat Sand Lemon Pasir Kucing 30 L
Best In Show Maxi Cat Sand Lemon Pasir Kucing 30 L

Selain memproduksi makanan kucing, merek Maxi ternyata juga luncurkan produk pasir kucing. Maxi Catsand adalah produk pasir bentonite, alias pasir gumpal yang hadir dengan aroma pewangi. Ada 5 varian aroma dari pasir kucing gumpal ini yang bisa kamu pilih, yaitu: Apel, Lavender, Mawar, Lemon, dan Kopi. 

Aroma kotoran kucing bakal tertutupi dengan sempurna berkat wewangian dari pasir ini. Buliran pasir kucing yang lembut juga nggak menimbulkan debu. Jadi, aman banget deh dipakai untuk kucing rumahan kesayanganmu. Pasir gumpal ini bisa kamu beli dengan kisaran harga sekitar 130 – 160 ribuan untuk ukuran 30 liter. 

8. Pet Kingdom Ultra Odor Seal Unscented

PET KINGDOM Ultra Odor Seal Unscented Pasir Kucing 10 L
PET KINGDOM Ultra Odor Seal Unscented Pasir Kucing 10 L

Sering bete dengan pasir gumpal yang gampang banget ambyar saat diangkat? Hal menyebalkan itu nggak akan kamu alami dengan menggunakan pasir kucing gumpal dari Pet Kingdom ini. hadir dengan kemasan 10 liter, pasir kucing ini punya daya gumpal yang bagus banget dan nggak gampang rontok saat kamu mengangkatnya. 

Biarpun nggak beraroma, Blibli Friends nggak perlu khawatir akan terganggu dengan bau kotoran kucing yang mengganggu. Soalnya, pasir kucing dari Pet Kingdom ini punya kandungan karbon yang berfungsi buat mengikat bau. Jadi, kualitas udara di rumahmu bakal tetap terjaga. Hadir dalam kemasan 10 liter, produk pasir kucing gumpal dari Pet Kingdom ini bisa Blibli Friends beli dengan harga 100 ribu rupiah.

9. Cature Tofu Clumping Litter

CATURE Pasir Kucing Natural TOFU Clumping Litter GREENTEA 2 5kg
CATURE Pasir Kucing Natural TOFU Clumping Litter GREENTEA 2 5kg

Punya anak kucing yang menggemaskan memang bikin senang. Tapi, anak kucing memang terkenal banget dengan kekepoannya. Nggak jarang, mereka suka memakan pasir di litterbox, yang sudah pasti bisa berbahaya buat pencernaan si meong. Nah, daripada sport jantung setiap hari, lebih baik kamu pilih pasir kucing dari Cature ini. Pasir kucing organik ini dibuat dari ampas tahu alias okara. Karena terbuat dari tahu yang notabene merupakan sisa makanan, jadi aman-aman saja seandainya pasir kucing ini tertelan oleh si meong. 

Selain aman buat kucing, clumping litter dari bahan tahu ini juga punya daya serap yang bagus banget, lho. Apalagi, ditambah dengan aroma greentea yang bikin rumahmu justru jadi beraroma wangi. Yuk, beli Cature Tofu Clumping Litter kemasan 2.5 kilogram di Blibli dengan harga 130 ribuan.

10. Happy Pety Wood Pellet

pasir kucing organik Wood Pellet 10 kg
pasir kucing organik Wood Pellet 10 kg

Cari pasir kucing organik dengan harga murah? Coba deh beli produk wood pellet dari Happy Pety. Produk ini cuma terbuat dari serbuk kayu pilihan yang dipadatkan menjadi wood pellet. Selain ramah lingkungan, wood pellet ini juga tersedia dengan harga yang hemat banget. Buat produk pasir kucing Happy Pety wood pellet kemasan 10 kilogram bisa Blibli Friends beli di harga 65 ribuan di Blibli.


Baca juga: Mainan Kucing yang Menghibur sekaligus Melatih Motorik

Nah, itu deh rekomendasi pasir kucing beserta tips-tips yang pastinya bakal bantu kamu saat memilih pasir kucing buat si meong. Ingat, manfaatkan promo dari Blibli supaya kamu bisa borong produk pasir kucing dengan harga yang lebih terjangkau.

Dapatkan Kelengkapan Berbelanja Pasir Kucing Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY